Tips Memilih Fintech yang Berikan Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

Bukan rahasia umum lagi jika fintech saat ini merupakan perusahaan yang dapat memberikan pinjaman uang tanpa harus memberikan DP apalagi jaminan. Bahkan semua bisa dilakukan hanya lewat sebuah aplikasi saja.

Dengan keunggulan tersebut, rasanya menjadi wajar jika masyarakat mulai beralih dari lembaga keuangan konvensional dengan memilih fintech pinjaman uang sebagai alternatif yang lebih memudahkan sekaligus menguntungkan.

Soal keunggulan, fintech melakukan proses pendaftaran dan persetujuan dalam waktu kurang dari 24 jam. Jika sudah mendapatkan persetujuan, peluang untuk mendapatkan pinjaman uang pun jadi lebih besar. Besarannya bisa disesuaikan dengan plafon atau kredit limit yang diberikan.

Namun demikian, kamu juga perlu waspada. Dibalik kemudahan pasti ada sesuatu yang perlu diantisipasi. Pasalnya saat ini sudah ada beberapa korban yang merasakan betapa kejamnya pinjaman online. Setelah ditelusuri ternyata hal tersebut merupakan ulah beberapa perusahaan yang belum terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memilih fintech terbaik :

Pastikan Layanan Pinjaman Uang yang Dipilih Terdaftar di OJK

Bagi yang belum paham apa saja peran OJK, bahwa lembaga ini merupakan ujung tombak lembaga negara yang mengawasi dan mengatur industri perusahaan teknologi finansial. Salah satu tujuannya agar semua nasabah bisa terlindungi.

Oleh karena itu, pastikan dulu bahwa perusahaan yang kamu pilih sudah terdaftar di OJK. OJK biasanya memberikan informasi terbaru, fintech mana saja yang mendapatkan larangan. Sementara daftar perusahaan yang sudah terdaftar bisa dicek di situs resmi OJK.

Transparan Tentang Bunga, Tenor, Biaya Admin dan Denda

Ciri yang kedua adalah transparan soal bunga, tenor, biaya administrasi serta denda. Empat komponen ini kadang-kadang tidak dicantumkan dalam situs resmi. Jika kamu sudah kesulitan mendapatkan informasi ini di situs perusahaan resminya, sudah patut curiga dengan status perusahaan tersebut.

Perusahaan yang kredibel dan tepercaya sudah pasti akan memberikan semua informasi tersebut di situs mereka. Info-info mendasar seperti ini biasanya sudah ditampilkan di halaman muka atau halaman pertama.

Jika belum menemukannya secara lengkap, cek halaman FAQ. Umumnya semua pertanyaan tentang produk sudah dicantumkan di halaman tersebut sehingga dapat diakses oleh siapapun dengan sangat mudah.

Punya Jaringan Luas dan Produk Inovatif

Produk-produk yang diterima masyarakat pada umumnya sudah memiliki jaringan yang cukup luas. Berbeda dengan perusahaan yang baru dikenal masyarakat. Cakupannya pasti hanya terbatas salah satu kota saja.

Selain itu, ciri fintech terbaik memiliki ragam produk yang inovatif seiring dengan bertambahnya usia. Hal inilah yang dikenal dari Kredivo sebagai salah satu fintech yang punya ragam produk mulai dari fitur belanja online, pinjaman tunai, pembayaran berbagai tagihan hingga pembelian tiket pesawat dengan mudah dengan pembayaran dicicil atau diangsur.

Untuk mendapatkan fitur pinjaman uang dari Kredivo, kamu harus terdaftar sebagai pengguna akun reguler bukan akun basic. Pastikan melakukan pendaftaran dengan benar pada saat melengkapi datanya.

Kredivo salah satu fintech yang memberikan suku bunga pinjaman rendah, hanya 2,95% saja per bulan. Dengan produk pinjaman mini dan pinjaman jumbo, kamu bisa terbantu mendapatkan dana tunai sesuai dengan kebutuhan.

Cicilannya pinjaman mini dibayar dalam waktu 30 hari sementara pinjaman jumbo lebih fleksibel karena terdapat pilihan tenor pinjaman 3 dan 6 bulan. Keduanya merupakan pinjaman tanpa DP dan tanpa agunan. Sebagai konsekuensinya akan dikenakan biaya administrasi sebesar 6% dari pokok pinjaman yang dilakukan di awal.

Sebagai generasi yang melek internet, tips mengenali fintech tepercaya tersebut semoga bisa kamu pelajari dengan baik agar menjadi panduan yang bermanfaat.

Leave a Comment