Tips Memilih Printer Dot Matrix dan Brand Terbaiknya

Di zaman seperti saat ini, dimana seluruh transaksi perlu dicatat sebagai bukti aktual, nota menjadi alternatif yang begitu sempurna. Ya, dalam struk yang umumnya terdapat beberapa keterangan terkait transaksi, seperti nama barang/jasa, harga barang/jasa, tanggal transaksi dan nominal total transaksi.

Bentuk dari nota sendiri sangat beragam, mulai dari nota manual hingga nota cetak. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, nota konvensional nampaknya sudah tidak banyak digunakan lagi dan beralih ke nota cetak.

Jenis dari nota cetak pun masih dibagi menjadi beberapa, seperti nota rangkap, nota mini dan masih banyak lainnya. Nah dari beberapa jenis nota tersebut, nota rangkap adalah salah satu yang paling banyak digunakan .

Nota yang bisa dicetak menggunakan printer dot matrix ini sebenarnya sama akan nota manual atau nota mini. Yaitu terdapat tanggal, keterangan juga nominal nota. Hanya saja, untuk nota rangkap terdiri dari beberapa rangkap kertas yaitu asli dan copy.

Tips Memilih Printer Dot Matrix

printers

Pembuatan nota seperti ini tentu tak bisa jika hanya menggunakan printer biasa. Untuk itulah, nota rangkap harus dibuat menggunakan printer dot matrix. Printer jenis ini pun memiliki beberapa keleihan dan kekurangan lain. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan printer dot matrix.

Kelebihan

  • Dapat digunakan untuk cetak nota rangkap sekaligus.
  • Penggunaan kertas bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya tergantung dengan ukuran kertas sobek yang Anda gunakan.
  • Tidak harus menggunakan tinta berwarna.

Kekurangan

  • Kualitas hasil cetakan tidak maksimal
  • Kualitas cetakan gambar sangat tidak memuaskan.
  • Suara masih keras sehingga cukup mengganggu.
  • Proses pencetakan sangat lambat.

Itulah beberapa kelebihan juga kekurangan printer dot matrix. Meskipun sebenarnya kekurangan printer jenis dot matrix ini masih begitu banyak namun tak bisa dipungkiri jika keberadaannya sangat dibutuhkan. Seperti pada perusahaan-perusahaan yang umunnya akan menggunakan printer ini guna pembuatan nota, faktur baik faktur jalan, faktur penjualan, pembelian, faktur pajak dan masih banyak lainnya.

Oleh karena kegunaannya yang sangat penting, pemilihan printer dot matrix pun harus diperhatikan dengan benar. Nah berikut ini beberapa tips penting saat Anda hendak memilih printer jenis dot matrix.

1. 7 pin Vs 24 pin

Pada awal pembuatannya, printer dot matrix diproduksi dengan spesifikasi 7 pin atau 7 jarum. Dimana pin ini merupakan komponen utama yang digunakan untuk pencetakan. Dengan jumlah pin yang masih sangat rendah ini tentu hasil cetakannya pun masih sangat buruk.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi semakin meningkat, printer dengan pita 7 sudah termasuk sangat ketinggalan. Hingga beralih ke printer pin 9 yang tentu saja menghasilkan gambar sedikit lebih baik.
Namun perkembangan teknologi juga pada akhirnya memunculkan jenis printer lain seperti inject printer, laser printer maupun photo printer berkembang begitu cepat memaksa untuk printer dot matrix juga berkembang.

Hasilnya? Terciptalah printer dengan 24 pin yang tentu saja memberikan hasil jauh lebih baik dibanding generasi-generasi sebelumnya.

Sayangnya, printer 24 pin ini masih tetap kalah dalam hasil cetakan bergambar. Sebab memang jenis printer ini memang lebih diperuntukkan bagi jenis cetakan tulisan atau angka saja. Selain itu harga printer dot matrix 24pin juga jauh lebih mahal dibanding jenis printer lain.

2. Ukuran Kertas

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jika jenis kertas yang digunakan untuk jenis printer dot matrix berbeda dengan jenis printer biasa, yaitu continous paper. Kertas jenis ini memiliki lubang pada sisi kanan kirinya yang kemudian harus dikaitkan dengan lubang pada printer.

Gunanya sendiri adalah untuk memutar dan menarik kertas, sehingga Anda tak perlu menaruh dan mengganti kertas secara manual. Dalam satu rim kertas akan saling berkaitan satu dengan lainnya. Untuk memotong kertas sendiri biasanya sudah ada potongan halus dari pabrik.

Selain itu, printer jenis dot matrix inipun umumnya dilengkapi dengan alat pemotong kertas halus yang akan memudahkan Anda menyobek kertas. Namun jika printer Anda tidak didukung dengan fasilitas tersebut, maka bisa digantikan dengan jenis perforatore paper. Yaitu kertas yang sudah memiliki garis untuk dilubangi dan bisa disobek begitu mudah sesuai garisnya.

3. Tips Lain

Saat ini, printer dot matrix sudah banyak yang dilengkapi dengan paper handling yang tujuannya adalah untuk menghindari kertas macet. Sebab umumnya jika kertas macet maka hasil print akan berubah bahkan pita printer bisa rusak.

Bahkan saat ini juga sudah banyak printer yang dilengkapi dengan paper handling panjang, sehingga kemungkinan printer dan kertas macet pun lebih kecil. Hanya saja, untuk instalasi seperti bank atau instalasi lain yang hanya memerlukan pencetakan pada kertas/buku kecil, paper handling ini nampaknya tidak dibutuhkan.

Jika sudah mempertimbangkan beberapa tips di atas, kemudian yang perlu Anda pertimbangkan lagi adalah apa merk printer tersebut. Ya, melihat persaingan pasar yang begitu ketat, tentu Anda pun harus lebih jeli memilih merek printer yang berkualitas. Nah berikut adalah beberapa merek terbaik printer dot matrix.

1. Epson

Satu merek printer yang nampaknya sudah tak perlu Anda ragukan lagi kualitas produknya adalah printer Epson. Merek yang bukan hanya sukses di Indonesia namun juga diberbagai negara ini telah begitu banyak memproduksi printer. Dan salah satu produk andalannya adalah pada jenis dot matrix.

Selain mampu memberikan hasil yang cukup jelas, printer ini juga memiliki ketangguhan dan daya tahan yang baik. Untuk harganya sendiri masih bisa dikatakan sedang, yaitu masih sesuai dengan tipe printer dot matrix tersebut.

2. Canon

Tak kalah dengan printer dari Epson, printer dot matrix dari Canon juga dibekali dengan kualitas yang begitu baik. Mulai dari keakuratan respon, kualitas hasil printing, hingga kecepatan printer. Seluruh kriteria tersebut merupakan yang terbaik di kelasnya.

Tak hanya itu, desain printer dari Canon juga selalu terlihat menarik. Dengan desain yang begitu simple, printer ini nampak begitu elegan dan tangguh tentunya.

3. Brother

Masih dari brand-brand yang telah sukses dengan tipe printer injectnya. Brother pun mengeluarkan printer dot matrix yang dibekali spesifikasi begitu gahar. Kualitas printing yang bagus dan kecepatan printing yang cukup bagus pula menjadi kelebihan printer dari Brother.

Kemudian untuk harganya pun dibandrol tidak terlalu tinggi. Jadi bagi Anda yang ingin mendapatkan printer murah dengan kualitas bagus, Brother bisa jadi pilihan yang paling tepat.

Bagaimana, sudah paham bukan bagaimana cara memilih printer dot matrix yang berkualitas, mulai dari penyesuainnya terhadap kebutuhan Anda, kualitas printer hingga merek printer tersebut. Selain tips di atas, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana perawatan printer tersebut.

Seperti menjaga kertas agar selalu pada posisi tegak supaya tidak macet. Bagaimana posisi dan kondisi pita printer yang digunakan sebagai tinta print. Pada beberapa kasus, pita printer ini sering kali terlilit sehingga hasil printing rusak. Tak hanya itu, pita juga bisa pada posisi salah hingga menyebabkan kertas tak menampakkan hasil print kecuali pada bagian lembar copy (lembar belakang).

Kemudian posisi printer juga perlu diperhatikan supaya kertas bisa lebih mudah berputar. Untuk kebersihannya pun wajib Anda perhatikan setiap saat. Pastikan jika tak ada benda asing yang masuk pada bagian perforator ataupun pita.

Pembersihan terhadap partikel-partikel kecil seperti debu pun harus Anda lakukan setiap hari. Sebab jika partikel kecil ini dibiarkan menumpuk juga mampu merusak dan mengurangi kecepatan printer bahkan bisa membuatnya tak berfungsi lagi.

Jadi, cobalah untuk lebih jeli sebelum membeli barang.

Referensi: https://www.bhinneka.com/category/printer_dot_matrix.aspx

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*