Perbedaan Portofolio dan CV Biar Kamu Lebih Paham

Curriculum Vitae atau lebih akrab dengan sebutan CV dan portofolio sama-sama berkas administrasi yang digunakan saat melamar pekerjaan. Walaupun terlihat sama, tetapi kedua berkas administrasi tersebut memiliki perbedaan. CV merupakan salah satu syarat penting dari proses pelamaran kerja, yang pasti dimiliki para jobseeker apabila sedang mencari pekerjaan.

Namun, dewasa ini banyak perusahaan yang menambahkan syarat portofolio dalam proses pelamaran kerja. Serupa tapi tak sama adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan dua syarat lamaran kerja ini. Masih banyak para jobseeker yang beranggapan portofolio sama dengan CV.

CV merupakan berkas administrasi yang digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan. CV diartikan sebagai daftar riwayat hidup beserta perjalanan karier seseorang. Konten yang dituliskan dalam CV biasanya berisi gambaran rinci baik tentang kualifikasi, pengalaman, maupun prestasi.

Selain untuk menambahkan informasi pribadi, CV juga harus disusun dengan runtut agar penyeleksi mampu memahami para jobseeker. Sedangkan, portofolio merupakan dokumen yang bisa membuktikan segala prestasi dan perjalanan karir. Ketika para jobseeker menulis banyak prestasi dalam CV segala dokumentasi ini dibuktikan melalui portofolio.

Perbedaan antara portofolio dan cv

  • Menginformasikan dan menunjukkan

Hal yang paling mendasar yang menjadi perbedaan antara CV dengan portopolio yaitu, dalam CV para jobseeker harus bisa menggambarkan siapa Anda sebernarnya melalui biodata (seperti nama, tempat tanggal lahir, agama, latar belakang pendidikan, pengalaman organisasi, serta kemampuan yang dimiliki) dan pendeskripsian diri. Sementara pada portofolio harus bisa menunjukkan kemampuan yang dimiliki melalui sejumah karya yang diberikan dan juga menunjukan potensi Anda untuk berkembang terkait bidang tertentu.

  • Kelengkapan data

Perbedaan CV dan portofolio selanjutnya adalah detail isi yang dimuat. Pada CV, informasi yang berikan harus dirangkum secara lengkap, namun diatur seringkas mungkin. Dengan CV yang lengkap namun ringkas, perekrut tidak akan kebingungan mencari data yang ingin diketahui, sehingga peluang CV dilirik akan lebih besar. Pada portofolio tidak harus bersifat panjang dan lengkap, walaupun semakin panjang akan semakin baik.

Intinya harus bisa menunjukan karakter, talenta, dan kekuatan dari lembaran portofolio yang telah disusun. Isi dari portofolio juga harus relevan dengan posisi yang telah didaftar, seperti apabila mendaftar sebagai penulis, tidak mungkin membuat portofolio terkait keahlian dalam fotografi. Data yang dipaparkan dalam portofolio harus bersifat lengkap dan relevan. Lembar portofolio akan membantu perekrut dalam memilih para jobseeker sesuai karakteristik hasil karya.

  • Menggaet dan membuktikan

CV digunakan untuk menggaet perusahaan supaya tertarik dengan pelamar. Sementara portofolio menjadi alat untuk membuktikan bahwa apa yang didekripsikan dalam CV memang benar. Dalam hal ini CV dan portofolio memang saling melengkapi dan memiliki tujaun yang sama yaitu untuk menarik hati rekruter. Misalnya, dalam CV menjelaskan memiliki kemampuan adobe photoshop, dalam portofolio harus membuktikannya dengan karya yang dibuat sendiri.

  • Umum dan spesifik

Perbedaan lain dari CV dan portofolio yaitu sifat dari CV dan portofolio sendiri. Pada contoh CV hanya mencakup data yang umum. Hal ini berarti semua kegiatan dan pengalaman akademik maupun non-akademik dapat dilampirkan dalam CV. CV juga dapat digunakan berkali-kali, dan rata-rata hanya dibuat satu kali selama mendaftar kerja. Isi dari CV bersifat monoton dan umum, karena mengandung informasi dasar.

Sifat ini berbeda dengan contoh portofolio yang bersifat lebih spesifik, tergantung posisi yang dilamar. Hal ini juga membuat portofolio tidak bisa hanya dibuat satu kali saja, apabila memiliki banyak keterampilan dan buktinya. Portofolio tidak seperti CV yang sudah terangkum padat dalam satu lembaran. Portofolio harus bersifat relevan terhadap posisi yang dilamar, tidak bisa mencampur seluruh keahlian dalam satu portofolio.

Berikut adalah perbedaan contoh CV dan contoh portofolio.

CV

Portofolio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *