Kontak Saya Paid Review | Content Placement | Digital Promotion.

Pilih Blogspot atau WordPress? Intinya Ada di Poin 5

Pilih Blogspot atau WordPress? – Pertanyaan kesekian kali yang dilontarkan oleh orang yang ingin membuat blog. Mas dan mbaknya yang sudah mengerti blog dan memiliki teman yang ingin membuat sebuah blog pasti pernah ditanya seperti itu. Lantas, mas dan mbaknya jawab apa?

Jaman sekarang sudah banyak orang-orang yang memiliki sebuah blog. Aku disini tidak menjelaskan apa itu blog, dan lainnya. Sebuah blog setiap orang tentu saja berbeda, begitu juga dengan alamatnya. Alamat disini adalah sebuah nama yang ditujukan untuk menuju blog mas dan mbaknya. Bila mas dan mbaknya punya blog maka akan punya alamat. Alamat tersebut berupa link atau tautan. Itu yang biar tidak digigit nyamuk. Alamat itu sudah dikasih tergantung dengan penyedianya. Penyedia ini umumnya dikuasai oleh 2 raja. Blogspot dan WordPress.

pilih blogspot atau wordpress

Apa Itu Blogspot dan WordPress Mas?

Blogspot adalah sebuah penyedia layanan blog yang gratis dan ditampung dalam server Google. Banyak yang menggunakan blogspot sebagai penyedia layanan blognya. WordPress adalah juga sebuah layanan untuk membuat blog yang dibuat oleh Matt Mullenwerg yang diperuntukkan untuk kepentingan publikasi secara online. Di WordPress ini disediakan 2 fasilitas yang bisa mas dan mbaknya pilih. Mau yang manual atau otomatis. Tentu ada bedanya dan tidak aku bahas disini.

Pilih Blogspot atau WordPress?

Sebenarnya itu masalah selera dan kemampuan masing-masing. Kalau aku sudah pernah menggunakan semuanya. Tetapi, berikut ini aku kasih gambaran soal bagaimana menyikapi untuk pilih blogspot atau wordpress :

#Gratis

Baik blogspot maupun wordpress, mereka menyediakan layanan blog secara gratis. Mas dan mbaknya tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk membuat blog bila menggunakan kedua layanan ini. Yang membedakan hanya alamat yang ditentukan. Kalau blogspot, nanti mas dan mbaknya akan mendapat alamat, contoh : sayakerensekali.blogspot.com. Kalau wordpress, maka nanti mas dan mbaknya akan mendapat alamat, contoh : sayakerensekali.wordpress.com.

#Kecepatan

Karena keduanya menggunakan server terpusat dan terus dijaga oleh perusahaan besar, maka ada jaminan kalau blog mas dan mbaknya tidak akan down atau tidak bisa diakses. Keuntungan yang sangat besar bila menggunakan kedua layanan ini, karena yang namanya informasi dalam blog harus selalu bisa dibaca karena pengunjung tidak mau dengan yang “rusak”, contohnya blog yang down atau lemot.

#Pihak Ketiga

Pihak ketiga disini aku kategorikan seperti tema dan alat tambahan atau tools. Nah, karena layanan gratis, tentu saja ada batasan tertentu sebagai resiko mas dan mbaknya. Salah satunya keterbatasan penggunaan tema dan alat tambahan lainnya. Hal ini dikarenakan untuk menjaga kestabilan server pusat.

#Kebebasan

Ini juga berhubungan dengan poin ketiga diatas. Mas dan mbaknya tidak bisa mengeksplor lebih jauh untuk memodifikasi blog mas dan mbaknya. Ibarat rumah, mas dan mbaknya hanya kos, jadi tidak bisa sembarangan untuk mengotak-atik rumah dan ada aturan yang terbatas. Contohnya alamat yang diatas. Mas dan mbaknya mau apa tidak tergiur menggunakan alamat dengan nama sendiri seperti dirgakerendanimut.com atau yang lainnya? Itulah salah satu contohnya kebebasan. Namanya hidup kalau dikekang kan nggak enak juga ya.

#Tujuan

Mau pilih blogspot atau wordpress sebenarnya tidak masalah. Terlepas dari keempat poin diatas, semua kembali ke tujuan mas dan mbaknya. Tetapkan tujuan yang mas dan mbaknya ingin capai, ngeblog untuk apa, maka apapun sarananya, apapun tantangannya, dan apapun resikonya, pasti tidak akan menjadi masalah.

Baca juga Judul SEO vs Judul Ala Hipwee

Beberapa gambaran dari saya soal pilih blogspot atau wordpress sebagai sarana untuk ngeblog. Sebenarnya ngeblog tidak harus menggunakan layanan mereka, ada banyak sekali layanan blog yang bisa mas dan mbaknya gunakan, tetapi untuk masalah kemampuan, mereka adalah rajanya. Kalau ada yang kurang atau salah silahkan komen saja.

Jadi, pilih blogspot atau wordpress?

4 Comments

Leave a Reply