Macam-Macam Takjil Yang Sehat

Posted on

Berpuasa di bulan Ramadhan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak umat islam di seluruh dunia. Maka, tak heran jika banyak orang yang rela melakukan puasa satu bulan penuh. Puasa tidak luput dari hidangan berbuka puasa yang bisa membuat lidah menjadi bergoyang. Sajian berbuka sebelum memakan makanan berat adalah takjil. Takjil biasanya dihidangkan sebagai menu awal saat pertama kali terdengar adzan. Macam –macam takjil berikut ini bisa anda jadikan referensi agar anda lebih sehat.

1. Air Putih

Siapa bilang jika takjil adalah berbentuk makanan. Takjil itu bisa apa saja yang penting dimakan sebelum makanan berat. Air putih adalah asupan yang harus ada di dalam tubuh. Seharian berpuasa pastilah membuat tubuh menjadi kehilangan banyak cairan. Cairan yang hilang karena berpuasa, bisa anda gantikan dengan asupan air putih. Maka ketika waktu berbuka puasa telah tiba, anda bisa mengonsumsi air putih beberapa gelas.

2. Kurma

Selain mengonsumsi air putih yang bisa menyehatkan tubuh. Konsumsi kurma sebagai takjil juga sangat sehat untuk tubuh. Dengan memakan beberapa butir kurma, maka anda sudah bisa merasa kenyang. Selain itu juga badan anda yang tadinya lemas, akan kembali berenergi. Hal ini disebabkan karena kurma mengandung banyak vitamin yang bisa mengembalikan metabolism tubuh.

3. Buah-Buahan

Buah-buahan juga bisa anda jadika sebagai takjil untuk berbuka puasa. Anda bisa memilih buah-buahan yang kaya akan serat. Dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat, bisa membuat anda lancar untuk buang air besar. Seperti yang kita ketahui, seharian berpuasa bisa menyebabkan pencernaan menjadi terganggu. Terganggunya pencernaan tentunya akan menyulitkan anda. buah-buahan yang bisa anda pilih seperti papaya atau pisang. Kedua buah tersebut banyak mengandung serat.

4. Minuman yang Manis

Seharian berpuasa, akan membuat tubuh menjadi lemas. Nah, untuk mengembalikan tubuh yang sudah lemas, anda bisa mengonsumsi minuman yang manis. Namun, untuk lebih sehat ada baiknya anda membuat sendiri minuman anda. karena jika membeli minuman kaleng atau minuman yang banyak dijual di swalayan justru akan membuat anda tidak sehat. Anda bisa membuat sendiri the manis sendiri di rumah. Anda bisa menambahkan madu supaya lebih sehat.

5. Makanan Yang Manis

Selain minuman yang manis, makanan yang manis juga bisa menyehatkan tubuh ketika seharian berpuasa. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah agar lebih sehat. Anda juga bisa menggunakan bahan seadanya. Anda bisa membuat kue bole pisang yang sehat. Artinya anda jangan menambahkan bahan-bahan yang tak sehat. Anda bisa mengganti gula dengan madu. Kemudian anda bisa gunakan tepung organik agar lebih sehat.

6. Makanan Yang Tinggi Protein

Takjil juga tidak harus makanan yang manis. Makanan yang tinggi protein juga bisa menyehatkan tubuh. Anda bisa memilih telur sebagai bahan yang tinggi protein. Anda bisa mengkreasikan telur dengna jagung. Anda bisa membuat dadar jagung yang diberi telur. Anda juga bisa membuat makanan seafood sebagai takjil. Anda bisa membuat bakwan udang yang tinggi protein. Selain itu juga, anda bisa membuat tokoyaki dengan toping gurita, udang dan ikan.

Dengan mengonsumsi takjil yang sehat di atas maka anda tidak akan lemas lagi setelah berpuasa seharian penuh. Ada baiknya juga anda membuat takjil sendiri di rumah agar lebih higenis. Dikarenakan kita tidak pernah tahu bagaimana pedagan membuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *