Kontak Saya Paid Review | Content Placement | Digital Promotion.

Rammang-Rammang Maros, Keajaiban Tersembunyi yang Ada di Sulawesi

Bicara soal destinasi wisata yang epic, Indonesia memang jagonya. Di tanah Ibu Pertiwi ini, banyak pemandangan alam yang keindahannya sulit diungkapkan dengan kata-kata. Tempat-tempat tersebut benar-benar mampu membuat siapapun yang melihatnya menjadi takjub bukan kepalang. Tempat-tempat yang menakjubkan itu, terbentuk berkat geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau. Selain itu Nusantara juga berada di area ring of fire atau lingkar api pasifik, sebuah area yang dilintasi garis rawan gempa dan gunung berapi.

rammang-rammang maros

Dari sekian banyak tempat-tempat dengan pemandangan yang menakjubkan yang ada di Indonesia, salah satunya berada di Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan yang letaknya hanya sekitar 40 km dari Kota Makasar. Dalam bahasa setempat, Ramang sendiri memiliki arti sekumpulan awan atau kabut. Menurut penduduk setempat, nama ini diambil karena daerah tersebut memang selalu tertutup kabut atau awan saat di pagi hari atau ketika hujan turun.

Tapi tunggu dulu, bukan pemandangan berkabut ini yang akan dimaksud dalam tulisan ini, melainkan sebuah pemandangan yang akan sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Di kawasan ini terdapat pegunungan karst yang menjulang tinggi seluas 40 ribu ha. Sejauh mata memandang, kamu akan menemukan batuan karst. Bahkan, batuan karst pun bisa ditemukan di pematang sawah dan perairan. Ukurannya dan bentuknya pun ada beragam. Ada yang menyerupai menara, benteng, yang sampai membentuk pecahan meteor yang bisa kamu lihat di film-film bergenre science fiction. Makanya, tempat ini pun sering dijuluki sebagai Taman Hutan Batu Kapur.

Menariknya, batu-batu berwarna hitam dan abu itu berapdu dengan hujaunya vegetasi yang tumbuh disekitarnya seperti sawah dan tumbuhan liar. Jadi selain eksotis, pemandangan di pegunungan ini pun sangat menyegarkan. Apalagi saat hutan batu tersebut diselimut kabut, pemandangan akan semakin menakjubkan. Kamu pun seolah dibawa ke dalam sebuah dunia fantasi.

Baca Juga :  Apartemen Dijual di Jakarta Timur Fasilitas Lengkap

Hebatnya, pegunungan kapur yang ada di Rammang-Rammang ini adalah salah satu yang terbesar dan terluas selain pegunungan kapur yang ada di Tiongkok. Bahkan jika dilihat dari tingginya tingkat eksplorasi kapur yang ada di Tiongkok, banyak literatur yang mengatakan kalau pegunungan karst di Maros pun menjadi lebih besar daripada gunung Karst di Tiongkok.

Untuk memasuki ‘dunia fantasi’ yang ada di dalam pegunungan karst Rammang-rammang ini, kamu bisa menelusuri sungai Pute dengan sebuah perahu yang bisa di dapat di dermaga Rammang-rammang atau dengan berjalan kaki. Semakin dalam kamu memasuki taman hutan batu kapur ini, kamu pun akan semakin mendapatkan sebuah perjalanan yang menakjubkan dan menebarkan. Kamu akan menyusuri sungai yang dihimpit batuan besar, sampai masuk ke sungai yang ada di dalam goa.

Selain itu, kamu bisa melihat jejak misterius di Goa Telapak Tangan. Sesuai namanya, di dinding goa ini terdapat beberapa jejak telapat tangan yang belum bisa dipastikan siapapemilik tangan tersebut. Namun kabar yang beredar menyebutkan kalau goa tersebut sudah ada sejak jaman prasejarah. Kalau dilihat dari jumlah telapak tangan yang ada di sana, sepertinya pemilik cap telangan di goa tersebut lebih dari satu orang.

Goa Telapak Tangan yang ada di Rammang-rammang ini pun bukan satu-satunya. Jika kamu masuk semakin dalam, kamu pun akan menemukan goa-goa peninggalan jaman prasejarah lainnya.

Baca Juga :  Cara Aman Berfoto dengan Komodo

Belum cukup sampai di situ, di dalam Taman Hutan Batu Kapur Rammang-Rammang juga terdapat sebuah telaga air tawar yang airnya sangat jernih. Namanya tekaga bidadari. Konon, sumber air yang satu ini ini sering dikunjungi oleh para bidadari untuk membersihkan diri. Namun untuk menemukan telaga ini cukup sulit jika kamu mencarinya sendiri karena letaknya sangat tersembunyi di atara batuan-batuan karst. Namaun dengan arahan pemandu, kamu akan menemukan telaga ini dengan mudah.

Sebagai tambahan, di Rammang-Rammang juga terdapat sebuah perkampungan adat bernama kampung Berua yang masyarakatnya sangat arif. Desa yang letaknya cukup terisolir oleh pegunungan karst ini masih sangat otentik. Rumah-rumah penduduknya pun masih berupa rumah panggung yang dibuat dari kayu.

Untuk menelusuri semua keunikan dan keajaiban yang ada di Rammang-Rammang, sebaiknya kamu datang ke tempat ini sejak pagi karena petualangan di Taman Hutan Batu Kapur ini membutuhkan waktu selama berjam-jam. Selain itu, suasana pagi hari di tempat ini pun sangat mempesona dan natural sehinnga sangat rugi jika kamu datang ke sini terlalu siang.

Untuk memastikan seberapa epic pemandangan yang ada di Rammang-Rammang, sebaiknya kamu segera berkunjung ke tempat ini. Untuk mencapainya, kamu hanya perlu rajin mencari Info tiket pesawat promo ke Makasar. Kalau kamu berasal dari Jakarta, beberapa maskapai penerbangan murah seperti Citilink bisa jadi pilihan. Untuk itu, pesanlah tiket Citilink di Reservasi.com agar kamu bisa mendapatkan penerbangan ke Makasar dengan penawaran harga terbaik.

One Response

Leave a Reply