Kerja Online yang Terpercaya dan Sedikit Tanpa Modal

Kerja Online dari Rumah yang Terpercaya untuk Semua Kalangan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Kerja online merupakan salah satu jenis pekerjaan tanpa ada ikatan hukum seperti di kantor atau instansi lainnya. Tetapi, kerja secara online bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Kenapa? Berikut penjelasannya :

kerja online

Arti Kerja Online

Mungkin banyak dari mas dan mbaknya yang tidak mengerti apa yang dimaksud dengan kerja online, khususnya kerja online terpercaya karena masih saja banyak yang suka menipu.

Bagi kebanyakan “calon pengangguran” seperti saya, mendapatkan sebuah pekerjaan yang bekerja secara full time belum tentu mudah.

Apalagi jika tidak memiliki sebuah keahlian tertentu.

Mengingat perkembangan teknologi yang pesat, mendapatkan penghasilan dari rumah bukan hal yang sulit.

Tak hanya bisa dimanfaatkan oleh saya yang seorang mahasiswa semester akhir ini yang waktu luangnya sangat banyak, kerja secara online juga bisa diterapkan oleh mas dan mbaknya yang masih berstatus pelajar atau sudah menikah dan memiliki anak sebagai penghasilan sampingan. Mengapa?

Karena kerja online dari rumah sifatnya fleksibel dan tidak terikat dengan waktu dan tempat.

Kerja online tentunya sangat bermanfaat untuk mas dan mbaknya yang ingin mengisi waktu luang agar dapat memperoleh penghasilan tambahan.

Bahkan, pekerjaan ini juga bisa menjadi sumber penghasilan utama. Hal ini dikarenakan omsetnya yang lumayan.

Alasan Kerja Online

Lantas, mengapa harus kerja online dari rumah? Ada banyak manfaat yang akan mas dan mbaknya peroleh saat bekerja di rumah.

Saya sendiri sudah mendapatkan manfaatnya. Diantaranya saya bisa mengatur waktu sendiri sesuai dengan keinginan. Jika mas dan mbaknya bekerja di kantor tentu waktu yang dimiliki akan terikat dengan peraturan kantor, bukan?

Nah, disini saya tidak perlu memikirkan hal tersebut. Sebab pekerjaan dapat saya handle dimanapun dan kapanpun.

Dengan keleluasaan tersebut, saya bisa mengerjakan skripsi dengan enak dan waktu luang ketika skripsi sedang mampet bisa saya kurangi.

Bahkan saya bisa membantu segala kebutuhan rumah seperti menjaga situasi rumah kos, membersihkan rumah dan lain sebagainya. Dan yang pastinya, kerja dari rumah secara online membuat saya bisa menentukan seberapa banyak penghasilan yang diinginkan.

Contoh Kerja Online di Rumah

Intinya, kerja online membuat mas dan mbaknya bisa memperoleh penghasilan tambahan tanpa perlu mengorbankan segala keperluan dan kebutuhan mas dan mbaknya. Contohnya adalah lowongan kerja online terpercaya untuk ibu rumah tangga.

Sangat cocok untuk mas dan mbaknya yang sudah berkeluarga dan ingin membantu suami mencari penghasilan namun tidak bisa meninggalkan rumah karena harus mengurusi rumah tangga. Salah satu lowongan kerja online yang bisa dilakukan di rumah adalah kerja online input data atau data entry.

> Memang, apa sebenarnya pekerjaan data entry?

Banyak orang yang mengenal pekerjaan ini dengan sebutan data entry captcha. Captcha merupakan deretan karakter ataupun simbol terlihat pada suatu halaman web form berupa gambar yang diacak secara samar-samar.

Sederhananya, captcha ini sengaja dibuat untuk memastikan bahwa yang masuk ke laman web tersebut bukanlah komputer atau mesin melainkan manusia.

Captcha berfungsi sebagai fitur keamanan yang membatasi akses para penyebar spammer bot supaya tidak dapat masuk ke fitur web seperti komen dan lain sebagainya.

Tak hanya dipakai dalam halaman komentar suatu blog, captcha seringkali digunakan untuk masuk ke email.

Untuk lowongan kerja online untuk entry data ini, mas dan mbaknya hanya perlu mengetik ulang captcha yang tampil dengan benar dan juga teliti.

Syaratnya, mas dan mbaknya harus bisa mengetik dan mengoperasikan komputer serta internet dengan cepat dan lancar. Sistem pembayaran kerja dari rumah data entry biasanya menggunakan web money seperti Paypal.

> Contoh lain kerja online selain entry data adalah penulis konten.

Seperti yang diketahui, internet menjadi suatu hal yang sangat berperan dalam kehidupan manusia mulai dai berkomunikasi melalui media sosial, bekerja, mencari materi sekolah dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tak heran jika banyak yang mencari segala macam informasi melalui internet.

Contohnya ya lowongan kerja penulis online.

Hampir semua website di internet yang membutuhkan penulis konten untuk mengisi website yang dimiliki. Jika mas dan mbaknya memiliki kemampuan untuk menulis, apa salahnya untuk dicoba?

Apalagi menjadi penulis konten adalah kerja online gratis tanpa modal apapun selain komputer dan kemampuan untuk menulis. Disamping itu, kerja online sebagai penulis konten sifatnya juga fleksibel.

Mas dan mbaknya dapat mengirim konten ataupun artikel kapanpun, sesuai dengan kesepakatan awal dengan pembeli konten atau tulisan mas dan mbaknya.

Kerja Online sebagai Blogger

Berbicara tentang kerja dari rumah, saat ini saya sudah menjalankan usaha dengan membuat blog sendiri. Kerja sampingan online ini sangat mudah dilakukan karena saya tidak perlu terikat dengan jam kerja.

Sehingga kebutuhan rumah dan skripsi saya bisa terurus.

Selain itu, membuat bisnis blog juga bisa menyalurkan hobi saya yang suka menulis dan membahas tentang suatu hal “tema” yang menyenangkan bagi saya.

Hal yang Harus Saya Lakukan

Sebelum menjalankan kerja online ini, ada beberapa hal yang harus saya lakukan. Berikut ulasannya:

#1. Menentukan Niche

Saya memilih niche terlebih dahulu. Hal ini sangat penting, terutama bagi mas dan mbaknya yang baru saja akan membuat blog.

Memilih niche sama artinya dengan memilih tema yang akan dibahas dan diangkat pada sebuah blog. Dengan mas dan mbaknya memilih niche, maka artikel dan juga postingan yang ada di blog juga akan lebih terarah.

Tentunya, pemilihan niche ini sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan blog saya ke depan. Sebelum memilih niche blog, hal yang perlu dipikirkan adalah apa yang saya sukai dan juga ilmu apa yang dikuasai.

Dengan begitu, mas dan mbaknya akan mudah menentukan niche apa yang tepat diterapkan pada blog. Kerja online dengan membuat blog bisa menjadi kerja online dibayar dan ada juga yang tidak.

Semua tergantung dari kemampuan mas dan mbaknya dalam mengelola blog dan juga menentukan niche.

Karena saya sangat suka dengan hal-hal yang berbau teknologi dan internet, maka niche yang saya pilih adalah yang berkaitan dengan teknologi seperti laptop, media sosial, review laptop dan aplikasi, dan lain sebagainya.

Selain menyenangkan, blog tersebut juga digunakan untuk menghasilkan uang dengan menjual artikel seperti artikel review yang menurut saya menguntungkan.

Selain memperoleh penghasilan dari penjualan tersebut, saya juga mendapat uang tambahan dari pengusaha-pengusaha yang ingin mengiklankan produknya di blog.

Pendapatan dari iklan tersebut dapat mas dan mbaknya peroleh jika blog yang dibuat sudah ramai pengunjung.

#2. Memilih WordPress atau Blogspot

Setelah menentukan niche, hal yang saya lakukan adalah daftar ke situs pembuatan blog. Seperti yang diketahui, wordpress dan blogspot merupakan situs pembuatan blog yang bisa digunakan secara gratis.

wordpress vs blogspot

Hal ini tentu membuat mas dan mbaknya yang baru pertama kali membuat blog bingung memiih diantara keduanya. Sebenarnya, memilih blogspot ataupun wordpress tergantung dari fitur utama yang ingin diprioritaskan dan selera masing-masing.

Lebih detailnya ada di artikel saya soal Blogspot atau WordPress.

#3. Memilih Hosting, Shared Hosting atau VPS

Setelah memilih situs layanan untuk membuat blog, hal yang saya lakukan selanjutnya untuk mengembangkan bisnis kerja online ini adalah memilih hosting.

Ada banyak penyedia layanan hosting yang bisa mas dan mbaknya temui di internet. Namun, tak semua memberikan kualitas yang memuaskan.

Shared hosting adalah hosting yang terbagi-bagi. Ibaratnya disini mas dan mbaknya itu kos. Jadi ada 1 rumah dengan banyak kamar, dan blog mas dan mbaknya akan menempati salah satu kamar tersebut.

vps vultr logo

Saya pernah menggunakan hosting di Gigmanity. Gigmanity adalah salah satu penyedia jasa pembuatan hosting yang sudah dipercaya oleh banyak blogger. Paket hosting Gigmanity memiliki server yang terletak di lebih dari satu data center.

Penyedia layanan hosting ini juga didukung dengan fitur cPanel secara penuh serta softaculous lisensi premium yang tentunya akan memudahkan mas dan mbaknya dalam menginstall CMS pilihan hanya dengan klik klik klik.

Untuk VPS, sudah saya bahas di artikel tentang pemilihan saya menggunakan VPS Vultr. Dan, itu yang saya gunakan sekarang. Kenapa? Karena dalam hal ini ibaratnya saya mengontrak rumah. Bebas.

#4. Memilih Domain

Setelah memilih hosting, bisnis kerja online dari rumah yang saya lakukan adalah menentukan domain yang akan digunakan. Domain sangat berperan penting dalam dunia blogger. Dengan domain ini, blog saya akan memiliki identitasnya sendiri.

Dimana tidak akan sama dengan blog-blog lainnya. Sebab domain suatu blog dengan blog lainnya tidak boleh sama. Misalnya domain milik saya adalah dirga.net, maka tidak akan ada blog lain yang memiliki domain serupa.

Situs penyedia domain yang bisa mas dan mbaknya coba diantaranya adalah Qwords, Idwebhost, dan yang luar negeri adalah Namecheap.

idwebhost

Saya menjatuhkan pilihan untuk domain ada di Idwebhost. Karena di Idwebhost saya menemukan nama domain yang sudah saya idam-idamkan ini. Perbedaan dengan Qwords dan Namecheap apa? Mungkin harganya.

Baca juga Idwebhost, 5 Alasan Harus Beli Domain Disitu

Saya memiliki banyak blog dengan nama-nama domain di kedua situs penyedia domain ini. Bagus. Dan sebelum saya menggunakan Idwebhost, saya menggunakan di Qwords.

#5. Memasang Plugins yang Dibutuhkan

Selanjutnya adalah memasang plugin. Untuk mas dan mbaknya yang belum tahu, plugin adalah suatu hal yang sangat wajib di ketahui oleh para web master.

Sebenarnya plugin merupakan aplikasi yang memiliki ukuran kecil dan diterapkan pada aplikasi lain yang memiliki ukuran lebih besar.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan performa dan fungsionalitas aplikasi berukuran besar tersebut.

Selain itu, adapula yang mengatakan bahwa plugin pada sebuah blog merupakan suatu program tambahan yang dapat diintegrasikan dengan blogspot atau WordPress untuk menyediakan berbagai fungsi lain yang saat ini belum tersedia.

Pada dasarnya, plugin ini berguna untuk menambah fungsi script agar layanan dan fitur dalam sebuah blog semakin meningkat.

Plugins wajib untuk pengguna WordPress (saya tidak menggunakan blogspot) menurut saya adalah :

  • Yoast SEO : Untuk mengetahui kadar SEO di blog.
  • Akismet : Memutus hubungan dengan komentar-komentar spam.
  • Jetpack : Mengetahui performa blog kita.
  • Google XML Sitemap : Memasukkan sitemap atau rangka blog kita ke search engine atau Google.

Plugins pendukung lainnya disesuaikan dengan kebutuhan mas dan mbaknya. Seperti plugins kontak, atau plugins untuk memasukkan foto mas dan mbaknya.

#6. Memulai Artikel dan Posting

Setelah dasar-dasar pembuatan blog tersebut sudah dilakukan, hal yang saya lakukan dalam mengembangkan usaha kerja online ini adalah memulai artikel yang sesuai dengan niche yang telah ditentukan.

Karena niche saya berkaitan dengan teknologi, maka artikel yang saya posting tentunya berkaitan dengan hal tersebut seperti cara menginstall windows 7, cara arrived di path, review website mangacanblog, dan lain sebagainya.

Untuk teknisnya bisa langsung ke artikel saya yang cara SEO On Page pada artikel.

#7. Membagikan Artikel

media sosial

Selain memposting artikel, saya juga mengirim berbagai konten menarik untuk menarik minat para netizen. Saya sering memposting artikel-artikel yang dibuat sendiri ataupun orang lain.

Dimana artikel-artikel tersebut saya posting ulang melalui blog saya tersebut.

Selain menyalurkan minat, blog tersebut hingga saat ini menghasilkan uang yang melimpah untuk membantu perekonomian kantong tipis saya.

Konten yang juga sering saya posting adalah soal berita internet terkini, tutorial tentang media sosial dan blogging, cara dapat uang dari blog, dan masih banyak lagi.

#8. Monetize

kerja online

Setelah membuat blog dan juga isinya, lantas bagaimana cara kerja online ini agar bisa menjadi pundi-pundi uang?

Menguangkan blog atau yang dikenal dengan istilah monetization sebenarnya adalah penerapan metode-metode yang bisa dilakukan agar dapat menghasilkan uang dari artikel dan juga konten yang ada di blog.

Caranya bisa langsung ke artikel saya yang cara dapat uang dari blog.

Kesimpulan

Dari blogging ini, setidaknya saya bisa mengantongi uang yang lumayan untuk membeli pulsa dan jajan. Menarik bukan?

Untuk mendapatkan uang tersebut, saya hanya perlu duduk manis di depan laptop selama 1 hingga 2 jam untuk memproduksi isi blog.

Kegiatan ini bisa saya lakukan setiap hari, dua hari sekali ataupun tiga hari sekali. Waktu kerja online sama sekali tidak mengikat, sehingga saya bisa bercengkrama dengan skripsi setiap saat sambil mencari uang tambahan melalui blogging.

Hanya saja, saya harus selalu konsisten untuk mempertahankan kualitas konten agar mampu menarik para pengunjung.

Selain itu, membuat konten yang original (tidak menjiplak) adalah hal penting yang perlu dilakukan. Hal tersebut akan membuat blog saya memiliki traffic pengunjung yang stabil dan terus meningkat.

Bagaimana? Tertarik untuk bekerja di rumah? Menjadi pekerja data entry, penulis artikel maupun blogger merupakan pekerjaan online yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

Demikian ulasan terkait cara mudah mendapatkan penghasilan dengan kerja online, semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply