Kontak Saya Paid Review | Content Placement | Digital Promotion.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan – Energi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Energi bisa dihasilkan dari bahan bakar. Bahan bakar sendiri didefinisikan sebagai material atau senyawa yang bisa diubah menjadi energi. Pada umumnya bahan bakar memiliki energi panas yang dihasilkan dari proses pembakaran yang nantinya akan bereaksi jika dilepaskan ke udara. Ada juga bahan bakar yang menghasilkan energi melalui proses eksotermal dan reaksi nuklir.

Bahan bakar bisa digunakan untuk mendukung berbagai kehidupan manusia mulai dari keperluan memasak sehari-hari, untuk keperluan usaha, industri bahan kimia, bahan baku obat, bahan bakar untuk mesin diesel yang digunakan pada pembangkit listrik tenaga air dan masih banyak kegunaan bahan bakar yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Secara umum, bahan bakar dibagi menjadi dua jenis yaitu dibagi berdasarkan bentuknya dan dibagi berdasarkan materinya. Menurut bentuknya bahan bakar dibagi menjadi tiga jenis yaitu bahan bakar gas, bahan bakar padat dan bahan bakar cair. Bahan bakar gas adalah bahan bakar yang bentuknya gas yang dibagi menjadi dua jenis yaitu CNG atau Compressed Natural Gas dan LPG atau Liquid Petroleum Gas.

Bahan bakar gas dengan jenis CNG biasanya tersusun atas senyawa metana. Sementara itu, bahan bakar gas dengan jenis LPG tersusun atas percampuran dari senyawa butana, propana dan beberapa senyawa lain. Dalam penggunaannya, LPG aman untuk kehidupan sehari-hari seperti sebagai bahan bakar kompor gas.

Agar Aman Menggunakan LPG

Sedangkan, menurut materi penyusunnya, bahan bakar dibagi menjadi dua jenis yaitu bahan bakar berkelanjutan dan bahan bakar yang tidak berkelanjutan. Bahan bakar berkelanjutan adalah bahan bakar yang berasal dari materi atau sumber energi yang bisa diperbaharui dan tidak akan habis jika digunakan secara terus menerus.

Contoh dari bahan bakar yang berkelanjutan adalah panel surya yang bersumber dari tenaga matahari. Di sisi lain, bahan bakar yang tidak berkelanjutan adalah bahan bakar yang tersusun atas senyawa atau material yang tidak dapat diperbaharui. Materialnya diambil dari alam yang sewaktu-waktu bisa habis jika dikonsumsi secara terus menerus. Contoh dari bahan bakar yang tidak berkelanjutan adalah olahan dari minyak bumi dan bahan bakar yang berbasis karbon.

Bahan Bakar Minyak dalam Kehidupan Sehari-hari

Dari semua senyawa yang memiliki kemungkinan untuk menyusun bahan bakar, bahan bakar yang berasal dari minyak menjadi bahan bakar yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Minyak bumi sebagai komponen penyusun bahan bakar ini diperoleh melalui proses penambangan yang berasal dari kerak bumi. Minyak bumi bisa ditemukan dari bagian bawah tanah sampai bagian dasar lautan. Selain itu, minyak bumi memiliki bentuk yang cair dan berwarna gelap dan harus diolah terlebih dahulu agar bisa dikonsumsi sehari-hari.

Butuh proses yang lama untuk bisa menghasilkan minyak bumi. Biasanya minyak bumi berasal dari jasad hewan dan tumbuhan yang sudah ratusan bahkan jutaan tahun terkubur di dalam perut bumi. Kemudian, jasad hewan dan tumbuhan yang terpendam di dalam lapisan kerak bumi setiap tahunnya akan bergeser karena proses pergeseran dari lempeng bumi.

Dalam proses tersebut, jasad hewan dan tumbuhan itu akan bereaksi secara alami dengan gas alam dan senyawa lain yang ada di dalam perut bumi. Hingga membentuk minyak bumi yang masih mentah dan berbentuk cairan yang berwarna hitam.

Kegunaan Minyak Bumi

Minyak bumi bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari setelah melalui proses penyulingan selama berkali-kali. Dari proses penyulingan tersebut maka akan dihasilkan olahan minyak bumi seperti minyak tanah, bensin, solar dan bensol. Masing-masing olahan dari minyak bumi bisa digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor atau mesin-mesin industri.

Selain itu, minyak bumi juga bermanfaat untuk industri kimia. Dalam hal ini, sisa dari pengolahan minyak mentahlah yang akan digunakan untuk industri kimia seperti dalam proses pembuatan berbagai cat untuk dinding, tembok, kayu dan logam serta untuk proses pembuatan produk-produk plastik.

Minyak bumi juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber dari bahan bakar yang bentuknya cair seperti LPG Bright Gas yang dikeluarkan oleh Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan. Untuk memperoleh bahan bakar gas cair maka minyak bumi yang masih mentah harus melalui proses penyulingan dan pemurnian selama beberapa tahapan sebelum dijadikan bahan bakar cair atau dikenal dengan nama LPG.

Dari semua bahan bakar yang ada, bahan bakar cair berjenis LPG adalah bahan bakar minyak yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena dikonsumsi oleh hampir semua lapisan masyarakat untuk bahan bakar kompor dan lain-lain.

Baca Juga :  Formasi Idaman Laptop Tipis Ada di ASUS VivoBook S S510

Bahan bakar dengan jenis LPJ seperti Bright Gas menjadi pilihan tepat untuk memenuhi keperluan bahan bakar karena beberapa faktor. Pertama, gas LPJ lebih ramah lingkungan. Dibandingkan dengan bahan bakar berupa minyak tanah, gas LPJ memiliki tidak menghasilkan polusi seperti gas atau asap hitam dengan bau yang menyengat.

Kedua, bahan bakar berupa gas LPJ juga praktis digunakan dibanding dengan bahan bakar dari minyak tanah. Jika kita memasak menggunakan kompor dengan bahan bakar minyak tanah maka kita harus melalui proses yang memakan waktu untuk menyalakan kompornya. Sedangkan, jika kita memasak menggunakan kompor gas kita tinggal menekan atau memutar tombol pada kompor gas. Dalam sekali gerakan api akan menyala.

Ketiga, gas LPJ tidak menimbulkan bau. Seperti yang kita tahu bahwa minyak tanah memiliki bau yang menyengat dan juga kotor. Sedangkan, gas LPJ memiliki bau jika terjadi kebocoran pada tabung gas, selang atau regulator, tetapi jika gas LPJ berada dalam keadaan normal tidak akan ada bau gas yang menyengat tercium.

Keempat, penggunaan gas LPJ lebih bersih dibandingkan penggunaan bahan bakar minyak. Jika menggunakan kompor dengan bahan bakar minyak tanah, kompor dan peralatan masak akan lebih cepat kotor dan memiliki jelaga berwarna hitam. Hal ini disebabkan karena proses pembakaran minyak tanah akan menyisakan senyawa hidrokarbon yang bisa kita lihat dari jelaga berwarna hitam yang menempel dan menjadi kerak pada kompor dan alat masak.

Tetapi jika kita menggunakan bahan bakar dari gas LPJ tidak akan ada jelaga yang tertinggal karena proses pembakaran bahan bakar gas LPJ itu lebih bersih.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Peran perusahaan tidak bisa dipisahkan dalam proses penyulingan minyak bumi. Seperti halnya di Indonesia yang memiliki Pertamina atau Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara. Pertamina bergerak dalam bidang pertambangan minyak dan gas bumi serta pengolahan minyak bumi yang masih mentah menjadi bahan bakar seperti solar, bensin dan gas LPG.

Selain itu, Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan yang berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar untuk keperluan kendaraan bermotor, mesin-mesin industri dan juga keperluan rumah tangga.

Apa Itu Bright Gas

Untuk keperluan rumah tangga, Pertamina mengeluarkan produk LPG dengan merek dagang Bright Gas yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar rumah tangga. Bright Gas hadir dalam berbagai ukuran mulai dari Bright Gas kaleng berukuran 220 gram, Bright Gas dengan tabung ukuran 5,5 kilogram dan Bright Gas dengan ukuran tabung 12 kilogram.

Awalnya produk Bright Gas dipasarkan pertama kali di wilayah Jabodetabek dengan tabung ukuran 12 kilogram dan kemudian disusul dengan Bright Gas dengan ukuran 5,5 kilogram. Dengan menyongsong label “Lebih Aman, Lebih Irit dan Lebih Berwarna”, Bright Gas aman digunakan untuk keperluan sehari-hari mau pun usaha.

Untuk memenuhi kebutuhan memasak keluarga yang aktif, tabung Bright Gas ukuran 12 kilogram sangat direkomendasikan. Harga tabung Bright Gas 12 kg juga sangat terjangkau. Jika kita sudah memiliki tabung ELPIJI berukuran 12 kilogram maka kita tidak perlu membayar uang sepeser pun untuk mendapatkan tabung Bright Gas ukuran 12 kilogram. Kita bisa menukarkan tabung ELPIJI berukuran 12 kilogram dengan tabung Bright Gas dengan ukuran 12 kilogram melalui program promosi dari Pertamina yang dinamakan Program Promo Tukar Tabung Gratis.

Dalam program ini, pengguna tabung ELPIJI ukuran 12 kilogram harus melakukan isi ulang tabung ELPIJI ukuran 12 kilogram kemudian menukarkan tabung ELPIJI ukuran 12 kilogram yang lama dengan tabung Bright Gas ukuran 12 kilogram yang baru. Tabung Bright Gas dengan ukuran 12 kilogram dibanderol dengan harga Rp. 131.000 dan jika menggunakan program Bright Gas Layan Antar maka akan dikenakan ongkos kirim sekitar Rp. 15.000,- dan bisa bertambah tergantung lokasi dari rumah konsumen.

Keunggulan Tabung Bright Gas 12 Kg

Tabung Bright Gas dengan ukuran 12 kilogram memiliki keunggulan yang tidak didapat dari produk tabung gas yang lain yaitu tabung Bright Gas dengan ukuran 12 kilogram hadir dengan warna-warna yang cantik, yang tidak monoton.

Variasi warna yang ada di tabung Bright Gas dengan ukuran 12 kilogram adalah warna ungu dan warna merah mudah. Dua varian warna tersebut akan menjadikan suasana dapur rumah lebih berwarna.

Baca Juga :  Mouse Gaming Murah ya Rexus X7 Pilihannya

Tata cara pemasangan tabung Bright Gas ukuran 12 kilogram juga mudah. Kita tinggal mengikuti instruksi apa yang tertulis pada stiker berisi panduan pemasangan yang terpasang di seluruh badan tabung Bright Gas dengan ukuran 12 kilogram. Walau pun berat dari tabung Bright Gas adalah 12 kilogram, Pertamina menyediakan layanan program Bright Gas Layan Antar yang memudahkan para konsumen Bright Gas. Konsumen tidak perlu berat-berat menggotong tabung Bright Gas dengan ukuran 12 kilogram yang sudah kosong ke agen Bright Gas atau SPBU.

Konsumen bisa memanggil agen Bright Gas terdekat atau di nomor layanan antar 500 000 dan meminta layanan antar Bright Gas dengan ukuran 12 kilogram. Konsumen juga bisa meminta petugas dari agen Bright Gas untuk memasangkan regulator dan selang ke tabung Bright Gas dengan ukuran 12 kilogram agar lebih aman.

Nah, untuk produk Bright Gas yang berukuran 5.5 kilogram, ada 3 keuntungan yang bisa didapatkan diantaranya

Tabung Bright Gas dengan ukuran 5,5 kilogram aman digunakan untuk keperluan rumah tangga dan usaha. Bright Gas dengan ukuran 5,5 kilogram memiliki fitur katup ganda yang dinamakan DSVS atau Double Spindle Valve System. Dengan adanya sistem Double Spincle Valve System risiko kebocoran gas yang berasal dari kepala tabung Bright Gas ukuran 5,5 kilogram bisa diminimalisir. Sehingga, Bright Gas dengan ukuran 5,5 kilogram memiliki tingkat keamanan ganda untuk digunakan dalam keperluan rumah tangga dan usaha.

Bright Gas dengan ukuran tabung 5,5 kilogram lebih nyaman digunakan dari pada tabung Bright Gas dengan ukuran 12 kilogram karena beratnya yang lebih ringan. Para ibu rumah tangga pengguna tabung Bright Gas ukuran 5,5 kilogram bisa membawanya dengan mudah. Atau, jika ingin lebih praktis ibu rumah tangga bisa menelepon layanan pesan antar tabung Bright Gas dari agen LPG ke rumah konsumen di nomor 500 000. Sehingga, konsumen tidak perlu berat-berat menjinjing tabung Bright Gas ukuran 5,5 kilogram yang kosong untuk menukarnya di agen LPG terdekat.

Dibanding tabung Bright Gas dengan ukuran 12 kilogram, tabung Bright Gas dengan ukuran 5,5 kilogram memiliki beberapa keunggulan mulai dari segi harga, kenyamanan dan keamanan. Dari segi harga, harga Bright Gas dengan ukuran 5,5 kilogram lebih murah dari harga tabung Bright Gas yang berukuran 12 kilogram yakni berkisar Rp. 57.500,- untuk wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali dan Rp. 62.000,- untuk wilayah Pulau Kalimantan. Dengan catatan, harga tersebut belum mencakup biaya ongkos kirim dari agen Bright Gas ke rumah-rumah konsumen.

Dari segi isi pun Bright Gas dengan ukuran tabung 5,5 kilogram memiliki jaminan ketepatan isi dan kualitas. Tidak ada lagi kasus tabung gas yang hanya memiliki isi setengah dari tulisan yang tertera seperti pada kasus tabung ELPIJI ukuran 3 kilogram dulu karena Bright Gas dengan ukuran 5,5 kilogram memiliki isi yang pas yaitu 5,5 kilogram. Selain itu, tabung Bright Gas dengan ukuran 5,5 kilogram dijamin kualitasnya. Tidak ada tabung yang sudah penyok dan berkarat yang bisa menyebabkan kebocoran gas.

Ada juga fitur OCS atau Optional Color Switch pada tabung Bright Gas dengan ukuran 5,5 kilogram yang menyediakan segel hologram. Stiker hologram pada tabung Bright Gas ukuran 5,5 kilogram ini memiliki kode QR yang nantinya akan dipindai untuk memberikan informasi mengenai tempat pengisian dari tabung Bright Gas. Fitur ini bertujuan agar tabung Bright Gas dengan ukuran 5,5 kilogram tidak bisa dipalsukan seperti tabung gas yang lain karena sudah memiliki hak paten.

Akan ada sanksi yang dijatuhkan kepada pihak-pihak yang telah memalsukan tabung gas Bright Gas ukuran 5,5 kilogram dan juga 12 kilogram. Ada juga stiker penanda keamanan di badan tabung Bright Gas ukuran 5,5 kilogram sebagai salah satu cara untuk sosialisasi tabung Bright Gas ukuran 5,5 kilogram sebagai produk olahan minyak bumi yang aman digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Dari keunggulan-keunggulan yang sudah disebutkan di atas kita akan tahu bahwa Bright Gas telah memberikan jawaban untuk bahan bakar gas yang hemat dan aman untuk keperluan sehari-hari. Bright Gas aman, Bright Gas hemat, Bright Gas murah, dan Bright Gas nyaman.

Selain itu, hadirnya Bright Gas juga menunjukkan konsistensi dari Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan untuk masyarakat Indonesia.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Leave a Reply