Review Perubahan Toyota Avanza 2019 Dari Sisi Kenyamanan, Keselamatan, Dan Keamanannya

Dibulan Januari 2019 telah diluncurkannya model baru mobil Toyota Avanza. Dan kehadiran Toyota Avanza terbaru 2019 telah digembor gemborkan dan semakin ramai dibicarakan.Kehadirannya mengalami beberapa perubahan yang signifikan pada beberapa sisinya termasuk pada sisi kenyamanan, keselamatan, dan keamannya seperti dibawah ini :

1. Sisi Kenyamanan Kabin Mobil

Mobil Toyota Grand New Avanza mengalami peningkatan dari sisi kemudahan dan kenyamanan didalam berpenumpang. Peningkatan kenyamanannya terletak pada sisi seperti :

  • Jika dibandingkan dengan Toyota Avanza yang sebelumnya, Avanza 2019 mengalami peningkatan kesunyian kabin. Grand New Avanza memiliki suara mesin yang terdengar sangat kecil didalam kabin.
  • Pada saat akan melipat kursi yang berada dibarisan kedua, hanya perlu dengan memutar knob tanpa harus mendorong sandaran joknya supaya sandaran jok merebah kebagian depan.
  • Perubahan juga dialami joknya baik dari desain ataupun bahannya yang terasa lebih empuk, sehingga akan meningkatkan kenyamanan pada saat melakukan perjalanan jauh.
  • Kursi jok yang berada dibarisan ketiga desainnya sangat mirip dengan desain yang digunakan oleh Toyota Innova. Pasalnya hadir dengan model jok 50 : 50 atau terbelah dua sehingga jok yang berada dibaris ketiga tersebut dapat dilipat sebagian, baik jok yang berada disebelah kanannya atau sebelah kirinya.
  • Peningkatan kenyamanan juga sangat terasa pada saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi karena bisa dilakukan pada sisi suspensi mobilnya. Peningkatan juga terjadi pada struktur lantai mobilnya yang semakin kuat, sehingga akan mempermudah didalam pengendalian.

2. Sisi Keselamatan & Keamanan Grand New Avanza

Grand New Toyota Avanza juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada faktor keselamatan dan keamanannya. Dimana peningkatan tersebut terdapat pada :

  • Untuk tipe 1.5 G dan tipe 1.3 G menggunakan kunci immobilizer.
  • Adanya ISOFIX fitting yang akan mempermudah didalam pemasangan kursi bayi, daripada dipasangkan pada seatbeltnya. Dengan menggunakan ISOFIX fitting maka kemungkinan salah didalam pemasangan kursi bayi sangatlah kecil. Kursi bayi akan terpasang dengan sangat kuat, dan setelah dilakukan tes keselamatan telah terbukti lebih aman.
  • Di jok barisan kedua adanya sabuk pengaman tersilang pada penumpang yang ketiga, dimana sabuk pengaman tersebut akan tersambung langsung ke plafon mobil. Sabuk pengamannya dengan pretensioner force limiter.
  • Adanya lampu peringatan pemakaian sabuk pengaman pada penumpang dibagian depannya, terletak ditengah dashboard mobil yang berada disebelah kiri tombol lampu segitiga merah (Hazard Light Button).
  • Pada saat penumpang yang berada dibagian depan (orang dewasa) duduk dibagian jok yang paling depan bagian kiri, maka secara otomatis lampu peringatan sabuk pengaman akan menyala dengan sendirinya.
  • Adanya lampu peringatan jika penumpang dan pengemudi yang berada dijok depan tidak menggunakan sabuk pengaman. Pada saat mobil telah berjalan, tetapi pengemudi dan penumpang yang berada dijok bagian depan itu tetap tidak mengunakan sabun pengaman, maka akan berbunyinya suara peringatan. Akan semakin kerasnya suara peringatan penggunaan sabuk pengaman sehingga menyebabkan terganggunya kenyamanan kabin, jika penumpang dan pengemudi yang berada dibagian depan tersebut tetap tidak menggunakan sabuk pengaman.
  • Adanya Side Impact beam pada sisi sampingnya, baik yang berada pada bagian pintu depan dan pintu belakang.
  • Dan juga ada rem ABS (Anti Lock Braking System) yang melengkapinya.

Itulah review perubahan Toyota Avanza 2019 dari sisi kenyamanan, keselamatan, dan keamanannya. Adanya peningkatan tersebut diharapakan Toyota Avanza 2019 dapat mendominasi kembali penjualan dikategori low MPV.

2 thoughts on “Review Perubahan Toyota Avanza 2019 Dari Sisi Kenyamanan, Keselamatan, Dan Keamanannya”

Leave a Comment