Sabtu, 28 Juli 2018 kemarin, saya mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan salah satu ponsel keren, canggih, kreatif, aneh, unik, mengerikan, nan mantul, mantap betul. Kesempatan ini saya dapatkan ketika membaca salah satu postingan teman blogger di Instagram dan sangat menarik untuk diikuti. Postingan ini memberikan informasi soal akan hadirnya ponsel mahal berteknologi tinggi, tinggi sekali, kiri kanan kulihat saja banyak pohon cemara a aaa. Maaf kebawa suasana.

Okelah, saya putuskan untuk mengikuti lomba kecil diawal agar nantinya dapat terpilih untuk menjadi salah satu orang yang berhak mendapatkan kesempatan untuk mencoba ponsel ini terlebih dahulu sebelum dijual di pasaran Indonesia. Bagaimana tidak excited bisa mencoba dulu sebelum orang lain mencoba. Bahkan, bisa membocorkan dulu di Instagram soal teknologi-teknologi ponsel ini. Hasilnya, pada nanya ini ponsel apa dan harganya berapa, kok fiturnya canggih.

Balik lagi ke lomba, mekanismenya adalah untuk memberikan opini kenapa saya harus datang untuk mencoba terlebih dahulu ponsel tersebut. Alhamdulillah, ternyata beberapa hari kemudian mendapatkan email konfirmasi undangan untuk datang mencoba langsung pertama kalinya ponsel mantul, mantap betul di Surabaya sebelum dipasarkan di masyarakat.

"Ponsel apa sih mas?"

Oppo Find X

Oppo Find X ini bukan diartikan menjadi Oppo Mencari Mantan, tetapi Oppo mengeluarkan versi flagship setelah Oppo F version. Kenapa kok memilih X dibelakangnya? Menurut pendapat pribadi, opini, dan kesoktahuan saya (maaf kalau pihak Oppo tersinggung karena saat penjelasan ini saya sedang di toilet) kenapa kok ada X nya, karena ingin mencari faktor X yang bisa dikeluarkan oleh suatu ponsel agar menjadi unik atau baru di mata masyarakat.

Oppo ingin menghadirkan sesuatu yang fresh dan beda dari ponsel-ponsel sekarang yang mana sekarang lagi musimnya layar full-display ­dengan poni diatasnya. Oppo tidak mau, Oppo mau beda. Selain itu, ini merupakan lanjutan dari seri Oppo Find. Oppo baru mengeluarkan Oppo Find X setelah 4 tahun yang mana versi terakhir Oppo Find adalah Find 7 di tahun 2014 dan Find 5 di tahun 2013. Oppo Find X pertama kali diluncurkan kepada dunia itu di Museum Louvre, Perancis. Detail spesifikasinya nanti dibawah.

Nah, berbicara soal lomba, kebetulan bulan Agustus merupakan bulan penuh lomba dan penuh acara kepanitiaan. Ada yang ikut panitia di karang taruna, atau di kantor dan sekolah, jadi bisa dibilang bulan ini, masyarakat Indonesia akan sibuk karena di bulan inilah kita merasakan kemerdekaan pertama kali setelah dijajah oleh bangsa lain dengan pekik kemerdekaan dari Ir. Soekarno dan Moh. Hatta.

Sebenarnya, mungkin kalian tidak banyak yang tahu kalau lomba itu tidak hanya untuk manusia, ada juga lomba untuk benda. Seperti halnya ponsel. Lomba antar ponsel sudah dimulai sejak beberapa tahun belakangan ini dan pemenangnya juga banyak jenis ponsel. Jadi, perlombaan tidak hanya seperti lomba 17 Agustus atau Asian Games mungkin yang sebentar lagi dimulai, ada juga lomba ponsel. Dan, Oppo Find X menjadi kandidat terkuat untuk beberapa lomba yang ada.

Terkuat bagaimana mas?

Ya, terkuat, mau lomba apapun, pemenangnya tetep Oppo Find X. Tidak percaya? Simak analisa saya untuk beberapa lomba paling favorit saat ini :

01.

Lomba Menyimpan Kenangan

Memori internalnya sudah 256 GB. Bayangkan seberapa banyak foto-foto kenangan kita dulu yang bisa kita simpan hingga akhirnya kamu lebih memilih dia yang ternyata sahabatku sendiri. Atau kalian bisa menggunakannya untuk menyimpan film-film drama korea sampai berseri-seri. 256 GB itu belum ada digunakan oleh ponsel lain terkecuali menggunakan tambahan Micro SD. Ini langsung ditanam memori sebesar itu tanpa ada tambahan apapu. Mantul?

GB RAM

GB Memori Internal

02.

Lomba Memasukkan Daya Listrik Kedalam Baterai

Ada versi termantul dari Oppo Find X, yaitu Oppo Find X versi Lamborgini yang mana ini bisa memasukkan daya listrik kedalam baterai hingga penuh 100% hanya dalam waktu 35 menit saja. Jadi, kalau kalian meninggalkannya mandi, maka kalian bisa juga melakukan charging ponsel ini dan setelah mandi, ponsel kalian akan penuh 100%. Teknologi ini juga sudah ada di ponsel-ponsel sebelah, tapi yang 35 menit langsung penuh 100%, hanya Lamborgini Oppo Find X yang bisa. Semua ini karena Voltage Open Loop Multi-step Constant-Current Charging (VOOC) dari Oppo.

%

Dalam Waktu 35 menit

03.

Lomba Anti Rapuh

Fitur paling canggih di ponsel Oppo Find X adalah fitur sliding camera yang mana teknologi ini merupakan terobosan terbaru dari Oppo untuk menyembunyikan kamera depan dan belakang. Kalau kita mengaktifkan menu kamera, maka akan ada body sliding yang muncul keatas dan disitulah letak kameranya.

Apakah fitur ini bisa awet mas? Kan model sliding begitu rawan rusak.

Tenang saja, ini sudah dilakukan pengujian hingga 300.000 lebih kali sliding mode jadi buka tutup kamera dan naik turun slidingnya. Jadi, ucapkan selamat tinggal pada kerapuhan yang mendera.

Lebih Pengetesan

04.

Lomba Jaga Rahasia

Oppo Find X bisa menjaga rahasia dengan aman karena Oppo Find X dilengkapi dengan fitur keamanan menggunakan sensor yang mendeteksi wajah pemiliknya atau dinamakan 3D Face Recognition. OPPO Find X merupakan ponsel Android pertama yang menggunakan fitur 3D Structured Light Technology yang akan menganalisa 15.000 titik wajah. Data lainnya juga menyebutkan kalau fitur 3D Face Recognition ini 20 kali lebih aman dibandingkan dengan fitur fingerprint untuk membuka kunci ponsel. Akan aman untuk yang ponselnya sering dipinjam orang lain atau bajak lucu-lucu

05.

Lomba Move-On

Qualcomm Snapdragon 845 sebenarnya juga digunakan oleh merek ponsel lain, tetapi Oppo menambah kekuatan otot move-onnya dengan RAM 8 GB yang akan melibas semua aktivitas yang kalian lakukan di ponsel seperti buka-buka foto dengan dia. Tidak akan ada lagi yang namanya lag atau aplikasi lemot dibuka karena kalau ada lemot pasti foto mantan yang kebuka akan lebih lama nampaknya, kalau cepat kan hanya muncul sekilas. Atau mau buka WhatsApp banyak karena memang sekarang pacarnya sudah banyak? Bisa. Mau main game dengan settingan rata kanan? Sangat bisa.

Snapdragon

06.

Lomba Mengabadikan Kenangan Indah

Dibekali dengan kekuatan kamera belakang 20-megapixel dan 16-megapixel, sedangkan kamera depan 25-megapixel, saya yakin Oppo dapat mengalahkan beberapa ponsel yang digadang-gadang memiliki kekuatan kamera sekelasnya. Namun, Oppo diharuskan waspada karena ada ponsel yang memiliki mesin foto yang biasa digunakan oleh kamera beneran. Tapi, bisa diadu terlebih dahulu dan buktikan kualitasnya.

Itulah beberapa lomba populer yang bisa diikuti dan dimenangkan oleh Oppo Find X karena memang spesifikasinya mantup mantap betul banget. Spesifikasi kelas dewa mau ikut lomba apapun pasti akan jadi pemenangnya. Tetapi, perlu kalian waspadai, Oppo Find X ini bisa dibilang ponsel dengan banyak muka. Dilihat dari depan dengan cahaya sinar yang menerangi dari atas, maka yang melihat akan bilang kalau ponsel tersebut berwarna biru, tetapi kalau ada yang melihat dari samping, yang melihat akan bilang warna hijau. Beda kemiringan, cahaya yang jatuh, dan posisi yang melihat akan berbeda-beda juga warna yang dilihatnya. Ingin tahu lebih jelas apa yang ada didalam tubuh Oppo Find X ini? Baca tabel berikut ini :

Dimensi
Tinggi 156.7mm
Lebar 74.2mm
Tebal 9.6mm
Berat 186g
Spesifikasi Umum
Warna Bordeaux Red, Glacier Blue
Sistem Operasi ColorOS 5.1, based on Android 8.1
Prosesor Qualcomm Snapdragon 845
GPU Adreno™ 630
Baterai 3730mAh (TYP)
RAM 8GB
Memori 256GB
Spesifikasi Layar
Ukuran Layar 6.4 inches
Tipe Layar AMOLED
Resolusi 2340 by 1080 pixels
Warna Layar 16 miliar
Touchscreen Multi-touch, Capacitive Screen
Kecerahan 430 (TYP)
Kamera
Kamera Belakang 20-megapixel &16-megapixel
Kamera Depan 25-megapixel
Flash LED Flash
Aperture
  • Belakang: 20M(f/2.0)+16M (f/2.0)
  • Depan : f/2.0
Konektivitas
Frekuensi
  • GSM:850/900/1800/1900
  • WCDMA:B1/2/4/5/6/8/19
  • LTE FDD:B1/2/3/4/5/7/8/12/13/17/18/19/20/25/26/28/29/32/66
  • TD-LTE:B34/38/39/40/41(2496-2690MHz)
Tipe Sim Card Dual Nano-SIM Cards
GPS GPS/aGPS
Bluetooth BT2.1+EDR, BT5.0
Wi-Fi 2.4/5GHz 802.11 a/b/g/n/ac
OTG Support
NFC Tidak Ada
Sensor

E-Compass

Light sensor

Proximity sensor

G-sensor/Acceleration sensor

Adapun keseruan yang saya alami ketika menghadiri acara towel-towel manja Oppo Find X dengan tema #GadgetStoryOPPOFindX. Dan, disinal saya bisa berfoto bareng sama salah satu Youtuber terkenal di dunia pergadgetan Indonesia, Bang Mouldi SobatHape. Mantul ora?

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This