Kontak Saya Paid Review | Content Placement | Digital Promotion.

Syarat Nikah di KUA 2017 yang Wajib Diketahui

Syarat Nikah di KUA – Menikah merupakan lingkaran hidup yang harusnya bisa dijalani setiap manusia yang terlahir di bumi ini, karena sudah takdirnya bahwa manusia diciptakan untuk hidup berpasang-pasangan. Pernikahan sendiri adalah momen hidup untuk menyatukan dua insan manusia untuk hidup berumah tangga dan memiliki keturunan sendiri. Proses ini akan terus berlanjut hingga dunia ini berakhir.

Menurut Wikipedia, menikah adalah adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial.

Baca juga : Syarat Nikah Siri

Di lain sisi, prosesi menikah adalah prosesi yang tidak bisa diremehkan semua orang. Menikah adalah ibadah, dan menikah tidak memandang suku bangsa, aturan, atau tradisi. Menikah hanyalah menyamakan agama yang dianut, dan itu sudah dijelaskan didalam kitab suci Al-Quran. Maka dari itu, perlu Anda ketahui apa sih syarat nikah di KUA sebagai tempat untuk melangsungkan pernikahan agar sah dari sisi agama maupun pemerintah alias resmi.

Baca Juga :  Daftar Lengkap Jadwal Hari Libur dan Cuti Bersama 2017

Syarat Nikah di KUA 2017 yang Harus Diketahui

syarat nikah di kua

Sebenarnya, syarat nikah di KUA tidaklah banyak dan bisa dikerjakan masing-masing calon mempelai. Hanya saja akan membutuhkan sedikit waktu karena harus mondar-mandir ke kantor pemerintahan setempat. Langsung saja berikut adalah syarat nikah di kua :

  1. Surat keterangan nikah (Model N1).
  2. Surat keterangan asal-usul (Model N2).
  3. Surat persetujuan kedua mempelai (Model N3).
  4. Surat keterangan dari orang tua kedua mempelai (Model N4).
  5. Surat pemberitahuan hendak nikah (Model N7) bilamana salah satu calon mempelai berhalangan untuk hadir . Surat pemberitahuan nikah ini bisa dilakukan oleh wali atau wakil dari calon mempelai yang berhalangan hadir tersebut.
  6. Bukti sudah imunisasi TT (Tetanus Toxoid) I untuk calon mempelai wanita, kartu imunisasi, dan imunisasi TT II dari puskesmas setempat.
  7. Biaya nikah di KUA untuk pencatatan nikah sebesar Rp. 30.000,-.
  8. Menunjukkan surat izin pengadilan kalau tidak ada izin atau restu dari orang tua / wali.
  9. Membawa pas foto dengan ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar dengan background BIRU.
  10. Ada dispensasi dari pengadilan untuk calon mempelai pria yang umurnya masih belum berumur 19 tahun dan untuk calon mempelai wanita yang juga belum berumur 16 tahun.
  11. Harus membawa surat izin dari atasan masing-masing untuk anggota TNI / POLRI.
  12. Disertai surat izin untuk calon mempelai pria yang sudah beristri dan ingin menambah istri lagi.
  13. Syarat nikah di KUA yang terakhir adalah surat keterangan tentang kematian suami atau istri yang sudah ada tanda tangan kepala desa / lurah setempat atau pejabat yang memiliki wewenang yang nantinya menjadi dasar dari pengisian model N6 untuk calon mempelai yang janda atau duda.
Baca Juga :  Paket Internet IM3 Murah yang Kuotanya 8 GB

Itulah syarat nikah di KUA yang harus dipenuhi oleh masing-masing calon mempelai. Diatas adalah syarat umum dimana ini adalah awal administrasi ketika ingin menikah di KUA. Sekian artikel soal syarat nikah di KUA yang wajib Anda ketahui.

One Response

Leave a Reply