Jelajahi Kuliner Sumatera dari Medan hingga Palembang

Liburan tahun baru sudah usai, dan resolusi 2019 pun sudah menanti didepan mata. Ada yang resolusinya ingin menggemukkan badan? Kalau ada, mungkin artikel berikut ini sangat cocok untuk kalian yang punya resolusi tersebut

Liburan tahun baru sudah usai, dan resolusi 2019 pun sudah menanti didepan mata. Ada yang resolusinya ingin menggemukkan badan? Kalau ada, mungkin artikel berikut ini sangat cocok untuk kalian yang punya resolusi tersebut karena akan membahas soal kuliner yang enak banget.

Melihat pergerakan liburan akhir tahun kemarin, Bandara Kualanamu Medan bisa dibilang salah satu bandara tersibuk karena memang banyak sekali pendatang yang ingin menghabiskan liburannya di pulau Sumatera, khususnya Medan. Pantai, suasana desa ala Sumatera, foto dengan latar belakang kelok 9 yang aduhai bikin Instagrammu makin kece, dan yang pasti ketenangan suasananya susah sekali didapat kalau kita berada di Pulau Jawa.

Karena liburannya sudah selesai dan kalian tidak bisa kulineran di Pulau Sumatera, maka dari sekarang siapkan daftar kuliner berikut ini kalau kalian sedang pergi liburan ke Pulau Sumatera lagi. Yuk kita simak :

sumatera

1. Mie Aceh

Siapa yang tidak kenal Mie Aceh? Mie yang sempat hits ini bisa dibilang masih sangat populer kalau kita pergi ke Pulau Sumatera. Liburan ke Sumatera rasanya tak lengkap kalau tidak makan yang namanya mie aceh. Rasanya yang manis, asin dan pedas, merupakan kombinasi yang cocok. Belum lagi ditemani dengan minuman khas Aceh, kopi Aceh dengan posisi gelas yang dibalik. Penasaran?

2. Rujak Tahu Medan

Tahu menjadi bahan utama pada rujak tahu Medan ini. Jadi, tahu awalnya digoreng terlebih dahulu kemudian diiris tipis-tipis. Penyajiannya bersama dengan mie tawar yang direbus, ditambah dengan irisan mentimun, kemudian ada irisan daun selada juga irisan kol. Semua bahan tersebut ditata dalam mangkok besar yang terakhir disiram dengan saus yang mirip seperti cuka pada pempek. Bedanya mungkin terksturnya yang mana saus rujak tahu ini sedikit encer dibanding cuka di pempek. Kadang juga ditambahkan kacang tanah di sausnya. Kalau ingin meninap di Medan yang murah langsung saja cek penginapan murah di Medan.

3. Rendang Padang

Sebagai makanan terenak di muka bumi ini, rendang sangat sangat direkomendasikan untuk dicicipi langsung di tanah kelahirannya. Paduan daging yang empuk dengan saus rempah yang pedas manis asin menjadi satu, tentu akan menimbulkan nafsu makan berlebih. Ingin coba rendang yang langsung dimakan di tanah kelahirannya?

4. Sate Padang

Bagaimana rasanya makan sate padang di Padang sendiri? Sate ini terbuat dari daging maupun jeroan sapi yang ditusuk menggunakan bambu dan kemudian direbus bersama bumbu-bumbu. Lalu, dibakar diatas bara api dan ditambahkan dengan saus diatasnya. Sausnya sendiri terbuat dari rempah-rempah, air, dan tepung yang mana tepung ini sendiri akan menghasilkan saus kuah yang kental.

5. Pempek Palembang

Kalau kalian belum pernah merasakan yang namanya pempek, mungkin main kalian kurang jauh. Mau pempek palsu yang dijual abang-abang keliling, pempek frozen, atau pempek nyonya Farina itu rasanya enak. Tidak ada yang mengecewakan. Entah apapun namanya seperti kapal selam, tahu goreng, kapal terbang, kapal pasopati, dan kapal-kapal lainnya, itu sangat rekomended untuk dicoba.

jadwal bus putra pelangi

Lantas bagaimana kita bisa keliling pulau Sumatera tanpa harus menggunakan pesawat terbang? Tenang, kalian bisa manfaatkan alat transportasi lain yaitu menggunakan bus. Asal kalian tahu, bus lintas Sumatera itu sekarang bagus-bagus, bahkan menurut adik saya malah sudah ada yang double deck alias bus tumpuk. Nah, kalau kalian ingin menggunakan bus lintas Sumatera, kalian bisa mencoba bus Putra Pelangi. Salah satu bus rekomended di Sumatera. Untuk jadwal bus putra pelangi, kalian bisa langsung cek di website resminya di www.putrapelangi.com. Canggih kan? Jadi, jangan sampai transportasi menghambat wisata kulinermu di Pulau Sumatera. Yang pasti jangan lupa oleh-olehnya, ya!

2 thoughts on “Jelajahi Kuliner Sumatera dari Medan hingga Palembang”

Leave a Comment