Saat berpergian dan mengunjungi sebuah tempat wisata, pastinya kita akan tertarik untuk singgah dan berbelanja oleh-oleh. Hanya saja kang ada beberapa hal yang menyebabkan kita membeli lebih banyak dan menghabiskan uang terlalu banyak untuk berbelanja. Apakah ini tidak ada solusinya? Karena liburan akan terasa sangat tidak lengkap jika kita tidak membeli oleh-oleh apapun apalagi jika berlibur ke tempat yang lumayan jauh. Berikut tips yang pas untuk berbelanja oleh-oleh saat liburan:

1. Berburu Info

Berburu info di sini adalah mencari tahu bagaimana dan dimana saja kemungkinan bisa mendapatkan oleh-oleh terbaik dengan harga yang wajar. Karena jika kita belum pernah pergi ke suatu tempat pastinya kita akan minim informasi akan hal-hal penting di sana. Nah, inilah mengapa sangat disarankan mengetahui dan menggali lebih banyak informasi tentang tempat tujuan sebelum mulai berlibur. Cobalah cari tahu dimana saja yang sangat banyak menjual beragam cendramata dan tempat-tempat menarik lainnya.

2. Ketahui Harga

Mungkin dengan mencari tahu harga oleh-oleh di sebuah tempat wisata tanpa mengunjungi langsung tidak akan akurat. Namun, setidaknya kamu memiliki patokan harga “wjar” saat berburu oleh-oleh tersebut nantinya. Pastinya gak mau kan ya membeli cendramata yang harganya sangat jauh dari harga wajar. Jadi cobalah sebelumnya mencari tahu berpa kisaran harga yang dipatokan untuk oleh-oleh tersebut.

3. Atur Keuangan

Setelah selesai mengetahui patokan harga standar untuk oleh-oleh yang diinginkan maka kali ini tentunya kita hanya perlu mengatur budget. Ini diperlukan agar nantinya tidak salah dalam mengelola keuangan salama liburan dan apalagi jika tempat liburan yang dituju jauh dari daerah asal. Karena tidak bisa dipungkiri bahwasanya kita selalu memiliki maslaah “lapar mata” dimana kita selalu membeli barang-barang yang tidak terlalu penting hingga lupa akan kebutuhan dasar.

4. Buat Daftar

Agar kamu tidka berbelanja hingga lupa kenyataan akan berapa banyak budget yang seharusnya dihabiskan untuk berbelanja, maka buatkah daftar. Setidaknya ini nantinya akan megingatkan kamu akan apa saja yang harus dibeli dan mana yang tidak penting untuk dibeli. Dan setelah membuat daftar maka cobalah pisahkan tempat menyimpan uang untuk berbelanja agar tidak berbelanja hingga kebablasan.

5. Waktu Tepat

Cobalah cari tahu waktu yang pas untuk berbelanja. Misalnya saja ketika penjual akan menutup dagangannya, ini akan membuat harga jual menjadi lebih murah alias banting harga. Dan kamu juga bisa menggunjungi lebih awal agar terhindar dari masalah antrian maupun cuaca yang tidak menyenangkan.

6. Awas Membeli Barang yang Sama

Membeli oleh-oleh apalagi yang ditujukan untuk orang lain, sebaiknya benar-benar jenis barang yang merupakan ciri khas dari tempat yang kamukunjungi. Kenapa? Karena jika tidak bersifat khas atau bisa dijumpai di daerah asal kamu ini tidak akan terasa seperti sedang membeli oleh-oleh melainkan melakukan kegiatan belanja yang biasa.

7. Nilai

Tidak semua oleh-oleh yang pada dasarnya dibeli dengan harga mahal akan membuat siapapun senang. Yang terpenting adalah nilai guna dari oleh-oleh tersebut. Misalnya saja membeli oleh-oleh berupa benda maka cobalah cari yang bermanfaat dan emmang memiliki nilai. Seperti gantungan kunci, tas, sepatu dan lain sebagainya. Karena oleh-oleh yang bermanfaat tentunya akan lebih disenangi kebanyakan orang. Bahkan jika membeli makanan pastikan bahwa mereka tidak alergi atau memang menyukai makanan tersebut. Karena sebagian orang tidak menykai makanan terntentu atau bahkan alergi dan tidak bisa memakan makanan tertentu.

Share This