Menengok Suramadu, Jembatan yang Wonderful Banget

Sebuah hasil karya manusia dalam menghubungkan 2 kebudayaan yang berbeda.

dirgaepnew

Perkembangan industri wisata sangat ini sangat ingin dikembangkan oleh pemerintah, baik dari pusat maupun daerah. Industri wisata bisa dibilang sangatlah besar untuk mendapatkan pendapatan, khususnya daerah yang memiliki pengelolaan tempat wisata yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan perasaan dari orang-orang kota yang sangat membutuhkan sebuah tempat untuk menghilangkan penat karena pekerjaan-pekerjaan di kota industri.

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, kedua terbesar setelah Ibukota Jakarta, sangatlah membutuhkan sebuah tempat wisata yang mana mengingat Surabaya juga menjadi kota sibuk setiap harinya karena memang juga menjadi rujukan untuk bekerja dari kota-kota di sekitar Surabaya.

Kalau kalian ke Surabaya, ada banyak sekali tempat menghilangkan stres atau penat saat bekerja. Kenapa banyak sekali? Surabaya dikenal dengan kota yang mempunyai banyak sekali taman-taman kota yang bisa dimanfaatkan untuk sekedar menghilangkan penat, berkumpul dengan keluarga atau teman, bahkan untuk tempat bermain yang aman. Bu Walikota Surabaya, Bu Risma sangat senang dengan hasil karyanya karena memang sangat-sangat dibutuhkan oleh warga Surabaya yang setiap harinya sibuk dalam pekerjaan.

Lek, kalian update sosmed terus, pasti kalian tahu berita viral tentang gugurnya daun-daun tumbuhan tabebuya yang seakan merubah Surabaya menjadi seperti Jepang.

Selain itu, di Surabaya tepatnya di ujung utara Surabaya, terdapat bangunan yang sangat sangat megah dan bahkan pertama di Indonesia. Jembatan Suramadu. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Pulau Jawa khususnya kota Surabaya dengan Pulau Garam, Madura.

Sebelum adanya Jembatan Suramadu ini, warga Surabaya atau warga di Pulau Jawa menggunakan kapal Ferry untuk menyeberang ke Pulau Madura melalui Pelabuhan Tanjung Perak menuju Pelabuhan Kamal. Sekarang, kita bisa menyeberang ke Pulau Madura bisa menggunakan kendaraan bermotor seperti roda dua dan roda empat.

Kenapa Harus ke Jembatan Suramadu?

Disini, tepatnya di bagian bawah Jembatan Suramadu dari sisi Surabaya, kalian bisa menikmati keindahan lampu-lampu yang terpasang di Jembatan ketika sore menjelang malam sambil ditemani deburan air laut juga semilir angin. Semua itu bisa kalian nikmati secara gratis.

Kalian juga bisa berinteraksi dengan nelayan-nelayan yang tinggal di pesisir pantai sambil mencoba mengabadikan aktivitas mereka ketika akan dan setelah pergi melaut. Banyak juga warung-warung dan pedagang makanan kecil di bawah jembatan jikalau kalian tiba-tiba merasa lapar.

Kembali ke sejarah, dikutip dari Wikipedia, Jembatan Suramadu itu dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Dibagi seperti itu mungkin fungsinya adalah memberikan keamanan juga efektifitas mengingat ini bukan jembatan yang menghubungkan suatu tempat dengan dipisah oleh sungai, tetapi sudah pulau ke pulau.

Selain itu, juga melihat kondisi angin yang bisa berhembus sangat kencang mengingat jembatan ini berdiri diatas selat. Untuk itulah, kontruksi jembatan harus benar-benar diperhitungkan agar tidak terjadi hal yang diinginkan kedepannya.

Jembatan Suramadu adalah singkatan dari Jembatan Surabaya Madura dengan awal pembangunannya oleh Presiden Ibu Megawati pada tanggal 20 Agustus 2003 yang kemudian selesai juga diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009.

Tujuan Pembangunan Jembatan Suramadu

Tujuan utama membangun jembatan ini adalah untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura agar bisa mengimbangi perkembangan di Pulau Jawa dalam semua sektor. Hal ini bisa dibilang juga mempermudah akses aktivitas dari Pulau Jawa menuju Pulau Madura dibandingkan harus menggunakan kapal Ferry.

Menggunakan kendaraan bermotor untuk menuju Pulau Madura membutuhkan waktu hanya 10 menit saja dari sisi Surabaya ke sisi Madura. Selain itu, kita juga tidak dikenakan biaya sepeserpun untuk menggunakan atau melewati Jembatan Suramadu, meskipun dulunya kita diharuskan membayar terlebih dahulu. Sekarang gratis baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Meskipun begitu, hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi sebagian orang karena menurut omongan-omongan yang ada, banyak kendaraan yang hilang di Pulau Jawa, khususnya Surabaya larinya kebanyakan menuju ke Pulau Madura untuk kemudian dijual kembali. Tidak semua seperti itu, tetapi seringnya mendengar omongan yang menjurus ke arah sana.

Kalian juga bisa sekalian berwisata ke Pulau Madura seperti mencicipi makanan khas Madura yang sangat enak yaitu Bebek Sinjay, mengunjungi salah satu peninggalan bangunan mercusuar di Bangkalan, atau menikmati indahnya dan putihnya pasir pantai di daerah Sumenep.

Jadi, kalau kalian berwisata ke Surabaya, setelah bosan menikmati sejuknya udara dibawah pohon yang tersebar di seluruh taman kota, gemerlapnya suasana hiburan dan ingin menikmati pemandangan alam seperti pantai, kalian bisa langsung menuju ke pinggiran kota Surabaya bagian utara untuk bisa merasakan sejuknya angin laut. Kalau malam, wuih benar-benar Wonderful Indonesia.

Logo WI Final-20092017 (1)

Kalau kalian punya tempat wisata yang rekomended banget, yang instagramable banget dan yang pasti yang Indonesia banget, kalian bisa ikutan Wonderful Indonesia Blog Competition atau kalian bisa langsung melihat syarat pada gambar dibawah atau bisa klik link berikut https://goo.gl/forms/RJuGs5pjTXEj5ZpD3

Sumber Gambar : Bing Images

2 thoughts on “Menengok Suramadu, Jembatan yang Wonderful Indonesia Banget”

Leave a Comment

Share this: