Kelebihan dan Kekurangan Website dalam Membangun Bisnis

idwebhost.com

Membangun sebuah bisnis yang berjenis online di masa kini susah susah gampang karena berbagai hal. Misalnya seperti kurangnya pemahaman untuk memanfaatkan teknologi dalam mengimplementasikan bisnis mereka. Oleh karena itu, sebelum Anda masuk dan terjun dalam bisnis online, Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu kelebihan dan kekurangan website untuk bisa membantu membangun dan meningkatkan bisnis Anda dibandingkan dengan cara bisnis konvensional.

Saat ini sudah menjadi tren tersendiri saat ada yang menyebut dengan istilah bisnis online, dan dengan ikut terjun didalamnya banyak yang mengira jika Anda akan terlihat seperti kekinian dan mengikuti perkembangan zaman, benarkah demikian? Memang benar ada banyak hal positif yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan website untuk bisa membangun dan meingkatkan penjualan hingga sebagai sarana personal branding kegiatan usaha Anda, namun sayangnya website juga mempunyai beberapa kekurangan yang mungkin bisa cukup mengganggu Anda.

Oleh karena itu, di kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan sedikit beberapa hal tentang kelebihan dan kekurangan website supaya Anda bisa memutuskan apakah Anda ingin tetap terjun dan membangun website untuk membangun dan meningkatkan bisnis anda ataukan cukup dengan cara lama dan konvensional seperti yang selama ini Anda telah jalankan. Namun sebelum menuju kesana, akan lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu tentang pengertian tentang website.

Pengertian Tentang Apa itu Website?

Ada sebagian orang yang bilang website atau lazim disingkat web merupakan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama memiliki koneksi dengan jaringan internet. Ada pula Website lain menuliskan web adalah salah satu alat komunikasi online yang menggunakan media internet untuk pendistribusiannya.

Apapun bahasanya, yang pasti kita semua setuju bahwa website merupakan kumpulan halaman yang menampilkan berbagai informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video atau gabungan dari semuanya, baik itu bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing–masing dihubungkan dengan jaringan – jaringan halaman (hyperlink).Secara terminologi website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya ada di dalam World Wide Web atau sering kita sebut WWW di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik.

Halaman – halaman sebuah situs web (web page) diakses dari sebuah URL yang menjadi “akar” ( root ), yang selanjutnya disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi “beranda”, “halaman muka”). URL ini berfungsi untuk mengatur web page menjadi sebuah hirarki, meskipun hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut. Fungsinya adalah untuk mengatur para pembaca dan memberitahu mereka susunan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

Sebuah Web page merupakan dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), dan hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan ke para pemakai lewat web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.Web page layaknya sebagai sebuah buku yang bisa menampung berbagai informasi tentang banyak hal baik bersifat komersil maupun non komersil. Melalui media web inilah seseorang bisa memberikan informasi tertentu kepada orang lain yang berada di seluruh dunia.

Website sendiri mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1998, dimana saat itu hanya perusahaan besar saja yang mampu memilikinya. Pada saat itu, website merupakan sebuah teknologi yang cukup mahal untuk dimiliki. Sehingga banyak pengusaha maupun produsen mengurungkan niat mereka untuk dapat memiliki media promosi ini. Langkanya penyedia jasa pembuatan web yang menawarkan harga murah membuat keinginan perusahaan-perusahaan tersebut untuk memiliki sebuah website murah hanya menjadi sebuah mimpi.Namun itu tahun 1998, kini di tahun 2018 semakin banyak jasa pembuatan website yang memiliki harga murah.

Dan seperti yang kami bahas diatas, semakin murah harga pembuatan website anda harus semakin waspada dan teliti. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan saat anda membeli website murah untuk bisnis.Bagaimana? Sudah paham lebih tentang pengertian website kan? setelah mengerti definisi tentang website lebih baik seperti penjelasan diatas, berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan memiliki website dalam membangun dan meningkatkan usaha bisnis anda.

Kelebihan Website untuk Bisnis Anda

Kelebihan dan Keuntungan memiliki Website untuk kegiatan bisnis anda :

1. Memiliki jangkauan pasar yang lebih luas

Di masa kini, pengguna internet semakin tiap harinya, oleh karena itu hal ini menjadi peluang bisnis tersendiri yang sangat potensial agar anda bisa memanfaatkan internet untuk bisa sebagai media yang mampu menjangkau pasar lebih banyak dan luas lagi. Dengan begini, tentu potensi untuk anda memiliki customer baru semakin besar

2. Bisa diakses siapa saja, Dimana saja, dan Kapan saja

Ya, dengan bermodalkan internet, maka Anda bisa mengakses informasi dunia tanpa batas. Informasi usaha atau bisnis Anda pun bisa dilihat oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Intinya dengan website kontrol bisnis anda bisa lebih fleksibel

3. Akses Informasi yang begitu mudah

Hanya lewat beberapa klik, visitor bisa melihat berbagai informasi tentang bisnis, produk dan jasa yang Anda tawarkan.

4. Update Informasi terbaru

Dengan menggunakan website, perusahaan dapat memberikan informasi terbaru baik tentang produk, layanan, dan informasi lainnya dengan sangat cepat.

5. Publikasi dan periklanan

Melakukan hal ini lebih mudah dengan memiliki website

6. Link dan Viral Marketing

Jika perusahaan anda performa cukup baik dan terkenal , perusahaan Anda akan memiliki potensi mendapatkan pengakuan dari klien Anda berupa link. Semakin baik dan diakuinya bisnis Anda, maka akan memiliki potensi semakin banyak link yang bisa Anda dapatkan.

7. Proteksi Brands

Sangat jarang ada website di internet yang memiliki domain yang sama persis. Nama domain yang sudah terdaftar dan dimiliki bisa digunakan sebagai merek perusahaan, produk dan bisnis anda ke depannya, karena tidak mungkin kompetitor anda menggunakan nama domain sama persis.

idwebhost.com

Kekurangan Menggunakan Website

1. Kredibilitas

Dengan tidak bertemu langsung dengan kustomer Anda, maka agar bisa mendapatkan kepercayaan perlu waktu cukup lama daripada dengan bertemu secara langsung.

2. Susah untuk mencapai target pengunjung

Dengan ketatnya persaingan di internet, maka untuk memperoleh posisi dan peringkat yang bagus di Google maka akan lebih susah, kecuali jika anda memakai jasa SEO yang professional.

3. SPAM

Ini merupakan salah satu risiko yang harus Anda hadapi. Ketika Anda mempublikasikan informasi seperti Alamat, No. HP, Telp dan Email dalam website, maka kemungkinan untuk mendapatkan sms atau email SPAM lebih tinggi.Nah itu dia kelebihan dan kekurangan memiliki website untuk bisnis anda. Bisa dilihat lebih banyak kelebihan kan dibandingkan kekurangan memiliki website untuk bisnis anda. Oleh karena itu jika Anda berminat, Idwebhost menyediakan jasa pembuatan website yang bisa anda manfaatkan.

Leave a Comment