Pengenalan dan Cara Mendapatkan Bitcoin. Mantap Nih!

Berdasarkan DailyDotCom penggunaan Bitcoin atau mata uang cryptografi ini terus meningkat drastis. Pada tahun 2012 lalu titik transaksi tertinggi berhasil diraih dengan nilai transaksi mencapai 58.000 per hari. Sekarang pengguna internet sangat antusias menggunakan bitcoin sebagai mata uang internet yang sepenuhnya bersifat digital.  Bahkan salah satu perusahaan raksasa seperti WordPress saat ini sudah menerima mata uang bitcoin dalam penyediaan jasanya. Berdasarkan Forbes, bitcoin merupakan alternatif mata uang yang sangat populer karena kemudahannya dalam menggunakannya, sistem yang terdesentralisasi serta akses yang tersedia untuk semua orang menjadi daya tarik utama dalam mata uang digital ini.

Bahkan Bitcoin ini pernah dikabarkan menjadi saingan utama industri perbankan. Dalam hal ini, Macleans menuturkan bahwa bitcoin sangat berbeda dengan mata uang online yang pernah ada di internet. Dimana sistem yang terdesentralisasi yang artinya peredaran uang tidak bisa diatur oleh siapapun. Layaknya uang kas, transaksi bitcoin ini terjadi langsung dari orang ke orang tanpa perantara sehingga biaya pengiriman sangatlah minim, dan transaksi ini terjadi tanpa ada batasan apapun. Selain itu, sistem transaksi yang terdesentralisasi juga menjaga keamanan privasi pemilik bitcoin serta memastikan bahwa uang bitcoin tersebut tidak bisa dibekukan oleh siapa pun.

Layaknya mata uang lainnya. Bitcoin ini telah digunakan di banyak tempat seperti :

  • Perdagangan barang umumnya seperti di Forum Jual Beli : Blitmit, BitcoinMarketPlace.
  • Penukar Bitcoin dengan mata uang lainnya seperti Yen, Euro, USD, dan lain sebagainya.
  • Forex menggunakan Bitcoin : Bit4X, FirstNationaLib.
  • Penyedia jasa penyimpanan Wallet bitcoin.

Untuk  mendapatkan Bitcoin anda harus memiliki Wallet sebagai tempat untuk menyimpan Bitcoin. Dan untuk membuat Wallet, berikut ini petunjuknya :

  • Pertama buka situs Blockchain atau klik Disini.
  • Klik wallet (lihat gambar dibawah yang ditandai dengan kotak berwarna merah dengan angka 1).
  • Jika perlu, anda bisa merubah bahasa dengan bahasa yang anda inginkan (lihat kotak merah dengan angka 2 pada gambar dibawah ini).
  • Setelah mengikuti langkah pada Poin 2 anda akan dibawa pada halaman berikut.
  • Lalu klik Start A New Wallet dan anda akan masuk pada halaman form pendaftaran.

Untuk mengisi form pendaftaran silahkan anda mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Alias : bisa diisi dengan nama anda atau tex lainnya yang berguna untuk membantu login ke wallet anda.
  • Password : password anda harus berisi minimal 10 karakter dengan gabungan huruf, angka dan simbol. Lalu ingat-ingat password yang anda buat tersebut, karena tidak akan ada fitur reset password yang bisa membuat anda kehilangan akun Wallet.
  • Captcha : lalu isi captcha sesuai dengan karakter yang muncul diatasnya.
  • Jika sudah selesai, lalu klik Continue dan anda bisa login ke wallet yang sudah anda bikin tadi.
  • Setelah login ke wallet yang telah dibuat tadi, anda akan diberikan alamat wallet yang menjadi tempat untuk menerima dan mengirim Bitcoin. Dimana, alamat wallet anda akan berupa gabungan dari angka dan huruf. Contohnya : 19ZZ8DZsb5qhtchuKPZWET7Uj8rDo4KgmB.

Bitcoin (BTC) adalah cryptocurrency atau bentuk modal digital. Sedangkan harga bitcoin hari ini adalah US$10.119,23 dengan volume transaksi 24 jam sebesar US$19.881.448.665. Harga turun 10% dalam 24 jam terakhir. Selain itu, terjadi peredaran suplai sebesar 17,9 juta koin dan suplai maksimum sebesar 21 juta koin. Demikianlah tulisan kali ini semoga bermanfaat.

Leave a Comment