Wisata Seru di Jogja Saat Akhir Pekan

Mendengar namanya saja, kita sudah terbayang dengan keramahan dan suasana khas kota Jogja. Sebagai wilayah yang memilik otoritas khusus karena masih dipimpin oleh seorang Sultan yang sekaligus menjabat sebagai Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta, kota yang memiliki Gudeg sebagai makanan khas ini memang begitu istimewa. Sesuai dengan namanya, Jogja memiliki aneka pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi dan keluarga, hingga jelajah kuliner yang menggugah selera. Tidak heran jika kita merasa selalu ada yang baru dan wajib dicoba ketika berkunjung ke kota Jogja. Bahkan waktu liburan Sabtu dan Minggu saja tidak akan cukup untuk menjelajah seluruh sudut dan mencicipi kuliner khasnya.

Untuk urusan transportasi, Jogja juga memiliki akses dan moda transportasi yang lengkap. Jika Anda berencana untuk datang menggunakan pesawat terbang, bahkan Anda berkesempatan untuk mengunjungi New Yogyakarta Airport yang merupakan sebuah bandar udara Internasional yang sudah selesai di bangun di wilayah Kulon Progo. Bandara yang begitu megah berpadu dengan pesisir pantai selatan yang menggoda. Datang menggunakan pesawat terbang tentu akan memberikan sensasi tersendiri mengingat bandara ini kelak akan menjadi pintu utama bagi turis asing maupun lokal. Jika Anda memilih perjalanan darat, akses jalan dan kereta api pun tersedia dengan baik untuk melayani para wisatawan yang datang kapan saja.

Selama ini, kereta selalu menjadi pilihan saya saat berkunjung ke kota Jogja. Selain mudah, kereta api juga memiliki jadwal waktu yang tepat sehingga bagi mereka yang punya sedikit waktu liburan bisa mempersiapkan perjalanan wisata dengan baik. Sesampainya di stasiun Lempuyangan atau stasiun Tugu, kita bisa langsung menikmati jantung kota Jogja yang berada kawasan Jalan Malioboro. Dari titik ini, kita sudah bisa menjumpai banyak hotel dekat Malioboro dan hostel sebagai tempat istirahat sebelum berkelana. Sedangkan untuk menjelajah tempat wisata di Jogjakarta, menggunakan penyedia jasa sewa mobil lepas kunci di Jogja untuk jalan-jalan seru merupakan pilihan yang sempurna. Dengan mobil sewaan inilah kita bisa bebas menjelajah ke seluruh pelosok lokawisata.

Tempat Wisata Hits di Jogja

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk berwisata, ada rekomendasi tempat wisata hits di Jogja yang bisa dimasukan ke dalam list perjalanan sehingga weekend gateway kali ini berjalan sesuai dengan rencana.

1. Wisata Pantai Gunung Kidul

Rekomendasi pertama adalah langsung menuju ke tempat wisata terjauh dari tempat penginapan di sekitar Malioboro, yakni menuju Gunung Kidul untuk melihat pesona wisata alam dan pantainya. Disarankan untuk pergi setelah subuh mengingat perjalanan yang memakan waktu hingga 2 jam.

Di kawasan wisata pantai Gunung Kidul, ada beberapa rekomendasi pantai yang bisa dikunjungi seperti Pantai Pok Tunggal, Pantai Nglambor, Pantai Indrayanti, dan deretan pantai pasir putih lain di sekitarnya. Gunung Kidul merupakan surga bagi pencari Vitamin Sea yang bosan dengan suasana kota dan ingin menikmati deburan ombak yang menyatu dengan pasir putih nan asri.

2. Goa Jomblang dan Doa Pindul

Setelah puas menikmati pantai pasir putih di pesisir selatan kota Jogja, selanjutnya Anda bisa datang ke Goa Jomblang dan Goa Pindul yang juga masih berada di kawasan Gunung Kidul. Goa Jomblang sendiri merupakan goa vertikal yang masih asri dan memiliki hutan purba di dalamnya. Popularitas tempat ini bahkan hingga ke mancanegara dan pernah digunakan untuk syuting The Amazing Race yang merupakan sebuah reality show dari Amerika.

Goa Pindul pun memiliki pesona yang luar biasa karena untuk menjelajahi gua ini Anda harus mengenakan pelampung dan ban sembari menyusuri sungai bawah tanah yang mengalir melewati gua. Keseruan di Goa Pindul akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

3. Wisata Budaya di Kawasan Keraton

Di hari kedua, Anda bisa memilih tempat wisata yang berada di sekitar kawasan Keraton yang identik dengan wilayah budaya. Ada Taman Sari yang awalnya merupakan sebuah tempat meditasi dan pemandian bagi penghuni keraton Jogja di zaman dulu. Kini, Taman Sari terlihat elok dan instagrammable.

Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi keraton Jogjakarta yang merupakan bangunan bersejarah sekaligus museum yang berisi benda peninggalan keraton dan Sultan di masa lampau.

Leave a Comment