Aplikasi Ini Bisa Cari Sewa Mobil Paling Murah di Solo, Semarang, Jogja - Dirga

Aplikasi Ini Bisa Cari Sewa Mobil Paling Murah di Solo, Semarang, Jogja

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Review Aplikasi DOcar – Sudah jamannya Anda harus bisa memanfaatkan teknologi dalam melakukan segala aktifitas yang sedang Anda lakukan. Kenapa? Karena memang sekarang sudah banyak sekali teknologi yang diciptakan oleh manusia, seperti robot, komputer, ponsel, dan lainnya. Salah satunya adalah aplikasi. Aplikasi sendiri diibaratkan sebagai teknologi perangkat lunak dimana bentuk aslinya tidak ada. Hanya bisa dijalankan di dalam komputer atau ponsel.

rental-mobil-solo-jogja-semarang

Berbicara soal aplikasi, saat ini sudah banyak jenis aplikasi yang diciptakan, seperti aplikasi komputer, aplikasi android, dan lainnya. Pengembangan aplikasi ini juga dibedakan sesuai jenis aplikasi tersebut. Salah satu aplikasi yang ada saat ini adalah DOcar.

review-aplikasi-docar-1

Menurut pengertian yang saya baca di website resminya, DOcar adalah e-marketplace yang bekerja sama dengan rental-rental mobil di Indonesia untuk menawarkan jasa sewa mobil kepada calon pelanggan. DOcar mempertemukan partner-partner penyedia jasa sewa mobil yang ingin memasarkan jasa sewa mobil dan calon penyewa mobil yang ingin mendapatkan mobil sesuai pilihan. Jadi, bisa dibilang DOcar adalah pihak ketiga yang mempermudah calon pengguna sewa mobil dengan menyatukan semua jasa sewa mobil untuk bergabung di aplikasi mereka dimana nanti calon pengguna jasa sewa mobil tidak kesulitan dalam memilih jasa sewa mobil.

Mungkin video ini bisa lebih menjelaskan apa itu DOcar :

review-aplikasi-docar-3

Sesuai yang dicantumkan di dalam website resmi DOcar, sejarahnya adalah PT DOcar Indonesia sebagai perusahaan induk DOcar telah berkecimpung di bidang IT sejak tahun 2011. Setelah berada di bidang IT khususnya dunia online internet selama lima tahun, DOcar melihat peluang bisnis di sektor jasa sewa mobil Solo Jogja Semarang. Banyak di antara pelaku jasa sewa mobil kurang memperhatikan kemudahan calon pelanggan untuk mendapatkan mobil sewaan yang benar-benar mereka inginkan.

DOcar yang menyadari perkembangan pesat penggunaan aplikasi mempunyai inisiatif untuk mencarikan solusi antara pelaku jasa sewa mobil calon pelanggan. Dilandasi keinginan DOcar untuk membantu penyewa mobil mendapatkan mobil pilihan, membantu rental mobil memasarkan produk-produk jasa sewa mobil, serta mendukung pariwisata Indonesia, DOcar mengajak para pelaku usaha sewa mobil untuk bernaung dalam satu e-marketplace dengan nama DOcar.

Pemilihan nama DOcar sebagai e-marketplace pelaku usaha rental mobil bukan hanya sekadar jargon. Penggagas DOcar mengajak pelanggan, utamanya wisatawan, untuk memilih mobil sewaan sebagai sarana transportasi yang praktis dan andal. “Lakukan aktivitas Anda dengan menggunakan mobil.” (DO your activities with CAR), demikian visi dari DOcar.

Alasan lainnya, DOcar memiliki kemiripan ejaan dengan “dokar”, salah satu warisan budaya Jawa berbentuk alat transportasi tradisional. Menurut penuturan masyarakat Jawa, istilah “dokar” diyakini berasal dari bahasa Inggris dogcart (kereta pembawa anjing pemburu). Di era modern ini, dokar telah bergeser fungsinya menjadi alat transportasi wisata turis untuk berkeliling kota. Fungsi tersebut mengilhami DOcar yang ingin turut berkontribusi terhadap pariwisata Indonesia sebagai salah satu visi DOcar.

review-aplikasi-docar-6

Kenapa sih harus memilih DOcar? Mungkin ini sedikit gambarannya :

review-aplikasi-docar-png

Layanan sewa mobil DOcar mudah diakses, fleksibel, mampu menampilkan harga termurah, dan meliputi banyak varian mobil. Dibandingkan dengan layanan serupa, DOcar benar-benar mendata setiap mobil sewaan secara detail. DOcar menyediakan informasi lengkap mulai dari kondisi umum mobil hingga plat nomor mobil. Hanya DOcar yang bisa menjamin Anda mendapatkan mobil sewaan pilihan Anda.

Wilayah operasional DOcar untuk saat ini adalah wilayah Solo dan sekitarnya, Jogja dan sekitarnya, serta Semarang dan sekitarnya. DOcar akan terus memperluas wilayah operasional. Ini adalah salah satu visi DOcar untuk dapat menghadirkan layanan sewa mobil online DOcar di seluruh Indonesia. DOcar yakin dapat menghadirkan layanan sewa mobil online yang mudah, tepat, dan lebih terjangkau. Adapun daftar kota-kota yang ingin digunakan sebagai perluasan DOcar sendiri, diantaranya :

review aplikasi docar

review-aplikasi-docar-7

Aplikasi DOcar ini hanya perlu 3 langkah dalam melakukan sewa mobil. Berikut caranya :

review-aplikasi-docar-5-png

  1. Anda hanya perlu menentukan tujuan, tanggal, dan kelengkapan lainnya, kemudian aplikasi akan menampilkan berbagai jenis mobil yang tersedia berikut dengan harga dan spesifikasi lainnya secara lengkap.
  2. Cari kendaraan yang pas sesuai keinginan Anda, seperti harga, jenis mobil, dan lainnya. Lalu, klik Pesan. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan identitas diri, dan tujuan penjemputan untuk mengirim kendaraan yang sudah Anda pesan, entah di bandara, hotel, atau lainnya.
  3. Setelah mengisi identitas diri dan mengisi tujuan penjemputan, maka Anda diminta untuk membayar sesuai harga sewa. Bayarnya tersedia banyak metode, jadi Anda tidak perlu pusing.

Mungkin Anda akan bingung bila dijelaskan dengan kata-kata, maka saya akan menampilkannya dalam bentuk gambar :

review-aplikasi-docar-10

review-aplikasi-docar-11Masih bingung? Saya rasa tidak. Dan Anda tinggal menunggu waktu penjemputan dan bayar sisanya kepada yang mengatar kendaraan Anda kalau Anda memilih melakukan DP terlebih dahulu lewat aplikasi.

review-aplikasi-docar-12

Jadi, selain kita hanya memesan mobil, di dalam aplikasi DOcar juga ada fitur lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memberikan kenyamanan dalam memesan mobil. Diantaranya adalah :

  • Akun pribadi untuk penggunaan fitur lebih terintegrasi (menggunakan email pribadi).
  • Info mobil dengan sangat detail mulai jumlah penumpang hingga plat nomor kendaraan.
  • Dapat mengirim pesan untuk rental yang dipilih.
  • Dapat melihat posisi mobil 30 menit sebelum penjemputan.
  • Dapat mencetak invoice.
  • Dapat menjemput sesuai lokasi yang diinginkan.
  • Tersedia info sopir yang akan menjemput.

review-aplikasi-docar-9

Karena temanya adalah review aplikasi DOcar, maka akan saya berikan sedikit review soal aplikasi DOcar selama 3 harian untuk sedikit melihat-lihat aplikasi ini. Saya tidak memesan kendaraan karena posisi saya di Surabaya, saya hanya melihat-lihat fitur yang tersedia dan prosesnya, tentu saja dari sudut calon pengguna sewa mobil.

Tampilan

Dari sisi tampilan, DOcar mengusung 2 warna yaitu, Lochmara (biru) dan Dark Orange (oranye). Kombinasi warnanya tidak terlalu mencolok dan terkesan soft. Kelihatan adem. Selain itu, untuk logo masih terlihat rancu. Rancunya karena menurut saya tidak jelas. Logo mobil di dalam lingkaran. Maksudnya bagaimana, apa soal jual mobil atau bengkel mobil, atau sewa mobil sepertinya kurang spesifik. Mungkin ditambah unsur-unsur soal sewa mobil, seperti diberi kata ‘rental’ atau ‘sewa’. Selain itu, pemilihan tulisan DOcar mungkin terkesan tidak stabil atau berat sebelah. Kalau saya boleh saran mungkin bisa diganti ‘DoCar’ atau ‘Docar’ saja.

Tampilan di dalam aplikasi, saya rasa sudah enak dipandang. Dengan warna latar adalah biru Lochmara dengan warna tombol dan header adalah Dark Orange, didukung dengan warna font putih, terlihat menyatu dan tidak salin bentrok. Mungkin saran saya adalah warna ‘PESAN MOBIL’ yang berada di atas pojok kiri bisa diganti dengan putih saja, mengingat salah satu unsur dalam interaksi manusia dan komputer adalah konsistensi. Jadi, bisa dipertimbangkan.

review-aplikasi-docar-16

Tampilan disaat memilih mobil atau pembayaran sepertinya tidak ada masalah. Kombinasinya pas, bisa dibaca dan dimengerti. Gambar kendaraannya pun bisa dilihat dengan jelas atau tidak buram.

Kecepatan

Kecepatan disini adalah bagaimana kecepatan aplikasi dalam mengelola proses yang dimasukkan oleh pengguna. Dari saya, mungkin hanya saran soal kecepatan sistem dalam mengirim kode verifikasi setelah kita memesan mobil dan ingin membayar. Saya menunggu sekitar 2 menit baru ada email masuk, mungkin lebih dipercepat lagi. Karena, mungkin ada orang yang ingin cepat-cepat menyewa mobil akan tetapi ketika ingin memasukkan kode verifikasi, emailnya datang terlambat.

Untuk masalah konfirmasi pembayaran entah diproses manual atau langsung sistem, saya tidak tahu, karena memang saya di Surabaya dan tidak membutuhkan jasa sewa mobil yang masih ada di Jogja, Solo atau Semarang.

Suasana

Suasana juga berdampingan dengan tampilan diatas. Suasana ketika saya membuka aplikasi ini sangat tenang karena memang tampilannya pas, dan tidak mengundang kemarahan, kepenatan, atau membuat perasaan jadi tidak enak. Tidak membuat mata sakit atau lainnya.

Proses Bisnis

Untuk soal kemudahan proses menyewa disini bisa dibilang sangat mudah. Sesuai dengan yang saya gambarkan diatas, dan Anda tinggal menunggu kendaraan diantarkan. Mulai dari kita memasukkan tujuan kota, tujuan menyewa kendaraan, tanggal diantarkan, hingga fasilitas yang diinginkan seperti dengan BBM atau tanpa BBM begitu juga dengan sopir. Selanjutnya, kita tinggal memilih kendaraan yang ada dengan bisa yang paling bagus, paling murah, atau paling sering dipinjam. Setelah memilih kendaraan, kita akan mengisikan identitas pribadi, dan lanjut langsung ke konfirmasi yang dikirim lewat email. Tinggal kita membayarnya, dan melakukan konfirmasi kalau sudah bayar. Dan, akhirnya kita hanya tinggal menunggu pengantar kendaraan kita akan menyapa dengan hangat di depan lokasi yang kita tentukan.

Mungkin saran dari saya soal prosesnya, untuk penempatan batas wilayah kota bisa ditaruh di awal atau dibawah poin-poin fasilitas agar pengguna mengetahui hal tersebut dari awal, kalau memang itu ketentuan dari pihak DOcar sendiri.

Selain itu, saya juga sudah bertanya kepada teman saya yang berbisnis rental mobil kalau harga untuk luar kota atau dalam kota itu sama. Jadi, mungkin penjelasan batas kota tersebut bisa dihilangkan. Tetapi, kalau memang itu ketentuan dari pemilik rental, bisa dicantumkan seperti gambar diatas yaitu di masing-masing kendaraan yang disewakan pemilik rental yang menentukan beda harga antara luar kota dan dalam kota.

Fungsi Fitur

Masalah fitur, saya tidak bisa membahas fitur yang belum saya coba seperti dapat mengirim pesan untuk rental yang dipilih, dapat melihat posisi mobil 30 menit sebelum penjemputan, dan tersedia info sopir yang akan menjemput dikarenakan saya tidak sampai untuk membayar.

Fitur yang akan saya bahas adalah soal yang sudah saya coba seperti mengisi biodata. Di dalam mengisi biodata mungkin ada kesalahan bagi saya. Yaitu di bagian memilih ‘Kota’. Sebelumnya, mungkin kita akan mengisikan Propinsi terlebih dahulu hingga nanti nama-nama kota yang ada di Propinsi tersebut akan keluar, tetapi saya mencoba tanpa memilih Propinsi, nama kota ada yang muncul, yaitu ‘Kabupaten Batu Bara’. Kabupaten ini seharusnya muncul ketika kita memilih Propinsi Sumatera Utara.

screenshot_2016-09-21-10-12-02

Selain itu, ketika memilih gambar atau foto ada fitur untuk memotong (crop) tetapi aplikasi yang disediakan tidak muncul namanya. Entah hanya ponsel saya atau tidak saya belum tahu.

screenshot_2016-09-21-10-12-39

Ketika membahas soal biodata, tentu sebelum itu kita diharuskan untuk melakukan Log In. Aplikasi DOcar ini bisa melakukan login dengan Gmail yang ada di ponsel Anda, facebook, atau email. Jadi, kalau Anda malas mengetikkan email bisa langsung login dengan Gmail atau facebook. Sangat membantu.

Untuk fitur akun bank, saya masih belum mengerti apa fungsinya. Apa untuk hadiah yang dikirim ke rekening kita karena telah sering menggunakan jasa DOcar dalam sewa mobil di Indonesia atau apa masih belum tahu. Atau untuk mempermudah konfirmasi pembayaran oleh pihak DOcar juga masih belum tahu.

Bagi Anda yang sudah memesan dan ingin membayar, Anda bisa membuka menu ‘Konfirmasi’ dan klik kendaraan yang Anda pilih tadi. Maka seketika akan muncul detail pesanan Anda. Dan untuk mengetahui harus membayar kemana, silahkan klik tanda seru berwarna Oranye, disitu ada detail nama bank dan nomor rekeningnya. Disebutkan banyak sekali metode pembayaran, tetapi disini masih ada 2 jenis pembayaran dan 2 bank. Jadi, mungkin kedepan bisa disesuaikan dengan deskripsi di website Play Store, seperti pembayaran lewat jaringan ATM Bersama, i-banking (KlikBCA, Mandiri ClickPay), kartu kredit (Mastercard, Visa), PayPal, dan Indomaret.

screenshot_2016-09-21-10-19-31

Membahas soal penagihan atau invoice, setelah Anda memesan kendaraan, maka Anda akan mendapatkan email detail pemesanan yang bisa Anda cetak. Disitu juga disediakan nomor rekening dan nama bank untuk pembayaran.

review-aplikasi-docar-15-png

Saran saya yang lain adalah soal pemilihan ‘Tujuan’ ketika pertama ingin memesan kendaraan. Disitu kita bebas mengisi tujuan kita, tetapi setelah klik tombol ‘Cari Mobil’, terkadang hasilnya tidak tersedia. Meski tujuan kita adalah hotel atau tempat wisata lainnya. Mungkin lebih diperkecil dengan pilihan drop-down dengan pilihan yang terbatas. Kalaupun dipertimbangkan, menu ‘Tujuan’ ini dihilangkan saja, karena menurut saya yang sudah bertanya kepada teman saya yang memiliki rental mobil, soal tujuan itu bebas terserah peminjam dan kita tidak perlu tahu. Yang penting membayar, kasih jaminan, dan mobil kembali. Begitu.

Kesimpulan

Itulah sedikit review saya soal Aplikasi DOcar yang menyediakan jasa sewa mobil di daerah Solo, Semarang, dan Jogja. Akan sangat berguna bagi Anda yang sedang berpergian di 3 kota tersebut dan membutuhkan layanan kendaraan yang bisa disewa untuk digunakan berkeliling kota. Penggunaannya juga sangat mudah dan kita juga tidak perlu repot harus datang ke rental mobil satu-persatu.

Untuk Anda yang memiliki ponsel Android jadul, atau masih Android Kitkat, tenang saja, karena aplikasi ini sudah support mulai dari Android Kitkat atau Android 4.0 (Tab saya masih Kitkat). Tetapi, sangat disayangkan, aplikasi ini masih tersedia hanya ada di Android saya, untuk iOS belum tersedia.

review-aplikasi-docar-1-png

Selain itu, aplikasi ini tidak terlalu berat atau tidak membuat lag karena hanya memiliki besar 18 MB saja. Aplikasi ini menggunakan internet sebagai proses utama, jadi pantau terus kuota Anda. Sangat cocok untuk orang awam yang ingin berpergian ke suatu kota dan disana tidak ada sanak saudara juga kendaraan.

review aplikasi docar

review aplikasi docar

Kurang lebihnya itulah yang saya alami ketika mencoba aplikasi tersebut, dan itu pandangan subjektif saya karena review bisa dibilang subjektif. Yang saya alami belum tentu dialamin oleh orang lain. Bila ada kata-kata dari saya yang tidak enak untuk PT. DOcar, saya akan meminta maaf, dan bila ada yang kurang atau penjelasan saya yang sangat terbatas ini, saya juga meminta maaf. Terima kasih sudah membuat aplikasi keren ini.

Untuk info lanjut soal DOcar, Anda bisa langsung menghubungi atau berkunjung ke alamat-alamat dibawah ini :

Website : https://docar.co.id/ (Anda bisa memesan kendaraan disini dan ada FAQ yang bisa membantu Anda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang biasa dilontarkan oleh calon pengguna).

Facebook : https://www.facebook.com/docar.id

PlayStore : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.DOcar

Google + : https://plus.google.com/+DocarIdsewa-mobil-solo-jogja-semarang

Lokasi DOcar :

Sumber Tulisan :

  • Website Resmi DOcar.
  • Deskripsi Aplikasi DOcar di PlayStore.
  • Website www.htmlcsscolor.com
  • Pengetahuan Pribadi

Sumber Gambar / Foto :

  • Website Resmi DOcar
  • Dokumentasi Pribadi

Share.