Surat Pengalaman Kerja : Arti, Hal – Hal Yang Perlu Dicantumkan Dan Diperhatikan, Serta Contohnya

Ketika kamu ingin melamar kerja di perusahaan baru, jangan lupa siapkan surat pengalaman kerja. Jika kamu karyawan yang berencana akan mengundurkan diri dan melamar kerja di perusahaan baru, sebaiknya kamu mengantongi Surat Pengalaman Kerja.

Surat tersebut nantinya menjadi poin pertimbangan bagi pihak perekrut, apakah kamu layak diterima sebagai karyawan atau tidak. Namun sayangnya, banyak karyawan yang seringkali tidak tahu cara mengajukan Surat Pengalaman Kerja tersebut ke pihak perusahaan, padahal perannya sangat penting.

Surat Pengalaman Kerja merupakan surat pernyataan telah berakhirnya hubungan kerja karyawan dengan perusahaan yang mencantumkan pengalaman karyawan yang bersangkutan selama bekerja. Keterangan yang yang dituliskan dalam Surat Pengalaman Kerja meliputi :

  • Tuliskan sifat pekerjaan yang dilakukan, contohnya deskripsikan pekerjaan maupun hal lainnya terkait posisi karyawan yang bersangkutan.
  • Tuliskan lamanya hubungan kerja yang berlangsung antara karyawan yang bersangkutan dan perusahaan.
  • Tuliskan bagaimana karyawan yang bersangkutan menunaikan pekerjaannya, termasuk sikap hingga integritasnya.
  • Tuliskan juga penyebab berakhirnya hubungan kerja.

Peraturan soal Surat Lamaran Kerja saat ini tidak disebutkan secara gamblang, namun Surat ini seharusnya sudah masuk dalam perjanjian awal kerja. Perlu diketahui bahwa Surat Pengalaman Kerja ini berbeda dengan Surat Pemutusan Hak Kerja (PHK). Surat Pengalaman Kerja bukan surat yang bisa dibuat oleh karyawan, namun dibuat oleh perusahaan melalui personalia atau HRD.

Berikut dibawah ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Surat Lamaran Kerja :

  1. Menulis surat secara lengkap data diri karyawan yang bersangkutan, termasuk mencantumkan jabatan karyawan tersebut di perusahaan.
  2. Menuliskan informasi berapa lama karyawan yang bersangkutan bekerja di perusahaan.
  3. Menuliskan kelebihan, kinerja, dan juga prestasi karyawan yang bersangkutan secara jelas.

Bagi karyawan yang telah memenuhi persyaratan untuk mengajukan Surat Pengalaman Kerja namun ditolak oleh perusahaan, karyawan tersebut memiliki hak dan dapat mengajukan gugatan Ke Pengadilan Perdata setingkat Pengadilan Negeri. Meski begitu, sebenarnya mengajukan gugat tidak disarankan karena akan lebih memberikan dampak buruk terhadap karyawan yang bersangkutan.

Bekerja di sebuah perusahaan saat ini bukanlah hal yang mudah karena lapang kerja yang sempit, khususnya untuk fresh graduate. Namun beda halnya dengan karyawan yang telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, mereka bisa mengandalkan Surat Pengalaman Kerja sebagai salah satu poin plus untuk melamar kerja. Jadi, jika kamu telah memiliki pengalaman kerja, jangan lupa sebelum mengundurkan diri meminta Surat Pengalaman Kerja terlebih dahulu.

Berikut contoh Surat Pengalaman Kerja sebagai karyawan :

PT XYZ 789

Jl. Setiabudi Nomor 45, Bandung

SURAT PENGALAMAN KERJA

Certificate of Employment

Hal : Surat Pengalaman Kerja

Dengan surat ini kami dari PT XYZ 789 menyatakan bahwa :

Nama                    : Riki Senjaya

Alamat                  : Jl. Anthurium Nomor 88, Arcamanik, Bandung

Jabatan                : Content Writer

Merupakan karyawan PT XYZ 789 sejak 5 Maret 2018 sampai dengan 7 September 2020. Saudara Riki Senjaya merupakan seorang karyawan yang jujur, ulet, dan telah berkontribusi dengan baik terhadap perusahaan. Sehubungan dengan hal tersebut, saat ini yang bersangkutan telah mengajukan pengunduran diri atas kehendak pribadinya.

Kami selaku pihak perusahaan berterima kasih atas dedikasi dan loyalitas saudara Riki Senjaya selama bekerja di PT XYZ 789. Semoga saudara Riki Senjaya mendapatkan kesuksesan yang diharapkan dikemudian hari.

Bandung, 8 September 2020

 

Direktur PT XYZ 789

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *