Spesifikasi Xiaomi Poco F1, Ponsel Snapdragon 845 Termurah Saat Ini

Posted on

poco f1Ponsel milik sub-brand Xiaomi, Poco F1 resmi diperkenalkan pada Rabu (22/8/2018). Ponsel ini menobatkan dirinya sebagai ponsel Snapdragon termurah di dunia yang bisa dibeli saat ini. Seperti bocoran-bocoran sebelumnya, Ponsel ini diresmikan dengan dua pilihan RAM yakni 6 GB dan 8 GB, yang mana menjadikan ponsel dengan spesifikasi flagship dengan harga terjangkau. Menurut Alvin Tse, Head of Poco Global, kualitas ponsel yang diproduksi oleh Poco setara dengan produk-produk Xiaomi lainnya. Pasalnya manufaktur yang digunakan memang berasal dari Xiaomi sendiri.

“Poco merupakan sub-brand yang dirakit oleh Xiaomi dan kualitas adalah hal yang kami prioritaskan. Poco ini punya kualitas yang sehebat ponsel Xiaomi,” ungkap Alvin dalam acara peluncuran yang dilaksanakan di New Delhi, India.

Spesifikasi Pocophone F1 atau Poco F1

poco f1

Pocophone F1 atau disebut juga Poco F1, memiliki dimensi layar 6,18 inci beresolusi 2246 x 1080 piksel, alias Full HD. Layar ini hadir dengan aspek rasio 18,7:9.

Pada bagian atas, terdapat poni alias notch yang berfungsi untuk meletakkan kamera depan serta sensor cahaya. Uniknya, poni ini bisa kita sembunyikan lewat pilihan pada menu setting tetapi dengan konsekuensinya aspek rasio layarnya menjadi sedikit mengecil.

Berpindah ke sektor kamera, ponsel ini memiliki dua lensa pada bagian belakang sebesar 12 megapiksel dan 5 megapiksel. Sensor utamanya menggunakan Sony IMX363 seperti yang digunakan oleh Mi 8 SE. Untuk kamera depan, ponsel ini mengusung lensa 20 megapiksel. Kamera depan Poco F1 ini sudah diklaim memiliki kemampuan menangkap gambar dalam kondisi low-light lebih baik. Lensa ini juga dapat digunakan untuk membuka kunci layar dengan metode Face Recognition.

Seperti halnya ponsel flagship kebanyakan, Poco F1 dibekali beberapa kombinasi RAM dan ROM dengan ukuran yang besar pula. Yaitu RAM 6 GB / ROM 64 GB, RAM 6 GB / ROM 128 GB dan yang paling tinggi sebesar RAM 8 GB / ROM 256 GB.

poco f1

Selain itu, Poco F1 juga dipersenjatai dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh yang ditambah teknologi Quick Charge 3.0 dan konektivitas USB Type C. Selain itu, kita juga diberikan tiga pilihan warna yang bisa dipilih, yakni graphite black, steel blue dan rosso red.

Masalah harga, seperti yang tertulis diatas, Xiaomi Poco F1 merupakan ponsel Snapdragon 845 termurah saat ini yang bisa dibeli. Versi paling rendahnya, Poco F1 dibanderol dengan harga 300 dollar AS atau sekitar Rp 4,3 juta saja. Versi menengah dijual dengan harga 345 dollar AS atau sekitar Rp 5,1 juta, dan versi paling tingginya dijual 415 dollar AS atau sekitar Rp 6 juta.

Pesaing Poco F1 saat ini antara lain adalah Asus Zenfone 5Z dan Honor 10. Keduanya juga membawa chip Snapdragon 845, sayangnya banderol harganya sedikit di atas Poco F1.

Asus Zenfone 5Z versi terendah dijual dengan harga Rp 6,5 juta di Indonesiad dengan versi RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB. Sementara Honor 10 versi terendahnya, yakni RAM 4 GB dan penyimpanan 128 GB, dijual seharga Rp 7 jutaan di Indonesia. Xiaomi Poco F1 sendiri mulai bisa dipesan pada 29 Agustus mendatang di India.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *