PRUprime Healthcare Syariah, Jaminan Kesehatan Masa Kini - Dirga

PRUprime Healthcare Syariah, Jaminan Kesehatan Masa Kini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

men sana in corpore sano

Menurut Wikipedia, Mens sana in corpore sano, adalah sebuah kalimat dalam bahasa Latin yang artinya adalah “Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat.” Pasti, diantara kita sudah mengerti soal arti kalimat diatas karena memang sudah diajarkan sejak duduk di sekolah dasar. Tak bisa dipungkiri bahwasannya kesehatan menjadi kebutuhan nomer 1 manusia.

Berbicara soal kesehatan, tentu juga tidak lepas dari yang namanya sebuah asuransi kesehatan atau jaminan kesehatan. Meskipun tidak banyak yang memiliki asuransi kesehatan, tetapi adanya sebuah asuransi kesehatan bisa dibilang dapat memudahkan kita ketika membutuhkan biaya kesehatan yang banyak. Dengan menggunakan asuransi kesehatan, bisa saja masalah biaya kesehatan yang sering ditakuti masyarakat kita, sudah tidak menjadi momok karena akan dibayarkan oleh pihak asuransi kesehatan

Prudential Syariah – Always Listening Always Understanding

tunjungan plaza 5

Nah, tepat tanggal 16 Mei 2017, salah satu penguasa pangsa pasar industri asuransi kesehatan di Indonesia, PT Prudential Life Assurance merayakan Prudential 10th anniversary (#PRUsyariahUntukSemua) berjalannya asuransi jiwa syariah di Indonesia. Untuk melengkapi produk asuransi jiwa syariah tersebut, Prudential juga meluncurkan produk terbarunya yaitu PRUprime healthcare syariah yang tidak jauh menyimpang dari asuransi jiwa rawat inap komprehensif berbasis syariah.

PRUprime healthcare syariah sendiri dijelaskan ketika Prudential mengadakan acara silaturahmi dengan media dan blogger di Surabaya 16 Mei 2017 yang bertempat di kantor Sales Prudential, tepatnya Pakuwon Center Tunjungan Plaza 5 lantai 10, Surabaya. Beruntung bagi saya untuk mendapatkan undangan menghadiri acara tersebut.

Undangan tertera pukul 10.00 hingga 11.30. Karena, acara mepet dengan jam buka Tunjungan Plaza, saya sempat terkunci di tempat parkir mobil karena pintu masuk masih digembok. Beberapa saat kemudian, pintu dibukakan oleh pihak Tunjungan Plaza dan langsung menuju ke kantor Sales Prudential di lantai 10.

Segera registrasi dan nampak masih belum banyak yang datang, tetapi beberapa pihak media sudah siap di lobby. Beberapa menit kemudian, para undangan satu-persatu menampakkan batang hidungnya hingga pihak Prudential mempersilahkan masuk ke ruang acara.

lobby prudential

Lobby Prudential

Narasumber

Sebelum acara inti, tentu diberitahukan narasumber yang hadir.

[tie_list type=”heart”][/tie_list]Ibu Nini Sumohandoyo – Corporate Marketing, Communications and Sharia Director Prudential Indonesia.

[tie_list type=”heart”][/tie_list]Bapak Anda Wijaya – Regional Agency Development Director.

[tie_list type=”heart”][/tie_list]Bapak Ahmad Nuryadi Asmawi – Anggota Dewan Pengawas Syariah Prudential Indonesia.

[tie_list type=”heart”][/tie_list]Bapak Paradikma Subawa – Product Planning and Development, Prudential Indonesia.

[tie_list type=”heart”][/tie_list]Bapak Bondan Margono – Asisstant Vice President Market Research & Intelligence Prudential Indonesia.

narasumber

Penjelasan pertama oleh Ibu Nini Sumohandoyo yang memaparkan tentang bagaimana Prudential beroperasi di Indonesia selama ini. Beliau menjelaskan kalau Prudential sudah berdiri selama 22 tahun. Kalau Prudential Syariah sendiri berdiri pada bulan September tahun 2007. Dan hebatnya, tahun 2008 Prudential Syariah sudah memimpin pasar hingga saat ini dengan jumlah agen mencapai 250 yang sudah memiliki sertifikat syariah.

Ibu Nini juga bilang kalau aset akhir pada tahun 2016 sudah menyentuh angka RP.3,04 triliun dan polis tahun 2016 sebesar 510.000 yang aktif. Kontribusi bruto dana tabarru per akhir tahun 2016 pun tak main-main, sebesar Rp. 2,2 triliun.

prudential syariah

Penjelasan selanjutnya adalah mengenai produk terbaru Prudential yaitu PRUprime healthcare syariah yang diluncurkan tepat tanggal 16 Mei 2017 yang tentu saja akan menawarkan berbagai program dengan keunggulan yang inovatif, dimana salah satunya adalah soal fitur yang mana Prudential Indonesia akan membayarkan semua biaya rumah sakit sesuai tagihan yang tertera. Dan, tentu saja ini akan membuat nasabah menjadi lebih tenang dan bisa fokus kepada pemulihan kesehatannya. Mantap soul.

Nah, sebelum masuk pengenalan produk PRUprime healthcare syariah lebih dalam, sedikit penjelasana kenapa sih haru memilih Prudential untuk asuransi kesehatan kita. Jadi, Prudential sendiri sudah mendapatkan 12 awards atau penghargaan di tahun 2016 dan sudah banyak di tahun sebelum-sebelumnya, dengan khusus untuk syariah dari tahun 2007 hingga 2017 mencapat kurang lebih 30 awards. Sangar.

Penghargaan

Berbagai penghargaan yang diterima Prudential selama tahun 2016. Total Penghargaan Prudential Tahun 2016 adalah sebanyak 12 penghargaan.

penghargaan prudential

The Net Promoter Score (NPS) Leader 2016 under the category of Life Insurance.
Peringkat I – Digital Brand Unit Link(First Rank – Digital Brand Unit Link).
The HR Asia Best Companies to Work for in Asia, Top 20 Companies – Indonesia’s Best Employers.
Pelaku Usaha Jasa Keuangan yang Telah Melaksanakan Prinsip-prinsip Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan Berdasarkan Self Assessment Tahun 2015.
Indonesia Most Admired Companies 2016 Insurance Category.

 

1st Rank The Most Profitable Investment Islamic Life Insurance, Sharia Unit – Asset > IDR 250 Billion.
1st Rank The Best Islamic Life Insurance Sharia Unit – Asset > IDR 150 Billion.
Indonesia Digital Popular Brand Award 2016 untuk Kategori Asuransi.
Indonesia Digital Popular Brand Award 2016 untuk Kategori Asuransi Kesehatan.
Insurance Award 2016 by Media Asuransi Best Life Insurance 2016, Ekuitas Rp2,5 Triliun ke Atas.
Corporate Image Awards 2016 Category Big Life Insurance(Total Assets > 20 Trillion).

 

Selain 12 penghargaan di tahun 2016, masih banyak sekali penghargaan yang didapatkan oleh Prudential di tahun 2005 hingga 2016. Masih ragu?

prudential syariah

Tapi, apakah Anda sudah tahu sebenarnya bagaimana akad asuransi syariah yang ada di Indonesia? Jadi, menurut Bapak Ahmad Nuryadi Asmawi, selaku Anggota Dewan Pengawas Syariah Prudential Indonesia sebagai pembicara kedua mengatakan kalau prinsip dasar asuransi syariah adalah karena tolong-menolong. Nah, dalam Prudential Syariah sendiri ada 2 akad yang memiliki landasaran syariah :

  1. Akad Tijarah (Mudharabah), dimana ini adalah akad yang dikerjakan oleh nasabah Prudential dengan Prudential Syariah. Prudential Syariah akan bertindak menjadi pengelola (mudharib), dan nasabah bertindak menjadi polis (shohibul maal).
  2. Akad Tabarru’ (Hibah), akan yang terjadi antar nasabah. Dalam hal ini, nasabah dapat memberikan hibahnya yang bisa dipergunakan untuk menolong nasabah lain yang sedang tertimpa musibah.

Lantas dananya apakah akan diawasi? Tentu saja. Hal ini berbeda dengan asuransi konvensional, dimana tidak ada yang secara khusus mengawasi praktek pengelolaan keuangannya. Dalam Prudential syariah, pengelolaan keuangan & operasi perusahaan diawasi secara ketat oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) agar nantinya tidak bersimpangan dengan kaidah dan aturan Islam.

Penjelasan lebih detail produk PRUprime healthcare syariah akan dijelaskan oleh Bapak Paradikma Subawa, selaku Product Development Prudential Indonesia  Ketika ingin memilih PRUprime healthcare syariah, tentu harus tahu keunggulan unik lain yang ditawarkan, yaitu PRUprime limit booster yang dimana ini adalah dana tambahan apabila semua batas manfaat tahunan sudah terpakai. Bilamana digabungkan nanti dengan batas manfaat tahunan, maka PRUprime limit booster akan memberikan dana tambahan hingga sejumlah Rp. 35 miliar, yang mana ini adalah dana tambahan terbesar di Indonesia.

prudential syariah

Selain PRUprime limit booster, ternyata kelebihan lainnya adalah perlindungan secara global atau global coverage. Keunggulan ini nasabah dapat menjalani perawatan inap dengan kondisi darurat di Amerika Serikat. Produk ini juga membuat nasabah lebih dipermudah karena dapat menggunakan fasilitas perawatan di Indonesia, Singapura, dan Malaysia secara cashless hanya dengan menunjukkan kartu PRUprime healthcare syariah saja. Tanpa keluar uang sendiri.

Ada lagi kelebihan yang keren juga, yaitu PRUprime healthcare syariah memberikan manfaat yang berkembang dengan menambahkan 10% dari batas manfaat tahunan awal bila tidak ada klaim selama setahun polis berjalan dengan penambahan maksimal mencapai 50% dari batas manfaat awal.

Selain itu, perlu juga diketahui kalau di PrudentialSyariah, nasabah akan mengenal dengan istilah “Risk Sharing” atau “Berbagi Resiko“, yang memiliki arti bahwa tiap nasabah akan saling tolong-menolong & dapat menerima pertolongan bilamana sedang mengalami musibah sesuai dengan jumlah premi yang dibayarkan.

Berseberangan dengan Prudential Syariah, asuransi konvensional termasuk Prudential juga memiliki istilah yang dikenal dengan “Transfer Resiko”, yang artinya adalah pengalihan resiko dari nasabah kepada perusahaan asuransi. Perusahaan akan menjadi pihak Penanggung, sedangkan nasabah menjadi pihak Tertanggung. Nasabah wajib untuk membayar iuran atau premi dengan jumlah tertentu kepada Penangung dengan akad jual beli. Penanggung inilah yang nantinya akan mengelola premi tersebut dan menanggung resiko yang terjadi terhadap Tertanggung.

Tetapi, memang pada umumnya, keuntungan yang diperoleh akan menjadi milik perusahaan asuransi. Nah, di Prudential Syariah, kelebihan dana dan juga keuntungan akan dibagi antara perusahaan dan nasabah. Pembagian ini dinamakan Surplus Sharing dimana nasabah yang polisnya masih aktif dan tidak melakukan klaim akan mendapatkan hak untuk memperoleh komisi hasil dari keuntungan tersebut dalam tiap periode dengan hitungan 30% ditahan sebagai dana cadangan tabarru’, dan 70% sisa dibagikan kepada nasabah dan perusahaan, dengan detail pembagian: 80% dibagikan ke nasabah dan 20% sisanya dibagikan ke perusahaan.

Syarat Ikut Prudential Syariah

Ingin bergabung dengan PRUprime healthcare syariah? Cek saja syarat ikut Prudential syariah berikut ini :

  1. Mulai usia 1 bulan hingga usia 65 tahun (ulang tahun berikutnya).
  2. Masa perlindungan yang dapat dipilih sampai dengan usia 55 tahun, 65 tahun, 75 tahun, atau 85 tahun (ulang tahun berikutnya).
  3. Tersedia dalam mata uang rupiah.
  4. Memenuhi kriteria minimum Santunan Asuransi untuk manfaat meninggal dunia per polis.
  5. Maksimum manfaat harian sesuai plan yang dipilih.
  6. 1 peserta yang diasuransikan hanya boleh memiliki maksimal 1 asuransi kesehatan sejenis di Prudential.
  7. Memenuhi kriteria financial underwriting yang berlaku di Prudential.

Adapun pengecualian yang berlaku untuk tidak mendapatkan manfaat PRUprime healthcare syariah kepada nasabah diantarnya :

  • Menderita penyakit atau dalam kondisi yang telah ada sebelumnya (pre-existing condition).
  • Menderita 18 penyakit tertentu dalam 12 bulan pertama sejak tanggal berlaku PRUprime helathcare syariah, atau tanggal pemulihan terakhir sesuai dengan ketentuan pada polis.
  • Perawatan yang terjadi dalam masa tunggu 30 hari, kecuali karena kecelakaan.
  • Kanker yang dimana tanda-tandanya sudah diketahui atau yang sudah didiagnosis atau mendapat pengobatan dalam kurun waktu 90 hari sejak tanggal berlaku PRUprime healthcare syariah, atau tanggal pemulihan terakhir.
  • Biaya pengobatan atau tes yang berhubungan dengan HIV/AIDS atau komplikasinya terjadi dalam 12 bulan sejak tanggal berlaku PRUprime healthcare syariah, atau tanggal pemulihan polis sesuai dengan ketentuan polis.

Penutup

Sebelum penutupan acara hari itu, diadakan tanya jawab dari media dan blogger yang sudah datang. Yang saya tangkap dan yang paling penting adalah kalau asuransi syariah ini, PRUprime healthcare syariah bisa digunakan oleh siapa saja, tidak harus masyarakat yang beragama Islam, agama lain pun diperbolehkan. Jadi, tidak ada batasan soal agama meskipun nama produknya adalah syariah.

Usai tanya jawab, acara ditutup dengan berswafoto narasumber yang telah hadir, dan diiringi keluarnya awak media dan blogger dari ruang acara menuju lobby untuk mengambil konsumsi dan kenang-kenangan yang telah disediakan oleh Prudential. Terima kasih Prudential.

swafoto

konsumsi

Kontak Prudential

Pakuan Center 10th, Tunjungan Plaza 5 Jl. Embong Malang No.1 Surabaya 60271

Senin – Jumat 08.00 WIB – 17.00 WIB

Email : [email protected]

Telp : 62-31) 547 8412

Instagram : @id_prudential

Share.

16 Comments

  1. Alhamdulillah banget ada yang syariah ya…. Dan emang bener banget kudu segera ikut asuransi biar nanti tenang gak usah mikirin uang lagi kalo sakit.

  2. Elang Wicakso on

    Sudah 10 tahun dan banyak menerima penghargaan, insa Allah layak dipercaya.
    Also visit elangg[dot]com

  3. nurulhidayah.net on

    Ini namanya asuransi yang keren. Karwna bermanfaat untuk diri sendiri dan bisa membantu orang lain.

  4. Prudential syariah ternyata sudah 10 tahun berkiprah di Indonesia, tapi saya baru mengetahuinya sekarang. Informasi seperti inilah yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat Indonesia yang sadar ttg pentingnya kesehatan

Leave A Reply