Liburan Penuh Pertanyaan bersama ASUS

Sebenarnya yang namanya liburan tidak harus menginap atau harus ke tempat yang jauh. Liburan menurutku adalah bagaimana kita bisa benar-benar lepas dari sebuah rutinitas yang setiap hari kita lakukan seperti bekerja. Nah, liburanku kali ini tidak jauh-jauh, hanya sedikit touring ke daerah Cangar yang mana daerah ini dikenal dengan daerah pegunungan dan menjadi jalur alternatif Batu – Pacet kalau jalur utama Malang sudah sangat macet banget.

Rencana dadakan untuk menuju ke cangar dikarenakan salah satu temanku yang seorang motovlogger Surabaya mengajak untuk keliling Cangar menuju ke Batu hanya untuk membeli susu sapi di alun-alun. Aku pun langsung setuju meskipun sebelumnya awal tahun sudah sempat staycation di villa di Batu juga. Tapi, karena urusan pekerjaan jadi tidak aku fokuskan untuk mengambil gambar dan memikirkan konten liburan ini.

Sabtu, 12 Desember 2018. 08.00 WIB

Pagi buta, aku sudah siap-siap dengan peralatan yang perlu dibawa. Karena tidak menginap, aku pun hanya membawa 1 pasang pakaian ganti jaga-jaga di jalan kehujanan. Sebagai seorang yang bertanggungjawab, aku juga memasukkan laptop kesayanganku agar nanti kalau ada pekerjaan mendadak masih bisa aku kerjakan di jalan. Kerja sebagai content writer memang begitu, kemanapun ada konten, langsung buat.

Kamera, laptop, pakaian ganti, tripod, power bank, sudah pasti masuk kedalam tas. Berat? Pasti. Laptop dan kamera yang bikin berat. Belum lagi ada tripod. Tapi, demi liburan dan demi konten, gas pol rem pol setengah.

12.00 WIB

Kami telah sampai di area Cangar yang mana saat itu bisa dibilang ramai-ramai manja. Sebenarnya, kami berempat, hanya saja ada yang tidak jadi ikut dikarenakan ada urusan keluarga. Temanku yang motovlogger pun tak lupa merekam perjalanan kami dari Surabaya hingga ke Cangar dan entah dia telah berbicara apa saja.

Disini kami hanya berhenti sebentar untuk istirahat dan minum. Aku langsung mengeluarkan laptop untuk mengirimkan email karena aku lupa kalau hari itu terakhir mengirimkan invoice kepada klien.

Eh Dir, lapo gowo laptop iku?” – (Eh Dir, ngapain bawa laptop itu?)

Yo gawe kerjo, kenopo emang e?” – (Ya, untuk kerja, memangnya kenapa?)

Yo gak popo seh, tapi tak delok-delok, awakmu kok sering ngomongno ASUS yo? Apik a laptop ASUS?” – (Ya tidak apa-apa sebenarnya, tapi aku lihat-lihat, kamu kok sering ngomongin ASUS ya? Laptop ASUS itu bagus?)

Dari sinilah semua pertanyaan aku rangkum dan aku susun sehingga menjadi seperti sebuah ungkapan yang begitu familiar yaitu pertanyaan dari A sampai Z (tanya yang berkepanjangan) karena memang temanku yang seorang motovlogger ini sedang membutuhkan pencerahan tentang laptop yang bagus untuk editing, gaming, dan tentu dibawa untuk touring, sebab ketika touring dia kadang harus mem-backup video-video vlognya selama perjalanan agar memori yang digunakan tidak cepat habis.

Sebagai pegguna produk ASUS, khususnya laptop selama kurang lebih 3 tahun, aku sangat merekomendasikan ASUS sebagai laptop pilihan. Sebab, selama ini aku juga memegang beberapa merk laptop lainnya dan tetap hati ingin kembali ke ASUS.

  1. Murah
  2. Spesifikasi lebih tinggi di harga yang sama
  3. Garansi
  4. Build quality
  5. Banyak pilihan
  6. Mudah

Karena temanku seorang motovlogger, ketika itu langsung kukatakan “lek arep golek laptop ASUS, golek o tipe ASUS ZenBook S UX391UA, harga karo spesifikasi jos tenan“. – (Kalau mau cari laptop ASUS, cari saja tipe ASUS Zenbook S UX391UA, harga dan spesifikasinya mantap banget).

Piro regane, Dir?” –  (Berapa harganya, Dir?)

27 juta, tapi timbang awakmu bangun komputer sing apik rasane yo sakmunu, ikupun lek awakmu butuh ngedit video ambek backup nang luar kota sek isok digowo, lho, lek komputer kan angel” – (27 juta, tapi daripada kamu bangun komputer yang bagus rasanya juga segitu, itupun kalau kamu butuh edit video dan backup di luar kota masih bisa dibawa lho, kalau komputer kan susah)

Seperti itulah dia langsung kaget mendengar harganya. 

Wah, masalah desain, Zenbook S UX391UA dan zenbook-zenbook lainnya merupakan gabungan dari yang namanya keanggunan, kecanggihan dan desain yang sempurna. Belum lagi ada lampu latar keyboard berwarna emas beserta lid sewarna. 

Gak perlu isin lek misal e gowo laptop Zenbook S UX391UA, jamin gak ngisin-ngisini“, cetusku. – (Tidak perlu malu kalau misalnya membawa laptop Zenbook S UX391UA, dijamin tidak memalukan)

Sebenarnya tidak hanya zenbook saja yang desainnya cakep, semua laptop ASUS kalau dilihat memiliki corak seperti bling-bling di bagian belakang layarnya seperti laptop premium.

40 - step

Spun-metal finish

2 - phase

Anodized highlights

Unibody

All-metal construction

Rose Gold

Diamond-cut edges

Nah, inilah kerennya ZenBook S UX391UA. Jadi, laptop keren ini sudah punya sertifikat yang dinamakan Ultratough: military-grade durability.

Jadi, ZenBook S itu sudah memenuhi standar militer MIL-STD 810G yang mana akan sangat bisa diandalkan untuk masalah daya tahan, karena sudah menjalani serangkaian uji yang mencakup pengujian terhadap operasi di lingkungan yang keras termasuk ketinggian ekstrim, suhu dan kelembaban.

Selain itu, laptop ZenBook S UX391UA ini juga telah lulus tes laptop internal ASUS yang jauh melebihi standar yang ditetapkan oleh industri.

Awakmu gak usah khawatir, arep mbok gowo keliling kota nangdi ae, arep mbok buka nang dalan opo nangdi ae, gak akan onok masalah. Kuat, kuat ae“, kataku. – (Kamu tidak usah khawatir, mau kamu bawa keliling kota dimana saja, mau kamu buka laptop di jalan atau dimana saja, tidak akan ada masalah. Kuat, kuat saja). Karena kita tahu kalau motovlogger itu kerjaannya pasti tidak jauh-jauh dari kerasnya jalanan.

Wes podo koyok pertanyaan pertama, bro, sampai saiki aku gawe ASUS enak-enak ae kok. Spare part melimpah, regone murah, spesifikasine mbois, gampang dimodif, enak banget“. – (Sama seperti pertanyaan pertama, bro, sampai sekarang aku menggunakan ASUS enak-enak saja. Spare part melimpah, harganya murah, spesifikasinya keren, mudah dimodif, enak banget).

Kalau ASUS ZenBook S UX391UA sendiri itu fiturnya sendiri sangat-sangat banyak sekali. Bahkan ada fitur unggulannya, lho!

Opo ae Dir penasaran aku laptop rego sakmunu larang e fitur e opo ae seh!“, ungkap temanku penasaran – (Apa saja Dir penasaran aku laptop seharga segitu mahalnya fiturnya apa saja!).

Fitur unggulannya itu ada di segi :

Bobot

Desain

Performa

Layar

Baterai

Suhu

Konektifitas

Audio

Keamanan

Kualitas

Kalau soal garansi tidak perlu khawatir, karena ASUS akan memberikan garansi hingga 2 tahun untuk semua produk laptopnya.

Yang pasti service center-nya itu banyak jadi tidak perlu takut kalau untuk yang tinggal di daerah. 

ASUS ZenBook S UX391UA ini disediakan oleh ASUS hardisk sebesar 512 GB.

Lho, kok titik Dir hardisk e?“, tanyanya (Lho kok sedikit Dir hardisknya?).

Eh, tapi itu PCIe SSD, lho! Yang pasti kalau kurang nanti tinggal belikan saja hardisk eksternal. Kalau soal kecepatan dijamin tidak akan lemot meski digabung edit video dan main game.

4.46X

Faster than PCIe® x25

6.18X

Faster than a SATA 3 SSD5

ZenBook S NVMe PCIe® Gen 3 x4 SSD
3217 MB/s
PCIe SSD x2
720 MB/s
SATA 3 SSD
520 MB/s

Laptopku rego 5 juta teko ASUS iki ae wes ngebut nemen, opo maneh sing rego sakmunu dengan spesifikasi koyok ngunu, bro!“, kataku – (Laptopku seharga 5 juta dari ASUS ini saja sudah ngebut banget, apalagi yang harga segitu dengan spesifikasi seperti itu, bro!).

Dir, aku kan sering luar kota, sering di jalanan, kalau bawa laptop ASUS seperti itu aman nggak, takut nanti ada data-dataku yang diambil orang kalau laptopku dicuri?

Inilah hebatnya ASUS ZenBook S UX391UA. Masalah keamanan juga tidak perlu dipikirkan karena laptop ini itu sudah menggunakan fitur keamanan sidik jari di bagian touchpad-nya. Sudah tidak repot untuk menghafalkan password laptop atau harus mengetikkan password laptop lagi.

Salah satu fitur spesial di laptop ASUS ZenBook S UX391UA adalah masalah konektifitas. Jadi, laptop keren ini dibekali 3 port USB tipe C yang mana 2 dari 3 port di ZenBook S menggabungkan teknologi Thunderbolt ™ 3 terbaru yang digunakan untuk koneksi ultracepat serbaguna ke semua periferal terbaru. Fakta lainnya adalah dua kali lebih cepat5 dari Thunderbolt™ 2 hingga delapan kali lebih cepat5 dari USB 3.1 Gen 1. 

Di sisi WiFi, penggabungan dengan WiFi Masterbisa dipastikan untuk dapat menikmati koneksi Wi-Fi yang lebih cepat dan lebih andal pada jarak yang lebih jauh.

2x2 802.11ac 867Mbps
6x lebih cepat !!!!!!!
1x1 802.11n 150Mbps
Kalah cepat 🙁

Untuk sektor layar, ASUS ZenBook S UX391UA mengusung layar 1920 x 1080 piksel atau Full HD, dimana kerapatannya hingga 331 ppi. Jadi bakal tajam warna yang dihasilkan. Belum lagi seperti layaknya ponsel sekarang, screen-to-body-rationya mencapai 85% alias minim bezel yang mungkin akan mengganggu pandangan kita.

Tidak hanya itu saja, kini layarnya juga menggunakan teknologi NanoEdge yang akan membuat siapa saja yang membutuhkan pekerjaan visual menjadi sangat terbantu. Sudah support multi-touch pula. Ajib kan?

Dadi, layar e iki tajem banget, ketok jelas, lek arep gawe video mesti nanti hasil e uwapik” – (Jadi, layarnya ini tajam banget, terlihat jelas, kalau membuat video hasilnya pasti bagus banget).

01 (FILEminimizer)

RAM e piro iku, Dir? Soale RAM laptopku sing lawas mek 4 GB dadine lemot. Lek laptop sing gawe edit video ambek main game enak e piro GB?” – (RAMnya berapa itu, Dir? Soalnya RAM laptopku yang lama hanya 4GB makanya lemot. Kalau laptop digunakan untuk edit video dan main game enaknya berapa GB?).

Bro, laptop ZenBook S UX391UA ini sudah 16 GB. “Piye? Kaget ora?” – (Bagaimana? Kaget tidak?).

Jadi, masalah editing video, render video, terus main game-game berat seperti GTA V, Farcry, itu sudah pasti akan dilibas habis. Lancar tanpa lag.

16 GB

RAM

2133 MHz

Ultrafast RAM

1.13 X

Faster than 1866MHz RAM5

Keyboard ASUS ZenBook S UX391UA itu dibuat seenak mungkin, senyaman mungkin, dan seergonomis mungkin. Alasannya agar kalau menggunakan keyboard laptop tidak akan terasa kekecilan, juga akan bisa merasakan seperti menggunakan keyboard komputer yang besar itu. Terus, di keyboardnya ada penerangannya, jadi bisa digunakan dengan mudah meskipun dalam keadaan gelap sekalipun.

0.2 mm

Dished keycaps

19.05 mm

Key pitch

1.2 mm

Key travel

Laptop zaman sekarang itu sudah pasti menggunakan OS Windows 10 sebagai operating system bawaan. Dijamin asli dan pasti aman karena selalu mendapatkan pembaharuan.

Jadi, prosesor yang digunakan ini adalah Core i7 terbaru yang kecepatannya diklaim mengalahkan produk sebelah (menurut Cinebench R15). 

2.17 x

Lebih cepat dari merk sebelah

1.78 x

Lebih cepat dari ZenBook 3 (UX390)

Cinebench R15

ZenBook S
577
ZenBook 3 (UX390)
324
Merk Sebelah Dominan Putih
265

Lek 1 kg menurutmu abot gak bro?” – (Kalau 1 kg menurutmu berat nggak bro?)

Dibandingno ROG seh abot ROG, Dir. Enteng koyok e!” – (Dibandingkan ROG sih berat ROG. Ringan sepertinya, Dir!).

ZenBook S UX391UA dibentuk hanya dengan total berat 1 kg saja. 

Inilah kenapa pilih ZenBook S UX391UA buat seorang motovlogger, karena laptopnya ringan dan tipis, jadi tidak akan memberatkan barang bawaan kalau misalnya touring luar kota. Punggung akan aman dari pegal-pegal.

Tim ASUS Golden Ear sudah bekerja sama dengan spesialis audio Harman Kardon untuk menghasilkan teknologi audio ASUS SonicMaster Premium generasi berikutnya. Hasilnya sangat mencengangkan. ZenBook S mengusung dua speaker stereo berkualitas tinggi dan efek suara surround yang menyelimuti dengan audio berkualitas bioskop.

Penguat cerdas khusus yang ada didalamnya juga memastikan volume maksimum dengan distorsi minimum untuk suara yang kuat dan jernih. 

Sudah menggunakan Harman Kardon, masih meragukan bagaimana kualitas suaranya? Suara di videomu nanti akan terdengar bersih bebas kotoran, bro!

Ketebalannya hanya 12.9 mm, sangat tipis untuk seukuran laptop premium.

Mungkin tidak akan terlihat seperti laptop, malahan seperti tumpukan kardus saja. Sangat-sangat tipis.

Usia ini maksudnya tahan berapa lama gitu kan ya? Kalau penggunaan diklaim oleh ASUS bisa sampai 13.5 jam lebih, tetapi biasanya untuk penggunaan dengan intensitas tinggi menurutku bisa sampai 5 jam. *perkiraan*

ASUS ZenBook S memiliki rahasia tersembunyi yang sekarang sudah tidak menjadi rahasia lagi.

Ssstt, dia sudah mendukung fast chargelho!

Jadi, kamu bisa mengisi ulang ZenBook S hingga kapasitas 60% dalam waktu 49 menit saja. Canggih kan? 

13.5 hrs

Up to 13.5 hours
battery life

60%

Fast charging 60% in 49 mins

50 Wh

Battery capacity

Kan, biasane laptop lek sering digawe iku cepet panas, Dir. Lek iki cepet panas nggak?” – (Kan, biasanya laptop kalau sering digunakan itu cepat panas, Dir. Kalau ini cepet panas nggak?).

Jadi gini, sebenarnya yang membuat panas itu karena banyak kotoran di saluran udara atau di kipasnya laptop yang membuat sirkulasi tidak lancar. Selain itu, thermal yang ada diatas prosesor mungkin saja sudah kering dan membuat panas yang ditimbulkan oleh kinerja prosesor menjadi tidak ada penangkalnya.

Canggihnya ASUS ZenBook S ini sudah menggunakan kipas kaca kristal cair yang tebalnya hanya 0,3mm dan pipa panas paduan tembaga dengan dinding setipis 0,1 mm saja. Desain interior kipas yang baru memiliki system aliran udara yang telah ditingkatkan sehingga mengeluarkan udara hangat melalui ventilasi tersembunyi di engsel, untuk pendinginan yang efisien dan tenang bahkan saat beban yang tinggi.

Untuk itulah, ZenBook S ini bisa dibilang laptop anti panas karena teknologi-teknologi diatas. Oh ya, jangan sesekali kalau laptop panas dikasi obat penurun panas, ya!

Deep Dive Blue

Burgundy Red

Semua tergantung danamu, bro! Hahaha !“, kelakarku. 

Kalau ada dana lebih, aku sangat rekomendisikan laptop ASUS ZenBook S ini.

Tidak tahu kenapa aku jatuh cinta kepada laptop ASUSku ini, A455LF. Aku miliki dia sejak aku memulai skripsi untuk mendapatkan gelar wisuda. Hanya aku tambahkan RAM menjadi 12 GB, gelar sarjanaku akhirnya tercapai. Bikin skripsi cepat selesai, no lag.

Anda ingin skripsi cepat selesai? Pakai ASUS. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .yang bonusnya dosen bimbingan tanpa revisi.

Tapi, terkadang ada suatu waktu saat kita hanya bisa berangan-angan tentang apa yang ingin kita miliki. Melihat orang lain begitu mudahnya mendapatkan apa yang mereka suka, yang mereka butuhkan. Tetapi, aku? Hanya bisa tersenyum bahagia karena aku masih memiliki sesuatu yang bisa kumiliki meskipun tidak sebagus apa yang mereka miliki. Tersenyum bahagia meski terkadang sesekali aku benci.

Dia yang sedang bersamaku saat ini ada waktunya harus mengambil nafas sebentar. Aku paham, tetapi situasi yang buat aku jengkel kepadanya. Disaat aku butuh, dia tidak bisa optimal.

Ya, mungkin itu adalah hal wajar dalam sebuah hubungan. Tapi, mau bagaimana lagi hanya dia yang bisa kumiliki saat ini, meskipun memang hati ini ingin mendapatkan yang lebih seperti ASUS ZenBook S UX391UA.

Laptop yang begitu indah, begitu menawan, begitu kuat, begitu kokoh, begitu cepat, begitu mumpuni, begitu merajai di segala lini dibandingkan laptopku sekarang ini.

Sudah kuputuskan kalau #ZuaRibuSembilanBelasGantiZenBook. Begitu yang aku katakan pada temanku yang motovlogger ini. Siapa tahu kita berdua memiliki rezeki untuk bisa membeli ZenBook S ini.

Itulah ceritaku saat menjalani liburan singkat atau mungkin cuman bisa dibilang jalan-jalan saja, karena bagiku setiap hari itu liburan. Sebuah obrolan di warung kopi di daerah Cangar tentang laptop dan keputusan untuk meminangnya. Semua pertanyaan dari A sampai Z diatas diharapkan bisa menjawab laptop yang bagus itu yang seperti apa.

Laptop yang bagus adalah laptop yang bisa memenuhi segala kebutuhanmu dan pekerjaanmu. Tetapi, semua kembali ke masalah dana yang dimiliki. Pilih kebutuhan yang benar-benar kebutuhan, bukan ada embel-embel keinginan.

2 thoughts on “Liburan Penuh Pertanyaan bersama ASUS”

  1. Wah wah …. ini sih artikel, effortnya luar biasa sekali pasti mikirnya. Kereeeenn…

    Selamat ya Mas Dirga dapat Jam Tangan branded … Terima Kasih atas artikel kerennya. Salam Blogging.

Leave a Comment