Kontak Saya Paid Review | Content Placement | Digital Promotion.

Tips Ngeblog untuk Pelajar dan Mahasiswa

Tips Ngeblog untuk Pelajar dan Mahasiswa – Beberapa tahun lalu tidak ada yang membayangkan kalau kegiatan ngeblog menjadi jalan utama untuk seseorang dalam mencari uang.

Mungkin sekitar 3 tahun ke belakang, aku perhatikan jumlah blogger semakin banyak. Khususnya untuk blogger yang masih pelajar atau mahasiswa.

tips ngeblog untuk pelajar

Para pelajar ini (kebanyakan pelajar atau mahasiswa di jurusan teknik) menghabiskan siang dan malamnya untuk memenuhi kebutuhan ngeblognya. Seperti aku.

Akan tetapi, hal ini justru membuat pelajar atau mahasiswa tersebut jadi sering tidak masuk kelas dan memilih menggauli waktunya untuk meneliti dan membuat artikel.

Kebiasaan ini tentu akan berimbas sangat besar kepada kinerja akademik mereka. Seperti aku, lagi.

Oleh karenanya, mungkin sedikit tips dari aku agar bisa seimbang antara belajar dan ngeblog.

Tips Ngeblog untuk Pelajar dan Mahasiswa

Aku memulai kegiatan ngeblog ini sejak SMA. Tentu dengan blog yang acak-acakan, meski masih sekarang sering terjadi.

Sebenarnya, ketika mas dan mbaknya masih kuliah, waktu luang yang ada bisa dibilang sangat banyak. Dan, bisa digunakan secara maksimal untuk kegiatan ngeblog.

Karena tentu akan lebih berharga juga daripada menghabiskan waktu untuk ketik “Amin” atau ketik angka 1 di Facebook atau mungkin bermain DOTA dan Counter Strike.

Untungnya hal tersebut bisa mengembangkan kepribadian mas dan mbaknya dan bisa saja dari blog tersebut mas dan mbaknya mampu mendapatkan uang.

Dengan blog yang mampu menghasilkan uang, tentu mas dan mbaknya juga bisa membantu orang tua dengan membayar sebagian keperluan kuliah sendiri.

Berikut tips ngeblog untuk pelajar dan mahasiswa yang diharapkan bisa membantu :

#1. Jangan Bolos

Memang benar kalau ngeblog itu bisa membuat tenar dan menghasilkan banyak uang, tetapi memang sudah dasar kalau gelar merupakan hal yang paling berharga bagi setiap pelajar atau mahasiswa. Benar?

Baca Juga :  Pengertian dan Pengaruh Aged Domain atau Website di Mata Search Engine

Perusahaan-perusahaan yang ada juga menilai mas dan mbaknya dari kinerja akademis, bukan dari pengalaman ngeblog. Jadi jangan sampai mengesampingkan kegiatan belajar mas dan mbaknya.

Datang ke kampus dan titip absen saja masuk ke kelas untuk menyerap ilmu lebih guna mendapatkan nilai yang bagus.

Apalagi yang sedang skripsi, pasti waktu luangnya lebih banyak. Dan, karena terlalu fokus ke blog, maka skripsinya telat. Kayak siapa tuch?

#2. Buat Jadwal yang Tepat

Membuat daftar jadwal kegiatan sehari-hari dan tentukan waktu yang pas untuk ngeblog. Misal ketika selesai kuliah atau sekolah.

Jangan menjadi burung hantu hanya untuk melakukan penelitian dan ngeblog. Kesehatanmu lho. . .

Coba untuk menyelesaikan semua pekerjaan, belajar dan ngeblog dan segera untuk tidur sebelum larut malam. Ambil 6-8 jam untuk tidur malam.

#3. Ceritakan ke Semua Orang

Coba untuk menceritakan soal blog mas dan mbaknya ke semua orang, khususnya ke teman-teman sekolah atau teman kampus. Takut? Malu?

Sama.

Tapi, itu kesalahan ngeblog. Harus segera disembuhkan.

Kasih alamat blog mas dan mbaknya ke mereka dan bilang untuk membacanya dan meninggalkan komentar kalau bisa.

#4. Kerja Part-Time

Kalau mas dan mbaknya kuliah tentu sering mendengar soal kerja part-time. Tapi, kerja part-time jangan ikut MLM.

Ngeblog bisa dibilang kerja part-time yang sangat oke. Santai dan dapat uang bisa lebih dari kerja part-time lain.

Contohnya mas dan mbaknya bisa mencari lowongan penerbit website yang mencari artikel-artikel terbaru dari penulis-penulis di luar. Ambil tuh.

Mas dan mbaknya bisa menjadi penulis yang handal. Buktikan.

#5. Datang ke Acara-Acara Blog

Saat ini sudah banyak perusahaan atau komunitas yang mengadakan pertemuan-pertemuan kecil maupun besar untuk membahas soal blog dan sejenisnya.

Baca Juga :  Ini Dia Tips Ngeblog untuk Pemula yang Terbaik

Atau perusahaan besar membutuhkan bantuan untuk mengenalkan dan memasarkan produk mereka dengan mengundang blogger atau media.

Datang saja. Temui orang-orang terkenal di kota mas dan mbaknya. Lumayan siapa tahu ada yang bisa jadi jodoh.

Selain itu, mas dan mbaknya juga bisa berbagi atau tanya soal dunia blog kepada mereka yang sudah ahli di bidang tersebut. Dapat ilmu dan menambah jaringan pertemanan.

 

 

Itulah sedikit tips ngeblog untuk pelajar dan mahasiswa yang sebagian diambil dari pengalaman sendiri. Memang tidak banyak, tetapi yang penting adalah bagaimana mengatur waktu sebaik mungkin antar kewajiban dan tanggung jawab dengan hobi atau kesenangan.

Tanggung jawab seorang pelajar atau mahasiswa ya belajar. Blog nomor sekian, jadi jangan sampai kegiatan blog mas dan mbaknya menganggu kinerja akademis.

Mungkin dari sekian yang baca ada yang tertawa. “Skripsi telat, kuliah belum lulus aja sok kasih wejangan tips kayak gini”, “gak bisa tanggung jawab sama kuliahnya aja sok ngomongin menyuruh tanggung jawab sama akademis”. Hayoo. . .

Ini sebagai pelajaran saja untuk yang baca, khususnya untuk mas dan mbaknya yang masih pelajar atau mahasiswa. Ini aku yang kuliah telat lulus, skripsi belum kelar gara-gara terlalu mengurus dunia internet marketing atau blog.

Hasilnya? Ya menyesal dan blog juga masih gini-gini saja. Jadi, jangan sampai seperti aku.

 

4 Comments

Leave a Reply