Kontak Saya Paid Review | Content Placement | Digital Promotion.

Review Software Easeus Data Recovery Wizard Free Edition untuk Windows

Kehilangan seluruh data di perangkat komputer akibat instal ulang, formal ulang, atau kesalahan operasional lainnya, baik disengaja maupun tidak, merupakan bencana terbesar bagi hampir semua pengguna komputer. Rasanya memang data lebih penting daripada perangkat. Apalagi, buat kamu yang sedang mengerjakan skripsi atau proyek besar di kantor.

Pernahkah kamu terjebak dalam kondisi seperti ini? Jika pernah, kini kamu tidak perlu panik hingga stres bukan kepalang.

Sejatinya, data yang telah terhapus dari media penyimpanan tidak selamanya langsung hilang. Sistem pada komputer tidak serta merta betul-betul menghapus atau menghilangkan data dari media penyimpanan. Ketika misalnya, kamu menekan tombol ‘Delete’ atau memilih menu ‘Delete’ dari menu Windows-mu, sistem operasinya hanya memindahkan data ke Recycle Bin.

Ketika file dihapus atau terhapus secara permanen pun (bukan menghapus ke Recycle Bin, misalnya dengan menggunakan SHIFT + DEL), file sebenarnya hanya diberitakan ‘terhapus’ oleh Hard Disk Drive (HDD), sementara file tidak dihapus oleh pola-pola magnetisnya. Jadi, selama rekaman data magnetis tidak terganggu, secara teori data masih bisa ditemukan dan dikembalikan atau recovered ke keadaan semula.

Mekanisme semacam ini diaplikasikan pada penyimpanan berbasis magnetis tempat pengguna komputer biasa menyimpan data, seperti pada HDD atau FDD (Floppy Disk Drive). Prinsip inilah yang coba dimanfaatkan oleh berbagai macam software pengembali data.

Banyak pilihan software data recovery yang bisa dimanfaatkan oleh kamu untuk mengembalikan data-datamu yang mendadak hilang di komputer. Namun begitu, kebanyakan software ini masih bersifat teknis dan jarang dipahami orang awam. Artinya, hanya orang berpengalaman yang punya pengetahuan secara teknis di bidang komputer saja yang mampu mengoperasikannya.

easus

Sementara itu, bagi orang awam, tidak banyak pilihannya dan pada akhirnya keluar uang untuk dibawa ke tukang servis komputer. Tapi, Easeus Data Recovery Wizard Free Edition merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang awam dengan komputer dan ingin mengembalikan data-data berhargamu.

Baca Juga :  Laptop untuk Anak Sekolah Pilihannya Lenovo G40

Kamu bisa mendapatkan software Easeus Data Recovery Wizard Free Edition dengan mengunduh langsung pada situs resminya di sini. Kemudian, dari laman tersebut klik ‘Free Download’. Program installer akan diunduh, tunggu hingga selesai, lalu jalankan aplikasi installer.

Software data recovery besutan Easeus ini sebetulnya menawarkan tiga versi, yaitu, Easeus Data Recovery Wizard Free Edition, Easeus Data Recovery Wizard Pro Edition, dan Easeus Data Recovery Wizard Technician Edition. Meski demikian, versi gratisnya saja sudah sangat powerful.

Perbedaan yang gratis dan yang pro hanya pada besaran data yang bisa kamu selamatkan. Easeus Data Recovery Wizard Free Edition memberikan batasan sebesar 2GB data, sedangkat versi Pro-nya yang dibanderol dengan harga $69.95 bisa mengembalikan data sebanyak apapun yang kamu inginkan. Namun, dengan menggunakan versi gratis saja sudah sangat memuaskan, karena data-data penting yang diselamatkan biasanya hanya berupa dokumen, foto, dan file.

Meski pengoperasiannya tergolong mudah dan sederhana, kemampuannya untuk mendeteksi file-nya setara dengan softwarerecovery profesional. Kamu hanya butuh 3 langkah mudah, yaitu pilih media, cermati dan cari data yang kamu butuhkan, kemudian simpan. Yuk, langsung coba!

Menggunakan Easeus Data Recovery Wizard Free Edition

Untuk mengembalikan data kamu dari media penyimpanannya menggunakan Easeus Data Recovery Wizard Free Edition, berikut langkah mudahnya:

  • Jalankan program Easeus Data Recovery Wizard Free Edition sebagai Administrator klik Run as Administrator.
  • Di layar utama, kamu dihadapkan pada pilihan tipe atau format file yang ingin dikembalikan.
  • Setelah memilih jenisnya, klik Next
  • Di layar selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada pilihan drive yang akan di scan.
  • Setelah memilih drive, klik Next
  • Software akan melakukan pemindaian struktur direktori dan data yang telah terekam pada media penyimpanan yang sebelumnya telah dipilih.
  • Selanjutnya, layar akan menampilkan hasil scanning yang telah selesai dilakukan. Layar ini akan terdiri dari dua panel. Panel kiri berisi struktur direktori medi apenyimpanan, sementara panel yang kanan berisi daftar file yang terekam pada folder yang dipilih pada panel kiri.
  • Folder maupun dile yang telah terhapus dari media penyimpanan akan ditandai dengan huruf ‘d’ berwarna merah pada ikonnya.
  • Untuk mengembalikanna, folder atau file yang telah terhapus langsung klik kanan pada folder/file yang diinginkan, kemudian pilih menu ‘Recover’.
  • Jika setelah pemindaian yang pertama file atau folder yang hilang tidak juga terdeteksi, kamu bisa menekan tombol ‘Deep Scan’. Deep Scan adalah mode pemindaian yang ‘mengorek’ lebih dalam lagi data-data yang pernah tereka, di media penyimpanan. Sesuai dengan namanya, Deep Scan memakan waktu lebih lama.
Baca Juga :  Menginap dengan Nyaman di Grand Hyatt Bali

Sejauh ini Easeus Data Recovery Wizard Free Edition sudah berhasil mengembalikan banyak data yang sudah terhapus, meski mengalami format. Dokumen, foto, hingga video bisa kembali seperti semua, hanya saja memang perlu dilakukan penamaan kembali.

Secara keseluruhan, Easeus Data Recovery Wizard Free Edition mampu mengatasi pengembalian data dengan baik dan sempurna. Akurasi dan performanya bahkan bisa dinilai di atas rata-rata software hard drive recovery lainnya. Mulai dari proses scanning yang cukup cepat hingga bisa mengembalikan file yang baru saja terhapus dengan akurat.

Dengan bantuan Deep Scan, kamu bahkan bisa menemukan berbagai file multimedia yang sudah terhapus sangat lama. Meskipun, telah mengalami berkali-kali format. Satu-satunya kelemahandari software ini adalah kemunculan pop up upgrade ketika proses recovery berlangsung. Atasi saja dengan mengklik ‘Later’. Jadi, Easeus Data Recovery Wizard Free Edition sangat recommended untuk kamu!

BACA JUGA

Tags:

Leave a Reply