Rahasia Menjadi Single Bahagia dan Sehat Bersama Ruangguru

Posted on

Berbicara soal kesehatan, tentu tidak ada yang ingin merasakan namanya sakit. Bahkan, ada lagu yang memiliki lirik seperti ini, “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi ini“. Kalian pilih sakit hati atau sakit gigi?

Kalau saya memilih sehat-sehat saja, jangan sakit, sakit itu tidak enak biar yang mau sakit saja. Kenapa saya tidak memilih sakit hati atau sakit gigi? Karena memang sama tidak enaknya.

Sakit hati itu membuat kita kepikiran, kepikiran biasanya stres, stres biasanya tidak mau makan, tidak mau makan berarti tidak ada tenaga di tubuh kita, akhirnya jatuh sakit. Kalau sakit gigi semua pasti bisa merasakan bagaimana rasanya, sakitnya minta ampun.

Anak Muda Rentan Terkena Penyakit

Menurut artikel yang tertera di situs Liputan6, Dr. dr. Anwar Santoso, SpJP(K), FIHAM, FACC menyebutkan bahwasannya gaya hidup anak muda sekarang berbeda sekali dengan anak muda zaman dahulu.

Faktor risiko seperti merokok, meningkatnya gangguan kolesterol, tekanan darah yang meninggi diderita oleh banyak anak muda zaman sekarang.

Nah, memang benar sekali kalau zaman sekarang, merokok merupakan gaya hidup anak muda yang sering kita jumpai, bahkan anak kecil pun sudah merokok.

Selain itu, masih mengutip pada artikel yang sama, kalau dalam kesempatan itu Anwar juga membeberkan data jumlah kasus penderita penyakit tidak menular (PTM) lainnya yang sungguh memprihatinkan :

Penyebab hipetensi mungkin tidak hanya dari gaya hidup, tetapi juga banyak masalah banyak pikiran, seperti saya. Banyak masalah yang dipikir adalah pintu utama bisa terkenanya penyakit hipetensi. Saya sepertinya sudah kena juga, oleh karenanya saya sekarang mulai mengatur pemikiran yang harus diproses oleh otak saya sehingga stres bisa perlahan menghilang.

Kedua adalah kolesterol yang mana ini kebanyakan dari kita anak muda yang memiliki nafsu makan tinggi tapi malas untuk bergerak. Makan terus tapi minim gerak atau olahraga, hasilnya pembuluh darahnya tersumbat oleh lemak-lemak jahat dan nakal yang membuat aliran darah menjadi kurang lancar.

Gula merupakan sumber kekuatan untuk tubuh kita, tetapi kalau kebanyakan tentu saja bisa menyebabkan kencing manis. Tapi, kalau kencing batu bukan berarti sering makan batu.

Kalau merokok bagaimana?

Sangat menyedihkan memang, tetapi banyak cara sudah ditempuh oleh pemerintah guna mengurangi pengguna rokok di Indonesia, seperti memberikan gambar seram dampak merokok, atau baru mengizinkan iklan rokok tayang diatas pukul 10 malam.

Tetapi, memang kalau usaha pemerintah ini tidak didukung oleh masing-masing orang tua anak nampaknya akan percuma saja. Orang tua yang terlalu cuek kepada anak sehingga gaya hidup anak tidak terkontrol adalah salah satunya.

Selain itu, ketergantungan anak kepada gadget sangatlah tinggi yang membuat dunia mereka menjadi sedikit tertutup kepada orang tuanya. Apakah hal ini akan terus berlangsung mengingat perkembangan teknologi semakin kesini semakin canggih?

Saya Waspada

Kenapa kok saya bilang waspada? Karena usia saya adalah usia produktif yang mana kurang bisa diam (bukan hiperaktif) untuk terus bekerja sepanjang hari. Sayangnya, produktifnya depan laptop atau komputer jadi bisa dipandang kalau saya adalah orang produktif yang sering duduk.

Duduk kok waspada?

Sering duduk itu tidak sehat. Apalagi duduk terlalu lama depan laptop atau komputer, selain tulang terus melengkung, darah yang mengalir juga bisa dibilang akan kurang lancar dibanding dengan kita berdiri. Belum lagi mata menjadi semakin minus. Cukup penghasilan saja yang minus, mata jangan.

Sebagai seorang yang ngakunya blogger, produksi artikel sangatlah penting. Belum lagi kejar-kejaran dengan deadline dari klien yang mintanya ini itu dengan bayaran yang minim. Blogger itu ya dibayar, tapi kalau masih baru seperti saya sih bayarannya masih sedikit. Buat beli camilan di Hanamasha sih ya cukup-cukup aja, aseq.

Jangan dikira membuat artikel itu bisa cepat, perlu adanya riset, menentukan kata kunci, membuat artikel, menambahkan data, buat grafis, hingga membagikan ke pembaca. Abot rek karena informasi yang harus diberikan kepada pembaca itu benar adanya dan bisa dipertanggungjawabkan.

Belum lagi kalau ada lomba blog, bisa-bisa seharian itu duduk terus, berdiri atau gerak cuman untuk makan, mandi, dan ibadah. Oleh karena itu, saya butuh “pembimbing” yang praktis dan cepat meski saya harus berkutat dengan kegiatan ngeblog saya.

Saya Perlu Belajar Hidup Sehat

Karena capek, saya pun rebahan sejenak agar punggung-punggung ada waktu untuk bernafas dan mencoba cara merefresh otak juga pikiran biar tidak suntuk. 10 menit berselang, iseng buka-buka ponsel, eh menemukan informasi keren cara hidup sehat yang praktis dan kekinian karena selain praktek, ada materinya juga jadi pengetahuan kita akan bertambah.

Informasi hidup sehat ini berasal dari aplikasi Ruangguru yang sudah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Tidak hanya itu, selain memberikan pengetahuan untuk anak-anak sekolah, juga tidak lupa tentang gaya hidup sehat terutama untuk anak-anak muda yang mana pertumbuhannya itu dimulai. Apalagi gaya hidup sekarang bisa dibilang “kalau tidak bisa menjaga akan terjerumus” seperti merokok saat SD, atau tawuran saat SMP SMA.

Orang-Orang Keren dibalik Ruangguru

Eits, selain untuk murid-murid sekolah, ruangguru yang didirikan tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengajar secara online. Untuk kalian yang memiliki pendidikan tinggi misalnya sudah lulus kuliah dan ingin mengisi waktu luang, kalian bisa mendaftar sebagai guru di ruangguru. Jadi, ruangguru adalah wadah untuk murid-murid dan guru-guru secara online untuk terus menggali ilmu setinggi mungkin.

Karena memang saya butuh untuk menunjang gaya hidup saya yang bisa dibilang kurang sehat ini, saya pun mengunduh dan memasang aplikasi ruangguru dan mencari menu Hidup Sehat biar tidak mudah sakit-sakitan, jadi hidup seimbang, kerja oke sehat terus.

Cara Hidup Sehat Ala Ruangguru

  1. Saya membuka ponsel saya dan menginstall aplikasi Ruangguru lewat App Store.
  2. Setelah terinstall dengan baik, saya membuka dan muncul muka saya (Iqbal CJR yang mirip saya) dan muncul menu-menu utama seperti ada ruangbelajar, digitalbootcamp, ruangles, dan ruanglesonline. Saya pilih yang ruangbelajar.
  3. Muncul tampilan berikutnya yang mana harus memilih kelas. Setelah saya telusuri, menu Hidup Sehat ada mulai kelas VII (yang ada K13 Revisi) SMP, bawah itu tidak muncul karena mungkin tumbuh kembang kehidupan dimulai sejak SMP karena akan lebih banyak teman dan mengenal banyak informasi.
  4. Saya cari kebawah ternyata ada menu Hidup Sehat, Yuk!, maka hidup sehat saya pun akan segera dimulai.

Sangat mudah, kan?

Tentu saja karena ruangguru menempatkan menu-menu yang memang dibuat agar memudahkan penggunanya terutama orang tua dan murid-murid SD, SMP yang kurang mengenal teknologi. Dalam fitur Hidup Sehat, Yuk! ada 4 jenis tantangan seperti gambar dibawah ini :

Karena memang saya hampir bisa dibilang sudah remaja senior, maka saya memilih menu Gizi Seimbang (nomor 3). Disitu ada 7 tahapan dimana saya bisa mempelajari bagaimana makanan yang harus dimakan, gizi yang seimbang, hingga aktivitas fisik yang harus saya lakukan agar hidup sehat. Jadi, yang saya harapkan adalah ketika saya sudah menyelesaikan berbagai macam tantangan soal Gizi Seimbang ini, badan saya menjadi lebih bugar dan tidak mudah capek. Oh ya, semua harus runut, tidak bisa loncat. Misalnya di langkah 2 harus diselesaikan terlebih dahulu menonton video sebelum menjawab kuisnya. Berikut lebih detailnya :

Eh, sebelum masuk materi, saya coba kasih 2 pertanyaan dan 1 informasi dulu ke kalian, coba jawab 2 pertanyaan ini di kolom komentar. Berikut pertanyaan dan informasi pentingnya (klik gambar kalau tidak kelihatan) :

Langkah 1 : Latihan Topik

Dalam latihan topik ini, saya diharuskan menjawab berbagai macam pertanyaan soal tumbuh kembang manusia, mulai dari hormon-hormon, pola hidup sehat, dan masih banyak lagi dimana ini soal-soalnya ada 10 nomor. Kalian bisa selesaikan tanpa ada batas waktunya, tentu semakin cepat semakin baik. Setelah menjawab soal-soal tersebut, kalian bisa mengumpulkannya dan akan nampak berapa hasil yang didapatkan.

  1. Buka pilihan Latihan Topik
  2. Muncul tampilan untuk Daftar kalau kalian belum daftar, kalau sudah tinggal Login. Isikan data diri kalian.
  3. Masukkan kota juga provinsi. Selanjutnya kalian bisa menambahkan data orang tua juga nomor telepon, namun langkah ini bisa kalian lewati.
  4. Silahkan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan.

Sebenarnya ada juga pembahasan soal-soal ini tetapi kita harus berlangganan. Jadi, kalau kalian ingin lebih mengerti mana salahnya dan kenapa kok bisa salah dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan, kalian bisa langganan ruangguru untuk mendapatkan pembahasan semua pertanyaan yang ada.

Langkah 2 : Pedoman Gizi Seimbang

Berbeda dengan langkah 1, langkah 2-6 kita disediakan 2 video yang harus kita tonton kemudia kita diberi kuis pertanyaan yang mana jawabannya ada didalam video tersebut. Jadi, simak baik-baik video yang ada, dan kuisnya akan langsung muncul pembahasannya tanpa kita harus berlangganan terlebih dahulu. Oh ya, videonya lucu-lucu jadi tonton saja.

Langkah 3-6 Bentuknya Sama

Jadi ada 2 video terus jawab 2 kuis, jadi kebawah nanti akan hanya nampak screenshot dan penjelasan tidak detail tiap langkahnya.

  • Langkah 3 : menjelaskan bagaimana memilih makanan-makanan yang baik untuk tubuh, jadi tidak sembarangan untuk membuat perut kita kenyang. Harus dijaga. Tak kalah pentingnya ternyata 4 sehat 5 sempurna itu berbeda dengan gizi seimbang dan jawaban pertanyaan nomor 2 ada di langkah 3 ini, lho!
  • Langkah 4 : kebersihan adalah sebagian dari Iman. Gaya hidup sehat bisa dimulai dari kamar kalian yang harus selalu dibersihkan, meluas hingga ke lingkungan sekitar. Cuci tangan sebelum makan dan sesudah bersalaman dengan mantan agar kuman-kuman masa lalu tidak menjangkiti kehidupan kita kedepannya.
  • Langkah 5 : melihat beragam aktivitas fisik yang bisa dilakukan agar tubuh kita terus bergerak dan ini tentu akan memperlancar peredaran kita ke seluruh tubuh. Lari dari masa lalu tidak termasuk ke aktivitas fisik, ya. Disinilah saya paham ternyata aktivitas fisik itu banyaakkkkk sekali macamnya!
  • Langkah 6 : menjaga berat badan adalah hal tersulit kedua setelah melupakan pacar pertama. Berat badan berlebih sangatlah tidak baik untuk kesehatan, apalagi kebanyakan timbunan lemak-lemak jahat sejahat kamu bilang “aku terlalu baik untukmu“.
  • Langkah 7 : berisi rangkuman atau catatan dari Ruangguru terhadap bagaimana kinerja kita dalam melewati tantangan Gizi Seimbang ini.

Nah, kalau kalian memaksa untuk lanjut ke langkah berikutnya tanpa menyelesaikan langkah sebelumnya, maka akan muncul peringatan seperti gambar terakhir :

Ternyata setelah belajar hidup sehat ala Ruangguru, pengetahuan saya bertambah soal bagaimana memilih gizi yang seimbang, terus makanan apa saja yang mengandung gizi paling baik untuk tubuh, gaya hidup sehat yang harus dijalani dan aktivitas fisik apa saja yang cocok untuk remaja seperti saya. Penyampaiannya dalam video juga sangatlah mudah dipahami oleh anak seumuran (sesuai kelas yang dipilih diawal), dan tentu saja penggunaannya tidaklah susah. Sangat sangat mudah.

Hal paling penting pertama adalah bagaimana memilih bahan makanan dan cara mengolahnya agar tetap mengandung gizi baik untuk tubuh, sebab selama ini memang untuk makanan sendiri saya kurang memperhatikannya, yang pasti itu bisa mengenyangkan perut ya sikat saja. Ternyata memang ada cara sendiri dalam mengolahnya agar tubuh tidak terkontaminasi banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya.

Hal kedua yang menurut saya penting adalah materi tentang aktivitas fisik. Karena aktivitas fisik sendiri dapat mengurangi lemak jahat yang mengendap di aliran darah kita dan membuatnya mampet atau kurang lancar. Selain itu, tulang-tulang kita agar terus lemas dan tidak kaku, sehingga terus kuat untuk melakukan kegiatan apapun.

Terus, apa hubungannya dengan status single happy, mas?

Begini. Kalau status kita masih sendiri atau single, tentu kita tidak akan keluar bareng pacar, kan? Biasanya kalau kita sudah keluar bareng pacar, kita pasti akan makan berdua. Kalaupun jarang makan mungkin kamunya lagi bokek. Nah, kalau makan kemungkinan besar, makanan pacar kita itu yang habisin ya kita sendiri. Itulah awal kita tidak menjaga berat badan dan pola makan kita yang bisa-bisa menjadi gumpalan-gumpalan penyesalan karena lebih memilih “sayang makanan tidak dihabiskan” daripada kesehatan diri sendiri.

Selain itu juga kalau keluar sama pacar biasanya akan pulang larut malam yang membuat pola tidur tidak teratur. Akibatnya pagi susah untuk bangun dan berolahraga. Tidak olahraga atau aktivitas fisik membuat lemak-lemak jahat dalam tubuh menjadi menggumpal dan menghambat aliran darah kita. Serem, kan? Untuk itulah jangan terlalu meratapi nasib untuk menjadi single. Single tapi happy. Lihat sisi baiknya,

Kesimpulannya, ruangguru selain untuk belajar dari berlangganan video pembelajaran, marketplace les privat, layanan bimbingan belajar on-demand, tryout ujian online, dan lain-lain, juga harus diimbangi dengan adanya informasi soal gaya hidup sehat agar otak dan tubuh kita terus bekerja sehingga penyakit-penyakit menjadi malas untuk mendekati kita. Cukup penyakit saja yang malas mendatangi aku, cewek-cewek jangan.

Ingin menjadi single yang happy dan terus sehat? Yuk segera download Ruangguru di :

Playstore | App Store

Tidak ada alasan untuk menjadi single bahagia meskipun tidak ada yang mengingatkan makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *