Fungsi Website Itu Apa Saja? - Dirga

Fungsi Website Itu Apa Saja?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Fungsi Website – Di zaman berkembang seperti sekarang ini, kemajuan teknologi di bidang komunikasi internet sangatlah pesat. Kemajuan yang ada memudahkan mas dan mbaknya untuk berhubungan dengan internet dan dunia maya lainnya. Hanya dengan menggunakan handphone, smartphone ataupun laptop dan tablet, mas dan mbaknya dapat berhubungan dengan dunia luar dan juga mendapatkan berbagai informasi.

fungsi website

Untuk mendapatkan jaringan internet pun kini sudah sangat mudah, pada awalnya mas dan mbaknya menggunakan jaringan telepon dimana mas dan mbaknya menggunakan kabel-kabel penghubung tambahan yang disambungkan dengan laptop atau komputer mas dan mbaknya untuk berkoneksi dengan internet, kini semua kartu handphone atau simcard memiliki fasilitas untuk dapat terkoneksi dengan jaringan internet yang menggunakan pulsa.

Selain itu, semakin majunya teknologi komunikasi, juga ada jaringan yang berasal dari modem portable atau hotspot yang dapat digunakan untuk memberikan sinyal yang terkoneksi dengan internet. Dengan adanya hotspot ini, mas dan mbaknya dapat berkoneksi dengan jaringan internet tanpa ada batasan atau alat tambahan.

Melalui internet juga, mas dan mbaknya bisa melakukan browsing dan mencari tahu tentang apapun yang mas dan mbaknya ingin cari, selain itu mas dan mbaknya dapat memperoleh ilmu dan informasi yang mas dan mbaknya perlukan.

Baca juga Dapat Uang Cepat dari Blog Lewat JV Adsense

Tidak hanya 2 hal tadi, mas dan mbaknya juga dapat berhubungan dengan teman-teman di berbagai belahan dunia seperti melalui media social facebook, twitter, whatsapp, dan juga BBM. Dengan media sosial juga, mas dan mbaknya dapat bertemu dengan teman baru dan teman lama yang sudah lama tidak bertemu dan bahkan membangun relasi dengan teman baru untuk berbisnis dan mungkin memiliki hobi yang sama. Semua kemajuan teknologi tersebut tentunya memberi kemudahan dan keuntungan bagi mas dan mbaknya.

Di dalam internet, mas dan mbaknya sering menemui beraneka-ragam jenis situs atau website. Website adalah suatu halaman yang memuat informasi di dalam internet. Website pun bisa bermacam-macam bentuknya misalnya website blog atau website seseorang milik pribadi, website milik perusahaan, website majalah, website suatu sekolah atau yayasan, dan bahkan ada pula website untuk berjualan online.

Fungsi Website Bagi Perusahaan

fungsi-website-bagi-perusahaan

Berbicara soal website milik perusahaan, bagi sebuah perusahaan sendiri, sangatlah penting untuk membuat sebuah website. Terlebih lagi untuk perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan jasa dan barang. Dengan adanya website itu, perusahaan dapat memperkenalkan jati diri perusahaannya ke seluruh Indonesia serta bahkan ke seluruh dunia, mengingat karena internet itu bisa diakses hingga seluruh dunia. Dengan semakin dikenalnya perusahan oleh para pengguna internet, tentunya perusahaan akan semakin berkembang dan diketahui oleh orang banyak, Perusahaan dapat menunjukan produk unggulannya dan juga kelebihan dari barang atau jasa yang ditawarkan.

Fungsi website bagi perusahaan sangatlah bermanfaat dan memberikan efek positif bagi perusahaan itu. Fungsi  dari website itu sendiri bisa digunakan sebagai media promosi. Dengan adanya sebuah website, diharapkan dapat digunakan semaksimal mungkin untuk memasarkan produknya hingga ke banyak para pengguna internet dan juga hingga ke seluruh dunia hanya lewat komputer dan internet.

Ada beberapa keuntungan lain yang didapat dari suatu perusahaan dengan membuat website, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dengan adanya website akan memudahkan komunikasi perusahan dengan customer ataupun dengan klien.
  • Dengan membuat website akan lebih mudah memperkenalkan profil perusahaan lebih detail.
  • Dengan website, mampu mendatangkan calon konsumen yang tertarik karena telah melihatnya dari internet tanpa harus keluar rumah.
  • Website menjadi sarana publikasi resmi perusahaan untuk mempublikasikan mengenai profil perusahaan, produk perusahaan dan juga testimonial dari konsumen yang telah menggunakan produknya.
  • Dengan adanya website akan memberi kemudahan dalam menyebarkan informasi secara cepat.
  • Dengan adanya website dapat memberi kemudahan melakukan poling untuk melihat situasi pasar.
  • Website dapat pula menjadi daya tarik untuk mencari dan menjaring relasi kerja baru.

Fungsi Website untuk Semua

fungsi dari website

Sebelum suatu perusahaan memutuskan untuk membuat dan mendesain suatu website, Ada beberapa fungsi dari website yang sebaiknya mas dan mbaknya harus ketahui:

1. Fungsi Komunikasi

Website dengan fungsi ini biasanya adalah website yang dinamis. Website ini dilengkapi dengan sarana komunikasi online sehingga manfaat dari website ini akan maksimal. Contohnya adalah dengan melengkapi fasilitas komunikasi seperti Web mail, chatting,forum dan juga form contact.

2. Fungsi Informasi

Untuk memaksimalkan fungsi informasi, sebuah website menekankan kepada pemberian informasi. Sebaiknya situs dibuat dengan teks dan grafik yang dengan mudah dapat diunduh. Mengurangi fungsi gambar dan juga element yang bergerak, sehingga orang lebih cepat dan mudah dalam membukanya. Contoh fasilitas yang ada dalam fungsi informasi ini adalah contoh fungsi menu news, profile, library, reference dan sebagainya.

3. Fungsi Entertainment

Situs juga akan sangat menarik dan tidak membosankan apabila menekankan kepada fungsi Entertainment. Disini, situs web berfungsi sebagai fungsi entertainment maka di web tersebut dilengkapi dengan berbagai animasi dan gambar, selain itu kadang pula ditambah dengan musik. Namun, dalam membuat web dengan memaksimalkan fungsi entertainment perlu mempertimbangkan kecepatan downloadnya. Fasilitas yang disediakan di website yang memaksimalkan fungsi intertainment adalah seperti membuat game online, film online, musik online, dll.

4. Fungsi Transaksi

Situs website dapat dimanfaatkan sebagai sarana bisnis dan penjualan baik barang dan jasa. Contohnya saja toko online yang banyak beredar dan semakin banyak di Indonesia. Situs ini biasanya akan menghubungkan perusahaan, konsumen dan juga komunitas tertentu melalui berbagai transaksi di media elektronik. Untuk hal ini konsumen cukup kontak saja melalui internet dan untuk pembayarannya pun biasanya menggunakan kartu kredit, transfer atau dengan pembayaran langsung atau COD (Cash on Delivery).

Share.

4 Comments

Leave A Reply