Harga drone DJI

Di samping smartphone dan smartwatch, belakangan semakin sering kita dengar istilah “drone” disebut-sebut. Beberapa di antara kamu mungkin sudah sering mendengar istilah ini. Perangkat ini sejatinya adalah pesawat atau helikopter mini yang dikendalikan dengan menggunakan remote control. Pada awalnya, teknologi ini digunakan untuk memata-matai atau untuk melakukan serangan udara tanpa awak oleh militer.

Belakangan drone semakin mudah kita temukan dan harganya pun semakin murah. Tentu saja drone yang dijual secara bebas tersebut merupakan drone non-militer. Jenis dan mereknya pun bermacam-macam. Begitu juga dengan fungsinya yang semakin variatif.

Salah satu brand terkenal adalah drone DJI. Harga drone DJI di pasaran cukup terjangkau, mulai $99 (1 jutaan) dan pilihannya pun beragam. Beberapa jenis drone DJI yang terkenal di antaranya adalah seri Spark, Phantom (3,4, Pro), hingga Mavic Pro.

Soal fungsinya, drone non-militer ini selain dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi, sering juga digunakan untuk:

Dokumentasi, Jurnalisme, dan Film

Saat ini, drone sudah mulai banyak digunakan dalam dunia fotografi, olahraga, dan sinematografi. Pada Olimpiade musim dingin tahun 2014 di Sochi, drone bahkan dimanfaatkan untuk mengambil video lomba sky dan snowboarding.

Drone juga banyak dimanfaatkan oleh wartawan untuk melakukan syuting dari udara untuk disiarkan secara langsung.

Baca Juga :  3 Game HD Ini Lebih Mantap Kamu Mainkan Dengan Vivo V9

Drone DJI seri Phantom dan Spark sangat cocok untuk para profesional. Harga drone DJI profesional ini bisa mencapai puluhan juta mengingat fitur dan mesin yang disematkan merupakan yang terbaik dan termutakhir.

Paket atau Pengiriman

Meskipun saat ini fungsi drone untuk mengirim paket belum dilegalkan, namun beberapa jasa pengiriman besar seperti UPS, DHL, dan raksasa ritel Amazon sudah melihat potensi tersebut. Mereka berencana menggunakan perangkat ini untuk mengirim paket berukuran kecil seperti surat, obat-obatan, minuman, hingga makanan.

Manajemen Bencana

Apabila terjadi bencana, drone bisa dijadikan sebagai sarana yang tepat untuk mengumpulkan informasi. Dengan drone yang berukuran kecil dan bisa dikendalikan dari jarak jauh, tim penyelamat bisa menyusuri puing-puing, mencari korban di tempat-tempat sempit dan sulit, serta melihat kondisi di tempat-tempat yang berbahaya tanpa menggunakan sumber daya seperti helikopter berawak yang terlalu besar serta membutuhkan biaya banyak.

Pencarian dan Penyelamatan

Seperti pada poin sebelumnya, drone juga bisa dipasangkan sensor thermal yang akan membantunya menemukan lokasi orang-orang yang hilang, terutama di malam hari dan di medan-medan yang menantang dan gelap.

Baca Juga :  Kirim Barang Besar Dengan Mudah Ke Seluruh Indonesia Dengan Kargo.co.id

Pemetaan Geografis

Melakukan pemetaan secara manual akan sangat sulit. Namun dengan drone, hal tersebut jadi lebih mudah. Drone bisa mencapai lokasi yang sulit diakses seperti puncak gunung dan garis pantai untuk membuat pemetaan 3D.

Pertanian

Di dunia pertanian, pesawat kecil tak berawak ini sering dimanfaatkan untuk memantau tanaman, beberapa drone bisa digunakan untuk mendeteksi kesehatan tanaman dengan menggunakan sensor inframerah. Para petani juga bisa menggunakan drone untuk membawa pupuk dan mengairi secara spesifik tanaman-tanaman yang membutuhkan.

Digunakan untuk Memantau Satwa Liar

Hingga saat ini, perburuan satwa liar masih terus dilakukan oleh orang-orang yang kurang peduli terhadap kelangsungan hidup satwa-satwa tersebut. Banyak di antara mereka yang berusaha memburu gajah, badak, singa, dan lain-lain. Dengan menggunakan drone, pihak berwenang bisa langsung memantau dan menjaga hutan dari tangan-tangan pemburu atau penebang kayu ilegal.

Itulah beberapa fungsi drone yang paling sering dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain fungsi di atas, tentu saja masih ada banyak kegunaan drone tergantung dari kreativitas masing-masing. Bahkan saat ini, sudah ada orang-orang yang mencoba memanfaatkannya untuk memancing di area-area yang sulit dijangkau dengan joran.