Sebelum Membuat Blog Wajib Baca Ini Dulu - Mangacanblog - Dirga

Sebelum Membuat Blog Wajib Baca Ini Agar Tidak Menyesal

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Membuat Blog – Beberapa dari mas dan mbaknya pasti menemukan artikel yang seperti memberitahu mas dan mbaknya kalau membuat blog harus melakukan ini dan itu.

Tetapi, mas dan mbaknya mungkin tidak tahu kalau belum banyak artikel yang membahas soal implikasi dari memulai membuat sebuah blog.

membuat blog

Kegiatan ngeblog sendiri seperti halnya kegiatan lainnya atau pekerjaan lain pada umumnya. Bukan ditanam langsung berbuah.

Semua ada proses. Putus cinta saja juga ada prosesnya, kan? Begitu juga dengan blog.

Yang mas dan mbaknya sering lihat adalah sebuah blog dengan kesuksesan yang besar dimana mas dan mbaknya tidak memikirkan bagaimana sang pemilik membangun blog tersebut.

Banyak dari kita, aku dan mas mbaknya ini tidak ingin tahu bagaimana sebuah karya atau hasil itu dibikin. Hasil jadi, bagus, kita tertarik.

Contoh gampang, aku sering membuat situs toko online untuk klien, tidak sering banget, nah klien tersebut hanya ingin situs tersebut bisa digunakan dan sesuai keinginan, mau dibikin menggunakan apa itu tidak penting.

Mas dan mbaknya sering beli bakso? Mas dan mbaknya ketika membeli bakso apa tanya terlebih dahulu daging baksonya dari apa, kuahnya bahannya apa saja. Tidak kan? Ribet? Tentu.

“Lha ngapain juga tanya, mas, datang, pesan, makan, minum, kenyang, kan beres”.

Begitu juga dengan blog. Contoh blog yang sukses adalah Problogger, kalau di Indonesia ada Raditya Dika. Meski memang sekarang blognya tidak terlalu aktif.

Mas dan mbaknya tahu beliau-beliau ini membangun blognya bagaimana? Jarang aku liaht ada komentar yang tanya “mas ini blognya dulu pake apa?”, “blognya ini pake blog gratis ya mas?”. Lagian ngapain juga tanya soal itu, ya kan?

Membangun blog itu susah. Seperti layaknya menanam padi. Harus sabar dalam beberapa bulan ke depan.

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Blog

Disaat mas dan mbaknya mengetahui kalau blog bisa menghasilkan uang tentu mas dan mbaknya akan tertarik. Karena penghasilan dari blog bisa lebih banyak dari penghasilan pekerja kantoran.

Tetapi ingat, hapus dulu pemikiran cara dapat uang dari blog itu.

#1. Tidak Ada Garansi Blog Dapat Menghasilkan Uang

Kalau mas dan mbaknya tanya kepadaku, aku akan jawab kalau ngeblog ini cara yang paling sulit untuk mendapatkan penghasilan secara online.

Banyak dari mas dan mbaknya mungkin percaya kalau ngeblog adalah cara yang paling sederhana dalam menghasilkan uang secara online.

Yang diperlukan hanya blog, koneksi internet, dan sedikit waktu untuk menulis.

Itu bohong. Tidak semudah itu.

Mas dan mbaknya harus lebih dulu memikirkan blognya tentang apa, untuk apa, terus harus mendapatkan traffic yang oke punya.

Banyak traffic pun juga tidak menjamin kalau blog mas dan mbaknya bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan secara online.

#2. Tema yang Menguntungkan

Kebanyakan dari blogger pemula akan memilih tema soal blog seperti aku ini untuk memulai membuat sebuah blog. Iya kan?

Ini aku simpulkan sendiri kalau blogger pemula pertama adalah mencari kata kunci mendapat uang secara online. Terus dapat di halaman 1 blog membahas soal uang online.

Setelah dilihat ternyata blog tersebut bertema soal blog. Seperti ada artikel soal cara membuat blog di wordpress, cara membuat blog di google, atau cara membuat blog untuk pemula.

Kenapa banyak seperti itu? Karena itu gampang dan memang sudah banyak referensinya.

Ya, jujur aku memang beberapa ambil dari blog lain, tetapi aku cocokkan dengan pengalamanku sendiri. Kenapa aku memilih tema soal blog?

Karena memang sudah suka blog sejak SMA, kuliah di bidang IT jadi lebih memperdalam, dan suka eksperimen soal blog.

Selain itu, aku juga tidak pandai ngomong di depan umum, kecuali dengan teman, karena memang dasarnya pemalu.

Nah, untuk itu jangan terlalu berpikiran kalau blog yang banyak dibaca adalah soal blog karena memang pencarian banyak di area kata kunci mencari penghasilan online.

Mas dan mbaknya cari di Google misalnya cara dapat penghasilan online. Keluar nomor 1 blog A. Di dalam blog A itu lebih bahas soal tema blog. Gitu.

Mas dan mbaknya ketika mengunjungi blog soal referensi film, atau review buku, atau soal travelling, mungkin tidak berpikiran kalau blog seperti itu tidak menghasilkan uang.

Salah. *play lagu lobow – salah*.

Justru itulah beberapa tema yang cepat menghasilkan uang secara online. Asal diniati dan serius.

Semua kalau niat dan serius pasti ada jalan.

Blog travelling misalnya, ketika tulisan di blognya bagus, bisa dapat penawaran soal tiket gratis ke tempat wisata tertentu secara gratis dan nanti ditulis di blognya.

Blog review makanan, bisa dapat makanan gratis dan diminta ditulis reviewnya di blog. Dan masih banyak contoh lainnya.

#3. Membuat Blog dan Menghasilkan

Sekali lagi, jangan memiliki pemikiran kalau ketika sudah membuat blog, maka mas dan mbaknya bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan.

Mas dan mbaknya harus melalui proses membuat blog yang panjang. Membuat artikel, promosi, dan mempertahankan pembaca.

Mas dan mbaknya ibarat ada di dalam gua dan harus bekerja keras untuk membawanya ke perkotaan.

Membuat konten yang berkualitas juga tidak cukup, promosi juga penting.

Susah? Iya. Sabar? Iya.

Kesimpulan

Beberapa hal yang mas dan mbaknya perlu ketahui ketika akan membuat blog. Khususnya yang belum tahu apa-apa soal blog.

Manfaatkan fasilitas yang sudah disediakan seperti blog gratis dari Blogspot ketika pertama ingin terjun di dunia blog.

Selanjutnya silahkan memikirkan ulang soal apa-apa yang sudah aku tulis di atas agar tidak menyesal dan blognya tidak terbengkalai di kemudian hari.

Share.

2 Comments

Leave A Reply