Rayakan Kemerdekaan Bersama ASUS VivoBook Ultra A412DA, ASUS Unggul Kerjaan Maju

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Sudah 74 tahun Indonesia merdeka dimana ini adalah hasil kerja keras perjuangan rakyat Indonesia dalam mengusir para penjajah. Sudah 74 tahun Indonesia merdeka dimana seluruh tumpah darah yang terjadi beberapa puluh tahun hingga abad terbayar dengan pekik Merdeka! Sudah 74 tahun Indonesia merdeka dimana kehilangan segalanya bukan menjadi masalah asal kehidupan Indonesia selanjutnya tidak terjajah.

17 Agustus 1945, Soekarno-Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia di Jl. Pegangsaan Timur 56 yang memanfaatkan momen menyerahnya Jepang dari sekutu setelah hancurnya Hiroshima dan Nagasaki karena bom atom. Tangis haru air mata perlahan jatuh dari rakyat Indonesia karena kemerdekaan adalah hari yang selalu ditunggu.

Semangat inilah yang mungkin sekarang diadopsi oleh banyak pihak dalam perang di ranah yang berbeda, ranah bisnis. Seperti yang kita tahu, sekarang adalah zaman dimana bisnis tidak berbeda jauh dengan yang namanya medan perang saat dulu. Banyak produk atau jasa berlomba-lomba menjadi yang terbaik, menjadi yang disukai masyarakat hingga menjadi yang terawet dengan melakukan cara-cara yang berbeda. Salah satunya adalah ASUS.

Menurut Wikipedia, ASUS merupakan sebuah perusahaan berbasis teknologi di Taiwan yang memproduksi komponen komputer seperti papan induk, kartu grafis, dan notebook. Demi mempertahankan pasar, ASUS berinovasi untuk membuat produk lain seperti PDA, Telepon genggam, monitor LCD, tablet dan produk komputer atau laptop. Produk komputer atau laptop yang terakhir salah satunya adalah ASUS VivoBook Ultra A412DA, tipe VivoBook paling ringkas di kelasnya.

Mengingat setiap tanggal 17 Agustus kita merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan penuh warna selain warna merah putih, maka saya akan coba melakukan cocoklogi dengan membongkar 17 kehebatan ASUS VivoBook Ultra A412DA ini dan 8 poin tentang ASUS VivoBook Ultra A412DA cocok untuk siapa saja. Sebelumnya coba cocoklogi bikin 74 poin tetapi kebanyakan dan hasilnya tidak lebih dari 30 poin saja.

1. Merk Ternama

Modern ini, ASUS menjadi merk yang tidak perlu diragukan lagi kalau soal teknologi. Baik itu produk komputernya laptopnya, komponen komputer hingga ponsel pintarnya. Kualitas dari ASUS sudah terjamin yang membuat kustomer ASUS tidak was-was akan cepatnya terjadi kerusakan. Produsen Taiwan ini juga merupakan pemain lama di bidang teknologi.

2. Garansi Terjamin

Kalau kalian sering menggunakan produk-produk ASUS, kalian pasti sudah paham kalau ASUS berani memberikan garansi hingga 2 tahun untuk beberapa produk andalannya. Kalau ASUS VivoBook Ultra A412DA ini diberikan garansi 2 tahun. Garansi yang panjang inilah yang membuat konsumen lebih nyaman dalam mengggunakan produk-produk ASUS.

3. Harga Murah

Faktor utama kalian harus menggunakan produk ASUS. Dari kategori laptop, ASUS adalah produsen yang mampu menghadirkan laptop dengan harga murah tapi spesifikasi gahar dibanding kompetitornya. Ibaratnya, kalau untuk spesifikasi laptop dengan grafis A, di merk B kalian harus bayar 10 juta, tapi di ASUS kalian hanya bayar 9.5 juta, bahkan bisa kurang dari itu.

Untuk ASUS Vivobook Ultra A412DA sendiri ada dua, tergantung tipenya :

Rp. 6.599.999
  • Windows 10 Home
  • AMD Dual Core R3-3200U
  • RAM 4GB
  • Hardisk 1TB
Rp. 8.599.999
  • Windows 10 Home
  • AMD Quad Core R5-3500U
  • RAM 8GB
  • Hardisk 1TB

4. Service Center Banyak

Banyak disini adalah yang posisinya di kota-kota besar. Ya, memang di kota-kota besar, service center yang disediakan ASUS sangatlah banyak. Namun, ASUS tidak menutup kemungkinan untuk mempermudah konsumennya yang berada di daaerah pinggir kota dalam melakukan perbaikan di service centernya. Pertimbangan lain mungkin di daerah kalian, pengguna ASUS sangatlah sedikit jadi ASUS masih belum perlu membuka service center baru di daerah kalian itu.

5. Pilihan Produk Bervariasi

Saking seringnya ASUS mengeluarkan produk-produknya, tentu sebagai konsumen akan lebih diuntungkan dengan banyaknya pilihan meskipun memang kadang saya juga bingung harus pilih yang mana. Pilih ponsel ada Zenfone Live, Zenfone Selfie. Untuk laptop ada ROG Strix, ROG tipe ini, tipe itu dan masih banyak lagi. Semua sudah ada kelebihan dan kekurangannya sehingga sebagai konsumen kita harus pandai dalam menentukan apakah produk tersebut dapat sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak. 

6. Layar Luas Berkat NanoEdge

Nah, sekarang masuk ke detail dari ASUS VivoBook Ultra A412A. ASUS VivoBook Ultra A412A menggunakan layar tanpa batas atau ASUS menyebutnya desain NanoEdge. Desain ini, ASUS VivoBook Ultra A412A memberikan tampilan yang baru lebih bebas bezel yang membuat tampilan visual menjadi sangat luas untuk bekerja dan bermain. Detail ukuran layarnya 14.0″ (16:9) LED-backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC.

87%

screen-to-body-ratio

5.7mm

ultrasim bezel

14"

FHD display

7. Mudah Dibawa

Laptop ASUS VivoBook Ultra A412A memiliki dimensi 322 x 212 x 19.5 mm (panjang x lebar x tebal). Berkat desain NanoEdge inilah yang membuat dimensi ASUS VivoBook Ultra A412A jauh lebih kecil dari pendahulunya. Tentu membuat ruang kerja menjadi sedikit lebih luas. Tipe Vivobook paling ringkas di kelasnya. Hanya saja laptop ini tidak bisa diajak terbang, terbang bersama janji-janji manismu yang palsu.

8. Sangat Ringan

Dengan bobot hanya 1.5 kilogram, membuat ASUS VivoBook Ultra A412A tidak terlalu berat untuk digunakan pengguna yang memiliki mobilitas tinggi seperti saya. Sebagai content writer tentu saja suasana kerja sangat mempengaruhi tulisan sehingga saya perlu berpindah-pindah tempat kerja agar dapat mempertahankan kualitas tulisan. Untuk itulah, saya membutuhkan laptop yang ringkas dan ringan seperti ASUS VivoBook Ultra A412A untuk dibawa kemanapun saya kerja.

9. Desain Cantik

ASUS VivoBook Ultra A412A hadir dengan 4 warna yang cantik, ada Transparent Silver yang memberikan tampilan ramping dan canggih, Slate Gray untuk yang ingin tampil sederhana, Peacock Blue untuk yang ingin tampil penuh warna karena warna akan berbeda bila dilihat dari sudut pandang yang berbeda pula, terakhir ada Coral Crush untuk yang ingin tampil lebih cerah. 

Transparent Silver
Slate Gray
Peacock Blue
Coral Crush

Berbicara desain, ASUS Vivobook Ultra A412A mendapatkan desain ErgoLift. Ini juga merupakan terobosan terbaru dari ASUS. ErgoLift merupakan engsel yang ada di laptop ASUS yang kalau dibuka laptopnya, maka bagian bawah laptop akan terangkat membentuk sudut kemiringan sesuai keinginan. Jadi, kalau bahasa jawanya itu “njentit”. Dengan desain engsel seperti ini, mengetik akan jauh lebih nyaman dan tidak mudah capek. Skripsi langsung kelar dalam waktu sehari penuh. . .kalau tinggal edit judul karena salah ketik.

10. Sudah Terinstall Windows 10

Biasanya kalau kalian beli laptop pasti ada yang bilang ini laptop kosongan. Artinya bukan laptop yang tidak ada komponenya, tetapi laptop yang belum terinstall windows dan kalian harus install windows sendiri atau menggunakan jasa. Nah, dengan kalian membeli ASUS VivoBook Ultra A412A, kalian akan langsung mendapatkan windows 10 asli, jadi kalian tidak perlu repot lagi mencari jasa install windows yang bisa saja saat menginstall windows, laptop kalian diotak-atik seperti dimasukkan virus dan sebagainya. Ih ceyem!

11. Performa Maksimal

ASUS VivoBook Ultra A412A hadir dengan dua tipe RAM on-board, ada yang 4GB, ada juga yang 8GB dimana RAM tersebut sudah DDR4. DDR4 adalah tipe RAM terbaru yang dapat menghasilkan kecepatan maksimal dalam proses komputasi. Selain itu, tersedia slot kosong untuk kalian yang ingin menambah RAM lagi hingga 12 GB.

Dari sisi prosesor, ASUS VivoBook Ultra A412A menggunakan prosesor AMD Ryzen 3000 series, Ryzen 3 maupun Ryzen 5. Ryzen 3 memiliki 4 otak yang bekerja dalam kecepatan standar 3.6 GHz dan bisa ditingkatkan (boost) hinga 4 GHz. Lalu untuk pengolahan grafis, di dalamnya juga terdapat Radeon Vega 8 yang bekerja dalam kecepatan 1.250 MHz.

Sedangkan, kalau Ryzen 5 memiliki 4 inti pemrosesan dengan 8 threads dan cache 6 MB. Kecepatan standarnya ada di 3.7 GHz, dan bisa dinaikkan (boost) sampai 4.2 GHz. Menurut AMD, prosesor ini juga dibekali dengan logam thermal interface material (TIM) berkualitas tinggi, lalu mendukung precision boost overclocking.

Menggunakan kapasitas penyimpanan hingga 1TB membuat kalian tidak akan bingung lagi untuk menyimpan data-data yang banyak.

12. Bye-Bye Sinyal Wi-Fi Lemah

Dibekali dengan Wi-Fi Integrated 5 (802.11 ac (2×2)) membuat daya tangkap sinyal Wi-Fi lebih kuat. Tentu ini akan berakibat kepada baterai menjadi sedikit lebih hemat dan berselancar di dunia maya akan lebih terasa nyaman tanpa gangguan. Selani Wi-Fi yang super kuat, ASUS Vivobook Ultra A412DA juga dilengkapi dengan Bluetooth 4.2.

13. Keamanan Terjamin

ASUS VivoBook Ultra A412DA sudah menyediakan sensor fingerprint yang terletak di bagian touchpad laptop. Keberadaan sensor fingerprint ini akan membuat data-data kalian menjadi lebih aman. Selain itu, cocok untuk yang sering bekerja di tempat umum dimana keamanan menjadi hal nomor 1 yang wajib diperhatikan. 

Tak ketinggalan, ada teknologi namanya Windows Hello. Teknologi ini berhubungan dengan sensor fingerprint. Setelah pengguna berhasil melakukan proses login menggunakan fingerprint, maka Windows Hello akan langsung memprosesnya. Hal ini mempermudah pengguna agar tidak mengetik password lagi usai membuka menggunakan fingerprint. 

14. Keyboard Menyala

Keyboard ASUS Vivobook Ultra A412DA sudah menggunakan keyboard yang memiliki backlit ukuran penuh atau ada lampunya. Sangat cocok untuk bekerja di lingkungan yang redup atau minim cahaya. Key caps-nya juga telah diuji hingga 10.000 ketukan sehingga kalian tidak perlu khawatir soal daya tahan keyboardnya dan ada jarak 1.3 mm untuk memberikan rasa nyaman saat mengetik.

15. Konektivitas Lengkap

Butuh colokan di laptop yang banyak? Tenang saja. ASUS VivoBook Ultra A412DA membawa seabrek konektivitas untuk mendukung segala kebutuhan kalian. Diantaranya ada :

  • USB-C 3.1
  • USB 3.1
  • USB 2.0
  • HDMI
  • Security Slot
  • MicroSD Card Reader

Butuh apalagi? Kalau kalian butuh sandaran, sini sama saya saja.

16. Baterai Tahan Lama

Berkat teknologi baterai polimer-lithium berkualitas tinggi, ASUS Vivobook Ultra A412DA akan membuat kalian bisa menggunakannya lebih lama hingga mungkin bisa seharian. Selain itu, baterai ASUS Vivobook Ultra A412DA juga dilengkapi dengan teknologi pengisian daya baterai ASUS untuk membantu melindungi baterai dari pengisian yang berlebihan karena akan mengurangi umur baterai kalau diisi secara berlebihan. Baterainya hamil nanti. Siapa yang menghamili?

Fast charging

60%

dalam waktu 49 menit

Up to

3X

umur baterai lebih lama

17. Audio yang Memuaskan

Dari sisi audio, ASUS Vivobook Ultra A412DA membawa teknologi ASUS SonicMaster yang merupakan sebuah kombinasi dari perangkat keras, perangkat lunak dan penyetelan audio yang dirancang dengen tujuan untuk memberikan pengalaman audio terbaik yang pernah kalian dengar. Ada 5 tipe audio yang bisa kalian dengarkan sesuai kebutuhan :

  1. Music Mode
  2. Movie Mode
  3. Gamming Mode
  4. Recording/Speech Mode
  5. Manual Mode

Siapakah yang Cocok Menggunakan ASUS Vivobook Ultra A412DA?

Sebenarnya siapa saja cocok menggunakan laptop keren ini. Seperti slogan ASUS Vivobook Ultra A412DA, “Colorful Notebook” tentu menggambarkan kalau laptop ini dapat mendukung segala jenis pekerjaan, tidak hanya dilihat dari sisi warna ataupun desainnya saja.  Namun, disini hanya beberapa pekerjaan saja yang akan saya jabarkan karena menurut saya ini pekerjaan yang lagi naik daun zaman sekarang beserta bagaimana laptop ini mendukung pekerjaan tersebut :

  1. Content Writer, pekerjaan ini membutuhkan laptop dengan mobilitas tinggi karena biasanya pekerjaan ini dilakukan di tempat-tempat yang berbeda, tergantung mood sang content writer. Dengan bobot yang ringan dan bentuk yang ringkas, ASUS Vivobook Ultra A412DA sangat pas digunakan oleh seorang content writer. Multitasking untuk edit foto atau video dengan membuka banyak tab di Google Chrome nampaknya bukan menjadi masalah yang berarti untuk laptop ini.
  2. Guru, guru zaman sekarang semua tugasnya dilakukan menggunakan komputer. Mulai dari tugas rumah hingga rapot semua sudah terkomputerisasi. Bahkan, beberapa aplikasi yang disarankan oleh dinas pendidikan di daerah tertentu membutuhkan laptop yang sedikit garang. Dan, ASUS Vivobook Ultra A412DA dengan harga yang terjangkau mampu menjawab masalah ini.
  3. Desain Grafis, aplikasi edit foto dan video yang terkadang membutuhkan performa tinggi demi kelancaran kerjaan, ASUS Vivobook Ultra A412DA sudah cukup mumpuni. Bisa memilih yang versi Ryzen 5 dengan penambahan RAM agar lebih lancar.
  4. Wirausahawan, biasanya laptop hanya digunakan sebagai penyimpanan laporan-laporan bulaan terkait usahanya. Untuk yang usaha online, tentu saja laptop menjadi barang penting untuk kelancaran bisnisnya. Laptop ASUS Vivobook Ultra A412DA sudah cukup? Sangat cukup.
  5. Gamer, mungkin dari kalian yang sering bermain game-game zaman sekarang akan menganggap remeh laptop ini dan kalian akan bandingkan dengan performa dari laptop ASUS lain yaitu ROG. Tentu saja, dari segi harga sudah beda jauh. Nah, dengan harga yang lebih murah, kalian masih dapat bermain game-game zaman sekarang meskipun performa yang dihasilkan tidak sebagus laptop ASUS ROG.
  6. Karyawan, dokumen-dokumen kantor dan kelancaran bisnis kantor tidak akan terganggu kalau menggunakan laptop ASUS Vivobook Ultra A412DA. RAM yang besar ditambah luasnya kapasitas hardisk hingga 1TB tidak akan buat laptop ini lemot sehingga dapat mengganggu pembuatan dokumen kalian.
  7. Youtuber, pekerjaan yang digandrungi anak-anak muda zaman sekarang. Penghasilan yang diatas rata-rata karyawan kantoran di Indonesia dengan pekerjaan yang tidak perlu datang ke kantor ini tentu saja membuat semua orang ingin melakukannya. ASUS Vivobook Ultra A412DA bisa menajdi modal awal untuk melakukan proses editing video atau live streaming.
  8. Petani, dengan semakin majunya zaman, tentu semua orang harus dituntut untuk terus berkembang. Begitu juga petani. Tidak hanya bertani di sawah, petani juga dapat memanfaatkan teknologi laptop untuk menjual hasil taninya secara online demi menjangkau pasar yang lebih luas. ASUS Vivobook Ultra A412DA sudah sangat memadai untuk para petani.

Dengan mengusung desain ASUS Vivobook Ultra A412DA yang menyediakan warna, saya rasa laptop ini akan cocok digunakan untuk pria maupun wanita. Kemampuan yang oke punya ditambah dengan performa yang tidak malu-maluin, saya rekomendasikan ASUS Vivobook Ultra A412DA ssebagai laptop harian kalian. Selain itu, tentu saja harapan kedepannya, ide-ide juga kreativitas dari segala pekerjaan yang kalian tekuni dikombinasikan dengan performa ciamik ASUS Vivobook Ultra A412DA akan menghasilkan sesuatu yang berguna untuk Indonesia dan tentu saja akan membuat Indonesia lebih berwarna.

Tabel Spesifikasi ASUS Vivobook Ultra A12DA

  • AMD® Ryzen™ 5 3500U Processor 
  • AMD® Ryzen™ 3 3200U Processor

Windows 10 Home – ASUS recommends Windows 10 Pro

  • 4 GB DDR4 2400MHz SDRAM Onboard memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion, up to 12 GB SDRAM
  • 8 GB Onboard memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion, up to 12 GB SDRAM

14.0″ (16:9) LED-backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC

Hard drive:
1TB 5400 rpm SATA HDD

  • Chiclet keyboard 
  • Illuminated chiclet keyboard
  • Wi-Fi
    Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac (2×2)) 
  • Bluetooth
    Bluetooth® 4.2
  • 1 x COMBO audio jack 
  • 1 x Type-A USB2.0 
  • 1 x USB 3.1 Type C port(s)
  • 1 x Type-A USB 3.1 (Gen 1) 
  • 1 x HDMI 

2 -Cell 37 Wh Battery

Plug type :ø4 (mm)
Output :
19 V DC, 2.37 A, 45 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal

322 x 212 x 19.5 mm (WxDxH)

1.5 kg with battery

Leave a Comment