Kontak Saya Paid Review | Content Placement | Digital Promotion.

Menembus Hujan Deras dengan Wiper Bosch

Beberapa hari ini, Surabaya sedang diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga tinggi. Hawa dan cuaca yang mendung tentu saja membuat beberapa warga Surabaya lebih memilih untuk berdiam di dalam rumah daripada harus keluar meskipun hanya sekedar membeli sesuatu di warung depan. Salah satunya adalah saya.

Awal cerita, hari kedua hujan turun di Surabaya, saya harus menjemput adik saya di salah satu mall terbesar di kawasan Surabaya bagian barat. Pertimbangan utama adalah menggunakan sepeda motor karena memang harus melewati jalanan Surabaya ketika jam-jam pulang kantor yang tentu saja macet. Tetapi, cuaca ketika itu tidak mendukung. Cuaca mendung dan gemuruh seakan memberikan sinyal kalau akan menguasai daerah Surabaya.

Dengan terpaksa, saya menggunakan mobil idaman para bapak-bapak zaman old, Toyota Kijang LGX untuk menjemput adik saya. Bisa diprediksi kalau jalanan menjadi macet. Selain karena pulang kantor, rintik-rintik hujan juga mulai turun. Sepeda motor pun menepi di pinggir-pinggir jalan yang membuat jalanan menjadi lebih penuh. Masalah yang sering terjadi ketika hujan adalah jarak pandang saya yang terbatas. Hal ini disebabkan karena saya menggunakan kacamata dengan tambahan silinder, jadi pantulan cahaya dari mobil di depan baik yang berpapasan atau dari lampu rem akan terlihat silau.

Ketika datang hujan gerimis itu masih dapat melihat dengan baik, tetapi lama-kelamaan hujan saat itu menjadi semakin deras dan membuat kinerja wiper saya menjadi lebih cepat. Ternyata, wiper kurang bisa melakukan tugasnya dengan baik. Wiper tidak dapat membersihkan air dari kaca depan mobil dengan bersih. Ada baret-baret tipis yang membuat pandangan menjadi lebih kabur (gambar di bawah).

Jadi, ketika kalian mengendarai mobil dan menggunakan wiper ketika hujan sedang deras, dan wiper tidak bekerja dengan baik, maka hasilnya kaca akan menyisakan beberapa bekas air yang tidak tersapu sehingga untuk melihat ke arah depan akan menjadi sulit. Ditambah lagi kalau kalian menggunakan kacamata dengan lensa silinder.

Patut kalian ketahui, saya selalu menggunakan wiper dengan merek Bosch, baik wiper depan maupun wiper belakang. Selain direkomendasikan beberapa pemilik bengkel ketika saya beberapa kali mengganti wiper, Bosch ini adalah merek dengan kualitas tinggi dengan harga yang murah. Intinya, Bosch suku cadang berkualitas.

kenalan dengan bosch

Kenalan dulu kita dengan Bosch karena tak kenal maka tak sayang. Jadi, Bosch Group menurut corporate website Bosch Automotive Aftermarket adalah pemimpin global supplier dalam bidang teknologi dan layanan. Bosch sendiri memiliki 390.000 pegawai yang tersebar di seluruh dunia (statistik pada 31 Desember 2016).

Kegiatan bisnis Bosch terbagi menjadi empat jenis sektor bisnis yaitu : Mobility Solution, Consumer Goods, dan Energy and Building Technology. Sebagai perusahaan yang memimpin dalam Internet of Things (IoT), Bosch menawarkan solusi yang inovatif untuk rumah pintar, kota cerdas, mobilitas yang terkoneksi, dan manufaktur yang terintegrasi.

sejarah bosch

Permulaan dari Bosch sebagai supplier peralatan otomotif dimulai dari tahun 1987, ketika Robert Bosch dan teknisinya, Gottlob Honold, membangun sebuah produk yang merevolusi industri otomotif – berupa perangkat dinamo starter untuk stasioner mesin. Tahun 1987, Robert Bosch memasang salah satu perangkat tersebut ke sebuah kendaraan roda tiga untuk melihat apakah perangkatnya itu cocok digunakan sehari-hari di kendaraan bermotor.

Baca Juga :  Harga Laptop ASUS A455l dan Keunggulannya yang Wow

Sejak saat itu, produk-produk Bosch lainnya pun tumbuh menjadi sektor bisnis yang terbesar dan tertua. Selama bertahun-tahun, berbagai inovasi dari Bosch telah banyak membantu kendaraan bermotor menjadi lebih aman, ekonomis dan ramah lingkungan serta menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

produk-produk bosch

produk-produk bosch

Dari gambar diatas, ternyata memang produk Bosch itu tidak hanya wiper saja seperti yang saya gunakan. Banyak sekali produk dari Bosch yang tentu saja dibuat untuk mempertahankan kekuatan kendaraan kita agar selalu nyaman dan aman ketika dikendarai. Yuk, kita lihat detail dari produk-produk buatan Teknologi Jerman untuk kendaraan Asia yang kita miliki itu ada apa saja agar menjadi pertimbangan ketika kita akan memilih suku cadang terbaik untuk kendaraan kita.

Aki

Tahun 1922, Bosch menorehkan sejarah dimulainya produksi aki. Hal ini awalnya dari produksi aki untuk kendaraan penumpang dan off-highway, Bosch terus mengembangkan lini produknya untuk industri otomotif di seluruh dunia. Pada era modern ini, kendaraan dilengkapi dengan berbagai macam komponen mesin yang memerlukan dukungan listrik yang besar dan kuat sehingga kekuatan aki sangatlah penting untuk kendaraan saat ini.

Aki Bosch memberikan performa yang lebih baik dan dapat diandalkan untuk berbagai jenis kendaraan termasuk kendaraan dengan Start-Stop System dan Alternator Management System. Dan, aki Bosch dibedakan menjadi beberapa macam sesuai kebutuhan dan kondisi dari kendaraan masing-masing :

  • SM Mega Power
  • 2W M6 Mega Power Ride
  • Hightec AMS
  • Hightec AGM
  • C3 Battery Charger
  • C7 Battery Charger

Sistem Pengereman

Tahun 1972, Bosch mulai memproduksi komponen rem dengan standar kualitas yang terbaik. Komponen rem Bosch menambah keamanan dan kenyamanan anda dalam berkendara. Adapula beberapa macam produk untuk komponen rem dari Bosch diantaranya :

  • Cakram Rem
  • Kampas Rem Depan
  • Kampas Rem Belakang

Filter

Salah satu komponen penting pada kendaraan Anda karena inilah yang menjadi perlindungan untuk kendaraan. Bosch memberikan beragam jenis filter untuk berbagai macam kendaraan dan tipe mesin yang berbeda. Cocok digunakan untuk beragam sistem kendaraan. Beberapa diantaranya adalah :

  • Filter Udara
  • Filter Kabin
  • Filter Bahan Bakar
  • Filter Oli

Klakson

Ternyata, Bosch juga memproduksi klakson. Pada 1913, Bosch mematenkan klakson otomotif pertamanya di dunia. Beberapa diantaranya adalah :

  • Disc Horns
  • Fanfare Horns
  • Compressor Trumpets

Lampu

Sistem penerangan Bosch tentu akan memuaskan kebutuhan Anda dengan memberikan standar tertinggi dan menawarkan produk terbaik untuk penggunaan di segala jenis kendaraan. Rangkaian produk penerangan Bosch meliputi lampu interior kendaraan, lampu samping, lampu auxiliary, rotating beacons dan banyak ragam jenis lampu lainnya. Dengan inovasi yang semakin berkembang, Bosch turut berkontribusi dalam meningkatkan keamanan dalam perjalanan anda. Beberapa jenis yang diproduksi diantaranya adalah :

  • Standar (Clear/Truck Light/Bulb Kits)
  • Fungsi Tambahan (Plus View/Long Life/ Rallye)
  • Estetika (Sportec Bright, Fusion Bright, Star Bright, All Weather Plus)
  • HID
Baca Juga :  Harga Samsung S8 dan Spesifikasi yang Bikin Melongo

Busi

Bosch merancang setiap busi untuk memenuhi kebutuhan bagi setiap jenis mesin yang berbeda sehingga performa dan kemampuan kendaraan anda tetap terjaga. Beberapa diantaranya adalah :

  • Standart
  • Super 4
  • Platinum
  • Double Platinum
  • Double Iridium

Busi

Bosch merancang setiap busi untuk memenuhi kebutuhan bagi setiap jenis mesin yang berbeda sehingga performa dan kemampuan kendaraan anda tetap terjaga. Beberapa diantaranya adalah :

  • Standart
  • Super 4
  • Platinum
  • Double Platinum
  • Double Iridium

Wiper

Wiper Bosch dapat dipercaya untuk kemampuan penyapuan yang sempurna walaupun dalam kondisi cuaca yang ektsrim. Beberapa diantaranya adalah :

  • Advantage (yang saya gunakan)
  • Clear Advantage
  • Aerotwin
  • Aerotwin Plus

Oli / Pelumas

Pelumas dari Bosch dapat mempertahankan kondisi mesin dalam optimum untuk jangka waktu yang lama dan dapat menambah performa berkendara di posisi terbaik. Beberapa produknya adalah :

  • SN 5W30 Premium X7 / SN 5W40 Premium X7
  • SN 10W30 Mega X6 / SN 10W40 Mega X6
  • SL 20W50 Super X3 / SL 15W40 Super X3

Beberapa produk jujur saya baru mengetahuinya seperti aki dan oli karena memang saya belum menggunakan kedua produk tersebut. Untuk yang lainnya beberapa sudah saya gunakan untuk mobil saya seperti wiper, lampu, dan bel. Untuk gambarnya maaf belum saya sertakan karena memang agak ribet bongkar pasangnya.

wiper lama

wiper andalan merek Bosch

Mengenai persoalan wiper diatas, saya pun pergi ke toko bengkel langganan di deket rumah untuk mencari pengganti wiper lama. Selain berbahaya, bunyi yang dihasilkan ketika mengusir air-air di kaca depan juga sangat keras. Hal ini adalah salah satu tanda kalau wiper harus diganti.

Ketika datang dan menanyakan soal wiper yang saya miliki, pak bengkelnya menawari saya untuk merek sebelah. Saya tidak mau, saya ingin mencari wiper merek Bosch. Akhirnya, beberapa saat kemudian pak bengkelnya kembali dengan wiper Bosch dengan ukuran sesuai yang saya bawa. Harganya pun terbilang murah, Rp. 35.000.

wiper lama

wiper lama

petunjuk pemasangan

petunjuk pemasangan

wiper baru
wiper baru

Sesampai di rumah saya membuktikannya dengan melakukan perbandingan ketika menggunakan wiper lama dengan wiper baru yang sama-sama merek Bosch. Dan, hasilnya sangat memuaskan. Bekas air yang masih menempel ketika menggunakan wiper lama sudah tidak ada lagi, tersapu bersih dengan wiper yang baru.

Terlihat yang kiri masih ada beret-beret atau sisa air yang belum tersapu bersih oleh wiper karena memang karet wiper sudah lemah meski masih terlihat bagus. Bandingkan dengan yang kanan. Tidak ada baret-baret atau sisa air karena memang wiper sudah diganti dengan yang baru. Bunyinya juga sunyi, beda dengan ketika masih menggunakan wiper lama yang bunyinya “krieet krieet” saat digunakan ketika hujan.

BACA JUGA

Tags:

Leave a Reply