Mengenal Si Kecil Cabe Rawit

Mobil Honda Brio sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi dan fitur yang mumpuni. Meski tersedia dalam vadian LCGC (Low Cost Green Car), namun Honda tidak sembarangan soal spesifikasi bagi yang ingin menebus harga Honda Brio. Hal tersebut terlihat pada varian Brio Satya yang sudah menggunakan teknologi heat rejecting green tinted glass yang mengindikasikan tidak ingin kalah dari mobil LCGC lainnya.

Teknologi ini mampu menjaga keteduhan di dalam kabin kaca mobil yang mampu mengurangi sinar UV dari matahari. Sementara varian tertinggi, RS dilengkapi dengan projector headlamp with LED light sehingga mampu memberikan penerangan maksimal pada malam hari. Meski masuk ke dalam mobil jenis LCGC, namun Honda menghadirkan mesin yang memiliki performa baik pada Brio.

Mobil berbentuk mungil ini menggendong mesin 1.2 L SOHC, 4Cylinders In-Line, 16 Valve, i-VTEC + DBW. Mesin tersebut berkapasitas 1.198cc dan mampu menghasilkan daya hingga 90 Ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 110 Nm pada putaran 4.800 rpm. Honda menyatakan, mesin yang ada Brio tersebut hemat bahan bakar serta handal melewati berbagai medan jalan.

Honda juga sudah melengkapi mesin Brio dengan teknologi Drive by Wire. Tidak hanya itu, Honda Brio juga sudah mengadopsi CVT dengan earth dreams technology yang membuat perpindahan gigi terasa halus. Selain itu, performa mesin juga lebih maksimal. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Eco Indicator, yakni fitur yang mendeteksi dan memberi informasi mengenai berkendara hemat secara real time melalui cara mengemudi.

Harga Honda Brio dijual dengan beberapa tipe tidak membuat masing-masing memiliki struktur mesin yang berbeda. Ini berguna agar konsumen tidak bingung jika harus melakukan kanibal jika spare parts yang mereka inginkan harus pesan dengan jangka waktu yang lama, efisiensi dan efektivitas penggunaan spare parts adalah salah satu nilai jual harga Honda Brio. Secara dimensi, Honda Brio dinobatkan sebagai Favorite Car dalam acara Auto Car Reader’s Choice Awar 2017.

Memiliki panjang 3.815 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.495 mm, lumayan kecil karena memang ditujukan untuk penggunaan dalam kota saja. Masyarakat dengan tinggi di atas 170 akan sedikit terhambat ketika menaikinya. Jarak sumbu roda pun tidak terlalu jauh, hanya 2.405 mm saja. Jarak pijak belakang berada di 1.475 mm dan jarak pijak belakang 1.460 mm. Sebagai penunjang kaum urban, kapasitas tangki cukup besar, berada di 35 liter dan diisi dengan bensin.

Kecil-kecil cabe rawit mungkin paling cocok menjadi sebutan bagi mobil ini. Dengan menggunakan struktur rangka bodi G-COn + ACE yang sangat kuat, terlebih menilik bagian suspensinya yang cukup nyaman untuk dibawa berkendari melewati macet. Suspensi depan menggunakan MacPherston Strut, sementara belakang menggunakan H-SHape Torsion Beam. Cukup nyaman jika mobil diisi empat orang dengan berbobot wajar.

Akan tetapi mungkin sedikit amblas jika diisi orang dengan total bobot mencapai 300 kilo gram. Pemberda Honda Brio dibandingkan kompetitornya adalah pada sistem transmisi Brio CVT menjadi lebih mulus dan bertenaga dibanding sebelumnya. Lalu untuk tipe manual, hanya lima percepatan manual standar saja. Melihat ke sektor ban, mobil yang biasa dijadikan armada online ini menggunakan ukuran 175/65 R14 alloy wheel 14.

Sementara untuk versi CVT-nya menggunakan ukuran 185/55 R15 alloy wheel 15 dan rem yang digunakan adalah ventilated disc di depan.

Leave a Comment