Sejarah MNC Vision dan Fitur yang Disediakan

Posted on

Salah satu sarana hiburan di era digital sekarang ini selain handphone modern yang bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya adalah televisi kabel. Dengan menggunakan TV kabel, kita tak hanya dapat menikmati aneka program acara di stasiun TV lokal namun juga mancanegara. Penyedia jasa televisi satelit berlangganan kini juga kian beragam. Salah satunya adalah MNC Vision. Sebelumnya, penyedia TV kabel satu ini bernama Indovision. Perubahan nama terjadi setelah adanya penggabungan Indovision dengan OkeVision serta TopTV. Indovision sendiri adalah stasiun TV satelit berlangganan yang diadakan PT MNC Sky Vision Tbk yang dulunya bernama PT Matahari Lintas Cakrawala.

mnc vision

Sejarah Berdirinya MNC Vision

Perusahaan ini sendiri resmi didirikan pada 8 Agustus 1988 dan produk jasanya dipasarkan sejak awal 1994. Kala itu, perusahaan bertanggungjawab mengenai pemasaran program pengelolaan dan juga pelayanan pada pelanggan. Indovision mulanya menggunakan satelit Palapa C2 serta sistem broadcasting yang menggunakan analog pada frekuensi C-Band. Namun kini telah digunakan satelit bernama Cakrawarta 1 yang khusus beroperasi pada frekuensi S Band. Pihak yang bertanggungjawab atas pengelolaan serta pengoperasian satelit ialah PT Media Citra Indostar. Satelit ini memberi layanan pendistribusian tayangan pada saluran TV berlangganan baik lokal maupun mancanegara. Sejak 1997, Indovision mengubah sinyal menjadi digital agar kualitas suara serta gambar dapat meningkat.

MNC Vision atau yang awalnya bernama MNC Sky Vision bernaung di bawah induk perusahaan Global Mediacom. Di awal 2008, MNC Sky Vision turut mengeluarkan produk TV berlangganan dengan nama Top TV. Dirutnya ialah Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo, kaka kandung Hary Tanoesoedibjo selaku CEO MNC. Pada 2009, satelit Indostar II atau Protostar II diluncurkan sebagai pengganti Indostar I. Indostar II total memiliki 32 transponder. Pada 2014, PT MNC Sky Vision Tbk atau MSKY melakukan kegiatan termasuk penyebaran perangkat Indovision menuju 365 Koramil yang terdapat di daerah terpencil agar dapat memudahkan petugas dalam mendapat informasi maupun hiburan.

Beragam Fitur MNC Vision

Per tanggal 12 Desember 2017, secara resmi Indovision, OkeVision serta Top TV mengganti namanya menjadi MNC Vision. Fitur yang disediakan oleh stasiun TV kabel berlangganan ini sendiri cukup beragam. Di antaranya adalah Personal Video Recorder atau PVR di mana tayangan yang tengah diputar bisa direkam untuk kemudian diputar ulang menggunakan data HDD. Berikutnya ada lagi fitur Video on Demand atau VOD yang memungkinkan pelanggan memilih program tertentu dari semua program yang telah disediakan MNC. Fitur lainnya adalah Subscription VOD atau SVOD yaitu program langganan eksklusif dengan paket bulanan. Pelanggan nantinya akan bisa menonton konten yang ada di paket itu di manapun selama bulan berlangganan.

Masih ada lagi beberapa fitur unggulan yang disediakan MNC Vision bagi pelanggan setianya. Termasuk di antaranya adalah Transactional VOD atau TVOD, yaitu program langganan di mana pelanggan bisa menonton tayangan yang paling disukai di mana saja dengan mengikuti sistem Pay Per View dan masa berlaku antara dua hingga tiga hari. Fitur lain yang tak kalah menyenangkan bagi pelanggan adalah MNC Now yang awalnya bernama Indovision Anywhere. Inovasi layanan ini akan memungkinkan pelanggan setia menontona acara TV favorit dalam paket langganan melalui gadget. Fitur ini juga adalah yang pertama ada di Indonesia serta terdiri dari program gratis di lebih dari 100 channel serta program bebrayar di mana semua channel termasuk on demand bisa ditonton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *