Info Perjalanan dan Harga Tiket Cirebon Ekspres

Cirebon merupakan sebuah kota kecil yang berada di pesisir utara pulau Jawa. Bagi Anda yang sering bepergian dari Jawa Tengah menuju ke Ibukota Jakarta, Cirebon tentu menjadi salah satu kota yang harus dilewati baik ketika Anda menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Bagi pemilik kendaraan pribadi, menuju ke Ibukota dengan melewati Tol Kanci Palimanan merupakan rute terbaik karena bebas hambatan. Sedangkan mereka yang menggunakan kendaraan umum seperti kereta api, jalur kereta yang melewati kota Cirebon juga akan terhubung langsung ke berbagai stasiun besar di Jakarta. Sedangkan bagi warga Cirebon sendiri, mereka bisa memilih Cirebon Ekspres untuk layanan kereta api eksekutif menuju ke Jakarta. Tenang saja, kini Traveloka menyediakan tiket kereta Cirebon Ekspres yang bisa Anda pesan secara langsung.

Cirebon Ekspres, atau yang biasa disingkat oleh penduduk sekitar dengan sebutan Cirek, merupakan kereta yang melayani perjalanan pulang-pergi dengan tujuan Cirebon ke Stasiun Gambir. Layanan kereta api eksekutif ini memiliki sistem tempat duduk 2 penumpang untuk setiap baris dengan denah tempat duduk AB-CD.

Rute kereta api Cirebon Ekspres berangkat dari kota Cirebon dan melalui koridor Jatibarang, Jatinegara, dan berhenti di stasiun Gambir. Dan sebaliknya, kereta akan kembali dari stasiun Gambir menuju Cirebon melalui koridor yang sama. Perjalanan singkat ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam dengan keberangkatan dari stasiun Cirebon pada pukul 05.50 dan sampai di Gambir pada pukul 09.05 pagi.

Tak hanya satu kali dalam sehari, Cirebon Ekspres melayani tiga kali perjalanan dalam sehari. Cirebon Ekspres gerbong kedua berangkat mulai pukul 08.30 dan tiba pada pukul 11.37 di stasiun Gambir. Sedangkan keberangkatan terakhir yang merupakan rombongan gerbong fakultatif yang biasanya dioperasikan pada akhir pekan atau musim liburan, keberangkatan dilakukan pada pukul 16.45 dan tiba pada pukul 19.55 di stasiun tujuan. Sedangkan jadwal kereta api Cirebon Ekspres dari Jakarta Gambir ke Cirebon bisa dipilih sesuai jam keberangkatan pukul 12.10, 22.20, atau 20.30 dengan waktu tempuh yang kurang lebih sama.

Harga Tiket Kereta Api Cirebon Ekspress

Cirebon Ekspres yang masih dikelola oleh PT. KAI regional Cirebon 3 ini memiliki harga tiket yang cukup terjangkau. Untuk kelas eksekutif tiket dijual mulai dari Rp 120.000,- hingga Rp 135.000,- atau Rp 155.000,- hingga Rp 180.000,- untuk sekali jalan.

Menariknya, meskipun kereta ini memiliki embel-embel ekspres, Cirebon Ekspres juga menyediakan gerbon khusus ekonomi dengan jumlah yang terbatas. Harga tiket Cirebon Ekspres kelas ekonomi berkisar antara Rp 80.000,-; Rp 90.000,-; dan Rp 100.000,- untuk sekali perjalanan. Tiket tersebut tergolong murah mengingat kenyamanan dan pelayanan terbaik siap diberikan kepada seluruh penumpang di masing-masing kelas.

Seluruh tiket bisa didapatkan di loket pembelian tiket stasiun Cirebon (Kejaksaan) atau dipesan secara online. Pemesanan dan pembelian tiket sudah bisa dilakukan pada H-90 atau 3 bulan sebelum keberangkatan sehingga Anda bisa melakukan perencanaan perjalanan yang lebih baik, terutama pada saat musim liburan anak sekolah ataupun hari libur nasional.

Traveloka menyediakan tiket kereta Cirebon Ekspres yang bisa dipesan melalui situs Traveloka.com atau melalui aplikasi yang bisa diunduh pada PlayStore. Traveloka merupakan partner resmi PT. KAI dan bisa dipilih sebagai alternatif pembelian atau pemesanan tiket kereta api secara online. Dengan opsi pembayaran melalui transfer bank atau via minimarket, kini Anda tak perlu datang dan mengantri di loket pembelian tiket kereta api Cirebon Ekspres.

Leave a Comment