It is only in adventure that some people succeed in knowing themselves – in finding themselves. – Andre Gide –

Tidak ada metode pembelajaran yang paling ampuh selain dengan pengalaman. Sudah kalian ketahui kalau yang namanya pengalaman itu adalah guru yang terbaik. Terlepas dari itu, kita memiliki kemampuan otak yang berbeda satu dengan lainnya. Tidak ada yang bisa mengukur seberapa pintar kita, seberapa paham kita, kecuali kita sendiri. Mau metode pembelajaran seperti apa yang cocok ya kita sendiri yang paham. Sama seperti sebuah pengalaman, hanya kita yang mengerti seberapa berharganya pengalaman yang sudah kita lakukan untuk diambil pelajarannya.

Wisata Sambil Belajar di Taman Botani Sukorambi Jember

Jember ternyata masih menyimpan potensi wisata buatan yang bisa menjadi referensi utama disaat kalian berkunjung ke kabupaten yang terkenal dengan fashion carnaval-nya ini.

Awal Taman Botani Sukorambi

Awalnya dari H. Abdul Kahar Muzakir dengan modal dana pensiun, membeli tanah di  lokasi Sukorambi dari yang kecil hingga luas seperti angka dibawah ini.

Hektar

Perkembangan Taman Botani Sukorambi

Setelah areanya semakin luas, akhirnya dimanfaatkan untuk  menanam berbagai jenis bunga, buah-buahan, sayur-sayuran maupun tanaman obat. Serta, menyajikan aneka ragam koleksi hewan, permainan dan wahana-wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala umur. Diharapkan juga untuk membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan, tanaman dan binatang

Sarana Rekreasi

Sarana Belajar

Fasilitas Pendukung

Sarana Rekreasi dan belajar

Sesuai dengan penjelasan dan angka-angka yang saya tuliskan diatas, kalian pasti penasaran (atau biasa saja) dengan apa saja sih sarana rekreasi dan belajar yang disediakan oleh salah satu destinasi wisata Jember ini. Kalau kalian tidak penasaran, maka mulai sekarang kalian penasaranlah. Dipaksa gitu perasaannya biar penasaran. Ayolah, please penasaran lah !

Sarana Rekreasi

Di Taman Botani Sukorambi Jember ini terdapat 13 sarana rekreasi yang memang kebanyakan adalah kolam renang. Mengingat kita yang mungkin sebagai pendatang jauh untuk berwisata di Jember, khususnya ke Taman Botani Sukorambi sulit rasanya kalau tidak menyegarkan badan untuk menghilangkan capek. Detail sarana rekreasinya adalah sebagai berikut
A

ANEKA PERMAINAN OUTBOND

A

KOLAM RENANG KHUSUS MUSLIMAH

A

Rumah Pohon

A

KOLAM RENANG ANAK

A

KOLAM RENANG DEWASA

A

FLYING FOX TOMBRO

A

PERMAINAN AIR

A

KOLAM RENANG PELANGI 1

A

KOLAM RENANG PELANGI 2

A

KOLAM RENANG REMAJA

A

PONDOK BACA

A

FLYING FOX JUNGLE

A

BERKUDA

Nah, ada 13 wahana rekreasi yang disiapkan untuk kita senang-senang di Taman Botani Sukorambi. Kalau saya rencana mau coba berkuda dulu. Berkuda itu rasanya seperti orang elite yang lagi mengisi waktu luangnya. Mantul, mantap betul. Setelah itu, baru berenang sampai capek, lalu istirahat di pondok baca sambil menikmati semilir angin sawah untuk lepas dari kepenatan karena Jember makin rame. Ah, pasti sangat nyaman.

Sarana Belajar

Selain itu, nampaknya sarana yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk yang sudah punya anak, atau yang mengajak anak-anak. Mengutip maksud dari kata-kata diawal, belajar sambil langsung praktek adalah belajar yang paling mudah dipahami dan dimengerti oleh anak. Karena dengan praktek, anak akan secara tidak langsung memiliki pengalaman tersendiri dengan sesuatu yang sedang berinteraksi bersama. Ada taman kelinci, mungkin si kecil akan bisa merasakan bagaimana rasanya memegang kelinci, melihat bagaimana kelinci itu bergerak, dan masih banyak lagi. Ada 5 sarana belajar disini, diantaranya :

KOLEKSI 500 JENIS FLORA DAN FAUNA

BUNNY AND FRIENDS VILLAGE

ANEKA KOLEKSI HEWAN HIAS

ANEKA KOLEKSI HEWAN DILINDUNGI

PEMBENIHAN IKAN KOI DAN LOBSTER AIR TAWAR

Jam Operasional dan Harga Tiket Taman Botani Sukorambi Jember

Menurut situs resminya, Taman Botani Sukorambi ini setiap hari buka, terkecuali hari Jumat saja yang tutup. Jam bukanya adalah jam 07.00 hingga pukul 16.00 yang mana ini menurut saya jam tutupnya terlalu siang, kurang sore mungkin bisa diundur jadi jam 17.00 agar lebih panjang durasi bermain dan belajarnya. Untuk masalah harga tiket, pihak pengelola mematok harga yang murah untuk tiket masuknya. Rp. 12.000,- untuk weekdays dan Rp. 20.000,- untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur. Selain itu, nanti kalau kalian datang secara rombongan, akan ada diskon sampai 50%.
Dengan harga segitu, fasilitasnya apa aja mas? Selain wahana-wahana wisatanya.

Weits, santai dulu bang, tenang aja, harga segitu itu sangat-sangat sebanding dengan segala fasilitas yang ada, kok. Ingin tahu fasilitasnya? Ada 16 fasilitas seperti angka yang sudah saya beritahukan diatas :
Z

AREA BARBEQUE OUTDOOR

Z

HORTI HUT

Z

PONDOK SENI

Z

ANEKA GAZEBO

Z

RESTAURANT

Z

AREA OUTBOUND

Z

WIFI

Z

GOLF CART

Z

VILLA BOTANI

Z

PANGGUNG TERBUKA UNTUK MUSIK

Z

KAMAR MANDI VIP

Z

KAMAR MANDI DIFABLE

Sebenarnya saya juga ingin bermain water ball seperti anak ini. Permainannya terlihat menantang karena menuntut kita untuk berdiri dan berjalan diatas air didalam sebuah balon.

 
Tapi, karena saya ada sedikit fobia dengan ruangan yang sempit, dan kalau naik flying fox takut tidak kuat talinya, dan kalau berenang cuma bisa kum-kum lucu yang ada malah harus bawa pakaian ganti, mungkin bermanja-manja ria  bersama kelinci adalah pilihan terbaik ketika datang ke Taman Botani Sukorambi.

Dari kalian sendiri pasti masih bertanya-tanya dan ragu soal tempat wisata sambil belajar ini, terutama yang tinggalnya jauh dari Jember. Seberapa worth-it kah tempat ini untuk dikunjungi? Ada alasan tersendiri bagi saya untuk berlibur ke Jember dan menyempatkan diri berkunjung ke Taman Botani Sukorambi.

01.

Murah
Salah satu alasan kenapa kalian harus ke Taman keren ini. Harganya murah dibanding kalian harus pergi ke tempat wisata buatan lainnya yang istilahnya lebih mengusung teknologi didalamnya. Selain berwisata dan belajar, kita juga akan lebih merasa berteman dengan alam.

02.

Merakyat
Tidak ada batasan umur untuk kalian yang ingin masuk ke Taman Botani Sukorambe. Mau muda, tua, kakek, nenek, semua bisa masuk dan bisa menggunakan fasilitas yang ada. Untuk yang tua-tua bisa ke area tanaman hidroponik atau ke gazebo. Yang muda, silahkan bebas ke area mana saja.

03.

Penuh Fasilitas
Pasti kalian sudah membaca fasilitas-fasilitas apa saja yang ada di taman ini. Banyak banget fasilitasnya hingga memperhatikan kaum difabel untuk dibuatkan toilet khusus. Ada juga tersedia villa untuk kalian yang ingin menginap di area taman, jadi tidak bingung mencari penginapan lagi di Jember. Mau kumpul-kumpul keluarga besar? Sangat bisa karena sudah ada pondok khusus yang luas dan tentu saja juga penuh dengan kebutuhan untuk banyak orang.

04.

Nyaman
Area yang luas tentu akan membuat pengunjung tidak terlalu berdesak-desakan ketika berkunjung ke Taman Botani Sukorambe. Apalagi kalau liburan dengan membawa banyak keluarga dan anak kecil. Udara bebas dan suasana tidak riweh adalah keinginan utama.

Jalan Mujahir, Sukorambi, Krajan, Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68151

085100707600

Sumber Gambar :

  • Situs resmi Taman Botani Sukorambi

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2