Kontak Saya Paid Review | Content Placement | Digital Promotion.

Judul SEO vs Judul Ala Hipwee

Judul SEO vs Judul Ala Hipwee – Bisa mas dan mbaknya lihat, sekarang ini banyak sekali judul dari sebuah artikel yang wah, spektakuler dan membuat orang penasaran. Judul ala-ala media yang kurang berbobot dan modal copas, edit sana-sini hanya biar tidak terdetek Google sebagai plagiat sudah memenuhi media sosial khususnya Facebook. “KLIK INI Maka Rejeki Anda Bertambah!!”, “Cristiano Ronaldo Meninggal Dunia dalam Kecelakaan Mobil”, dan masih banyak lagi. Pernah kan?

judul seo vs judul ala hipwee 2

Itulah kekuatan dari sebuah judul. Dimana dari judul tersebut merangsang libido mas dan mbaknya untuk mengunjungi alamat tersebut dan ingin mengetahui isi beritanya, apa benar atau hanya bohongan. Tentu, banyak bohongnya. Judul yang menarik akan menjaring orang untuk datang ke artikel tersebut. Apalagi artikel dengan judul yang wah ini disebarkan melalui facebook, tentu ini akan menjadi ladang pencarian traffic yang paling disukai oleh para pelaku spam yang hanya memikirkan bagaimana website atau blognya dikunjungi banyak pengunjung.

Mungkin mas dan mbaknya sudah bisa memilah-milah mana yang berita palsu mana yang tidak. Dilihat dari judul juga sudah pasti sudah bisa membedakannya. Tetapi, pengguna facebook itu lebih dari milyaran orang. Pernah nggak sih lihat berita “Sebarkan untuk mendapatkan PS4 GRATIS!!” atau “Klik Share untuk mendapatkan hadiah sepeda motor gratis diundi!!”. Bisa lihat hasil share atau like nya? Akeeehhh boosssss !!!!!

Ini contohnya :

judul seo vs judul ala hipwee

Judul SEO vs Judul Ala Hipwee

Lepas dari itu, cara diatas adalah cara yang bisa dibilang kurang baik untuk mendatangkan visitor ke website kita. Menyalahgunakan berita meski memang isi beritanya beneran. Dengan sedikit bumbu yang wah dan sedikit “berbohong” memang dibilang salah satu strategi yang cepat untuk mendapatkan visitor.

Judul Ala “Hipwee”

Saat ini ada 2 cara yang lebih baik dari cara diatas. Judul SEO melawan judul ala “Hipwee”. Bahas yang judul ala Hipwee dulu aja deh. Judul ala Hipwee disini adalah judul yang panjang dengan relevan kata yang berirama. Contohnya :

Gak perlu contoh, mas dan mbaknya sudah pasti tahu.

Untuk judul tersebut sebenarnya kurang ber-SEO. SEO itu apa? Coba tengok di blognya mas JungJawa. Nah, dari judul tersebut tentu juga akan membuat penasaran, karena di dalam judul tersebut mengandung ajakan untuk membaca. Nih buktinya : “5 Posisi yang Konon Bisa Memberikan Anak Kembar. Banyak yang Nggak Nyangka Ada Hal Kayak Gini”. Mau klik atau nggak? Sebagai manusia biasa tentu penasaran dengan isinya, kan jarang-jarang ada yang tahu cara bikin anak kembar kan? Meski di Google banyak judul bertebaran soal cara bikin anak kembar, tetapi judul seperti diatas membuat lebih tertarik dengan memanfaatkan kepenasaran orang. Kenapa penasaran?

Baca juga Pilih Blogspot atau WordPress? Intinya Ada di Poin 5

Mungkin karena ketika membaca judul berita tersebut, mas dan mbaknya sedang tidak ingin atau belum untuk membuat anak. Kalau sudah pengen buat anak mungkin akan lebih memilih cari cara di Google.

Lantas, kenapa judul yang panjang itu bisa terkenal atau banyak yang baca? Sekali lagi, kekuatan media sosial jangan diremehkan ditunjang dengan modal yang besar. Modal untuk apa? Untuk beriklan.

Di facebook, kita bisa mengiklankan postingan kita agar lebih menjangkau banyak pengguna facebook di seluruh dunia. Bentuknya seperti ini :

Itulah iklan dari facebook. Tentu, modal yang dikeluarkan tidaklah sedikit mengingat jumlah pembaca artikel tersebut lebih dari puluhan ribu. Aku pernah coba iklan di facebook untuk salah satu artikel, hanya mendapatkan visitor 800 dengan modal 20 ribu. Oleh karena itu, judul yang oke dan penasaran, meski panjang pun kalau sudah diiklankan dan pas di target pembaca maka, modal iklan bisa dikurangi dengan bantuan “share gratis” dari pembaca yang begitulah.

Judul SEO

Untuk mekanisme SEO atau apa sih pentingnya SEO, mas dan mbaknya bisa baca di salah satu artikel blogger kondang, mas Jungjawa yang judulnya Kenapa Sih, Belajar SEO?. Judul SEO ini gunanya untuk memenangkan persaingan di Google, tentu tidak hanya judul saja, harus didukung kekuaran onpage dan offpage yang mantap. Apa itu? Nanti deh ada saatnya aku jelaskan.

Judul SEO ini ada banyak syaratnya, diantaranya :

  1. Pemilihan keyword yang pas. Keyword itu kata kunci yang akan digunakan alat persaingan di Google.
  2. Masukkan keyword di awal judul. Tidak harus awal banget, tetapi lebih baik di awal. Contoh : Keywordnya makan nasi. Judulnya mungkin “Makan Nasi yang Baik dan Benar”, atau “14 Cara Makan Nasi yang Baik Menurut Islam”.
  3. Judul tidak lebih dari 60 kata. Singkat, padat, jelas, dan bikin penasaran.

Beberapa syarat judul SEO. Sebenarnya, judul SEO ini mudah-mudah sulit. Mudah karena tidak perlu menggunakan kata-kata yang panjang lebar. Sulitnya adalah merangkainya agar pembaca penasaran dan tertarik. Kalau memang sudah didukung offpage dan onpage yang kuat, maka ketika mas dan mbaknya mencari kata “makan nasi” di Google, maka website mas dan mbaknya akan muncul di halaman pertama, dan tentu akan berbanding lurus dengan kenaikkan visitor. Visitor naik, penghasilan naik.

Membandingkan dengan ala-ala hipwee, misal dengan judul diatas “cara bikin anak kembar”, dan mas dan mbaknya ketikkan itu di Google, maka yang muncul di halaman pertama Google bukan artikel ala hipwee diatas, tetapi yang berjudul SEO seperti yang dibawah. Paham soal judul seo vs judul ala hipwee?

Kalau nggak, silahkan komentar.

2 Comments

Leave a Reply