Di tahun 2018 ini, sudah banyak sektor industri yang sudah menggunakan teknologi sebagai faktor utama untuk mengembangkan bisnisnya. Mulai dari sektor yang besar seperti industri hingga yang kecil seperti UKM, sudah perlahan beralih ke era baru dimana teknologi yang memegang peran.

Contoh paling nyata dan sedang digalakkan adalah era paperless. Paperless merupakan sebuah kampanye anti kertas yang bertujuan untuk meningkatkan perhatian manusia akan kelangsungan hidup alam dimana sudah banyak hutan yang sudah gundul untuk pembuatan kertas ini. Oleh karena itu, kampanye paperless sudah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu agar kedepannya tidak ada dampak yang tidak diinginkan.

Saya sendiri sebenarnya sudah mulai tahu kampanye ini ketika kuliah. Di perkuliahan sebisa mungkin tidak menggunakan kertas baik untuk ujian ataupun pembuatan tugas. Selain karena memang saya kuliah di jurusan teknologi, tapi manfaat yang ditimbulkan menurut saya juga banyak. Aktivitas kuliah menjadi lancar karena memang data yang digunakan merupakan bentuk digital sehingga tidak terbatas oleh waktu juga tempat.

Lantas, bagaimana “mengubah” data di kertas menjadi data berbentuk digital?

Tenang, ada scanner dari Brother dengan tipe ADS-2400N

Apa Itu Brother dan Apa itu Scanner ADS-2400N ?

Sebelumnya, kita harus tahu dulu Brother itu apa dan apakah ini merek baru?

Mungkin tak banyak orang tahu tentang merek Brother. Brother ini salah satu perusahaan dari Jepang yang bergerak di bidang teknologi. Segmen bisnisnya antara lain :

A

Printing & Solutions Business

Printer, Scanners

A

Personal & Home Business

Mesin Jahit Rumahan

A

Machinery Business

Mesin Jahit Industri, Printer Garmen

A

Network & Contents Business

Sistem Online Karaoke

A

Domino Business

Peralatan Digital Printing

Kantor Pusat

15-1 Naeshiro-cho, Mizuho-ku, Nagoya, 467-8561, Japan

Entah ini masuk kelurahan apa. Didirikan pada tanggal 15 Januari 1934. Karena pembahasan kita diawal adalah tentang scanner Brother, maka kita akan membahas penuh hingga akhir artikel. Brother sendiri sudah mulai membuat scanner sendiri di tahun 2011 yang bentuknya adalah document scanner.

Nah, yang terbaru adalah beberapa scanner bagus yang diperuntukkan untuk skala bisnis. Ada 4 tipe baru yang sudah diperkenalkan oleh perwakilan Brother Indonesia yaitu ADS-2400N, ADS-2800W, ADS-3000N, dan ADS-3600W. Semua ini bisa digunakan sebagai document scanner, network scanner, ataupun desktop scanner.

Regional

Lebih negara

Pasti dari kalian yang sudah bekerja di kantoran besar, kebutuhan akan scanner bisa dibilang sangat penting karena lalu lintas dokumen yang cepat dan diharuskan tepat waktu terkadang menjadi masalah tersendiri. Belum lagi ketika harus dihadapkan banyak tumpukan kertas yang sudah pasti akan membuat kita lebih stress.

Selain itu, saya juga terkadang melihat permasalan yang dialami ibu saya ketika musim ulangan tiba. Beliau selalu pulang dengan tumpukkan kertas ulangan murid-muridnya. Memang, untuk tingkat sekolah dasar, kertas ulangan masih belum menggunakan lembar jawaban komputer (LJK), masih menggunakan kertas soal yang dibagi 4 bolak-balik, warnanya cokelat. Tetapi, mungkin kedepannya dinas pendidikan akan mulai menggunakan lembar jawaban komputer (LJK) untuk ujiannya.

Kalau sudah menggunakan LJK, tentu mungkin ibu saya akan sedikit lebih mudah mengoreksi ujian murid-muridnya karena sekarang juga sudah ada teknologi Optical Mark Reader (OMR) yang mana ini merupakan perangkat “membaca” tanda pensil bulatan yang discan dalam bentuk kompatibel NCS bentuk seperti survey atau jawaban test. Jadi, hasil test LJK nanti dimasukkan scanner , diolah dengan aplikasi OMR, lalu keluarlah hasil ujiannya. Scanner yang digunakan juga harus cepat kalau ingin waktu mengoreksinya lebih singkat.

Oleh karena itu, dengan permasalahan-permasalahan diatas, harapan hadirnya keempat lini yang bisa dibilang “agak mahal” ini, dapat membuat aktivitas yang menghalangi tersebut bisa teratasi dengan mudah dan cepat meski menggunakan lini termurah dari 4 lini dari scanner Brother, yaitu tipe ADS-2400N.

Termurah? Memang harganya berapa?

Sabar dulu, saya akan jelaskan kelebihan-kelebihan yang dimiliki printer “murah” ini, karena dengan kalian sudah melihat kelebihan yang ditawarkan, maka ketika melihat harganya tidak akan terlalu kaget. Itu harapan saya.

Jadi, ADS-2400N memiliki harga paling murah dibandingkan dengan 3 lainnya yang diluncurkan bersamaan. Adapun fitur yang ditawarkan tidak beda jauh dan sudah cukup mumpuni untuk menjalankan berbagai macam keperluan scan. Dan, mungkin fitur yang disematkan menurut saya sudah sangat canggih untuk saat ini. Penasaran? Langsung saja yuk kita lihat kelebihan apa saja yang dimiliki oleh scanner ADS-2400N ini :

i

Menangani Hampir Semua Jenis Dokumen

Mulai dari dokumen kertas dengan berat mulai dari 40 hingga 413 gsm, hingga kartu plastik dengan ketebalan 1.44mm

Pemindaian Sangat Cepat

Kecepatan pemindaian hingga 30 ipm secara simplex dan 60 ipm

Mendukung Banyak Konektivitas

Sudah mendukung konektivitas USB 2.0 dan LAN, serta Ethernet Gigabit

Kemudahan Pengiriman Hasil Scan

Bisa langsung mengirimkan hasil scan dokumen ke Flash Disk melalui USB port yang tersedia secara langsung tanpa perlu ditransfer lebih dulu dari perangkat lain

Spesifikasi Lengkap Scanner ADS-2400N

Port & Antarmuka
Antarmuka standar Ethernet, USB 2.0
Berat dan Dimensi
Berat 4,45 kg
Panjang 306 mm
Lebar 258 mm
Tinggi 250 mm
Panjang kemasan 382 mm
Lebar kemasan 254 mm
Tinggi kemasan 330 mm
Berat kemasan 6,2 kg

 

Pemindaian
Ukuran pemindaian maksimal 51 x 355 mm
Resolusi pemindaian optikal 600 x 600 DPI
Peningkatan resolusi pemindaian 1200 x 1200 DPI
Ketajaman warna masukan 30 bit
Kedalaman warna output 24 bit
Kecepatan memindai ADF (hitam/putih, A4) 30 ppm
Kecepatan memindai ADF (warna, A4) 30 ppm
Kecepatan memindai ADF dupleks (hitam/putih, A4) 60 ipm
Kecepatan memindai ADF dupleks (warna, A4) 60 ipm
Daya
Tipe penyuplai daya AC
Konsumsi daya (rata-rata) 27 W
Konsumsi daya (siaga) 3 W
Konsumsi daya (mati) 0,12 W
Konsumsi daya (hemat daya) 1,9 W

 

Penanganan Kertas
Ukuran kertas seri A ISO maksimal A4
Jenis media pemindaian yang didukung Kartu Nama Bisnis, Amplop, Kartu Plasik
Berat media Pemasok Dokumen Otomatis (ADF) 27 – 413 g/m²
Ukuran ISO seri A (A0…A9) A4,A5,A6,A7,A8
Ukuran ISO seri B (B0…B9) B5,B6,B7,B8
Penanganan Kertas
Ukuran kertas seri A ISO maksimal A4
Jenis media pemindaian yang didukung Kartu Nama Bisnis, Amplop, Kartu Plasik
Berat media Pemasok Dokumen Otomatis (ADF) 27 – 413 g/m²
Ukuran ISO seri A (A0…A9) A4,A5,A6,A7,A8
Ukuran ISO seri B (B0…B9) B5,B6,B7,B8
Desain
Tipe memindai Pemindai ADF
Warna produk Hitam

 

Performa
Tipe sensor Dual CIS
Siklus kerja harian (maks) 3000 halaman
Memindai kepada Surat Elektronik, FTP, Berkas, Gambar, OCR, USB
Driver pemindai ISIS,TWAIN,WIA
Tingkat kebisingan pemindaian 62,5 dB
Memori internal 256 MB
Prosesor terpasang Cortex-A9
Frekuensi Prosesor 800 MHz
Protokol jaringan yang didukung ARP, RARP, BOOTP, DHCP, APIPA(Auto IP), WINS/NetBIOS name resolution, DNS Resolver, mDNS, LLMNR responder, Custom Raw Port/Port9100, SMTP Client, FTP Client and Server, LDAP Client, CIFS Client, SNMPv1/v2c/v3, HTTP/HTTPS server, TFTP client and server, ICMP, Web Services (Scan), SNTP Client

Bagaimana dengan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh scanner ADS-2400N ini? Sangat keren pasti. Yang kita ketahui kalau ingin menggunakan scanner, kita harus menyalakan laptop atau komputer, lalu meletakkan dokumen, dan hasilnya akan muncul di monitor. Nah, sekarang kita hanya perlu colokkan USB Flash Disk dan lakukan scan, maka hasilnya bisa langsung masuk ke Flash Disk tanpa kita harus menyalakan laptop atau komputer terlebih dahulu, bisa memakan waktu yang banyak.

Harganya berapa?

Langsung saja, harga scanner paling murah dari keempat produk ini dipatok mulai Rp. 7.500.000-an, dan yang termahal adalah sekitar Rp. 19.000.000-an. Memang terlihat sangat mahal, tetap dengan fitur-fitur yang tidak biasa itulah yang menjadikan scanner-scanner ini sangat pantas untuk dimiliki oleh semua skala bisnis.

Sumber :

  • https://www.brother.is/scanners/ads-2400n#overview
  • https://iprice.co.id/harga/brother-ads-2400n/
  • http://www.skill.co.id/front/index.php/jakarta-tech-update/296-pengertian-ocr-dan-omr-2
  • http://www.jagatreview.com/2016/07/brother-indonesia-hadirkan-lini-scanner-terbaru-untuk-bisnis/
  • http://www.brother.co.id/id-ID/work/products/all-scanners/scanners/ads-2400n

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This