Kontak Saya Paid Review | Content Placement | Digital Promotion.

Fungsi Webmaster Tools yang Perlu Dimanfaatkan

Fungsi Webmaster Tools – Pernah mas dan mbaknya membuka Webmaster Google? Atau mungkin belum tahu soal Webmaster? Aku akan sedikit berbagi pengetahuan soal Webmaster Google meski mungkin ada mas dan mbaknya yang lebih tahu dari aku.

fungsi webmaster tools google

Webmaster Google adalah sebuah fasilitas yang diberikan oleh mbah Google dalam memantau segala aktifitas website atau blog mas dan mbaknya. Fasilitas ini juga mempermudah Search Engine dalam mengetahui pergerakan website atau blog di dalam Search Engine Google.

Gampangnya sebagai cctv kalau di dunia nyata. Jadi, dari Webmaster, mas dan mbaknya bisa mengetahui banyak hal, bahkan dari Webmaster mas dan mbaknya bisa menilai seberapa baik dan seberapa sehat website atau blog mas dan mbaknya di area Search Engine.

Nah, setelah mengetahui fungsi Webmaster Tools diatas, sebenarnya masih banyak fungsi-fungsi lain yang bisa mas dan mbaknya manfaatkan dalam mengembangkan website atau blog mas dan mbaknya. Berbagai fitur-fitur keren sudah disediakan oleh Webmaster Tools Google yang bisa mas dan mbaknya analisa sesuai keinginan.

Lantas, mungkin mas dan mbaknya juga pernah mendengar atau bahkan belum pernah mendengar soal Bing Webmaster. Itu sama saja dengan Webmaster Google.

Pengertian dan fungsi Bing Webmaster sama persis dengan yang ada di fungsi Google Webmaster Tool. Bing juga Search Engine layaknya Google.

fungsi webmaster tools google

Selanjutnya bagaimana sih cara menggunakan Webmaster Google itu sendiri? Gampang-gampang susah, tetapi kalau sudah biasa mungkin sudah bisa dengan mudah mengembangkan website atau blog mas dan mbaknya berdasarkan data yang ada.

Cara menggunakan Webmaster Google sebenarnya tergantung kepentingan mas dan mbaknya. Karena perkembangan website atau blog mas dan mbaknya mau diarahkan kemana.

Fungsi Webmaster Tools Buat Apa

Kalau yang aku lakukan dengan Webmaster Google sih banyak. Mulai dari cek kata kunci yang masuk, cek kesehatan blog, hingga cek link yang masuk ke blog mas dan mbaknya.

#1. Cek Keyword yang Masuk

Pertama adalah biasanya aku cek keyword atau kata kunci yang masuk ke blog. Sebelumnya, mas dan mbaknya harus menghubungkan ke Google Analytics terlebih dahulu. Berikut sedikit penampakan beberapa keyword atau kata kunci yang masuk ke blog aku.

fungsi webmaster tools google

Memang masih sedikit karena baru dioptimasi setelah pindah domain kemarin. Dampak dari pindah domain tentu mengarah ke traffic, dimana akan menurun dan akan kembali naik setelah dioptimasi kembali.

Sebenarnya ini adalah tugas dari Google Analytics, tetapi bagi aku, menganalisa dari Google Analytics itu susah, mungkin memang belum terbiasa. Jadi, aku cek keyword dan kata kunci yang masuk dari Webmaster yang dihubungkan ke Google Analytics.

Dari melihat beberapa keyword dan kata kunci yang masuk, tentu ini menunjukkan kalau artikel yang ada di blog ada di halaman 1 atau halaman 2 Google. Kenapa bisa begitu?

Baca juga Ini Dia Tips Ngeblog untuk Pemula yang Terbaik

Karena keyword atau kata kunci yang masuk kesini adalah data yang berdasarkan pencarian orang di Google. Jadi, orang mengetikkan itu di mesin pencari kemudian masuk ke blog aku.

Sangat potensial untuk lebih dioptimasi. Mungkin jumlah kata diperbanyak atau bisa membuat artikel baru yang berhubungan dengan keyword atau kata kunci tersebut, tentu jangan yang sama dengan artikel sebelumnya.

#2. Cek Kesehatan Website atau Blog

Webmaster Tools Goole buat aku ibaratnya sebagai dokter website atau blog. Dokter gratis tentu saja.

Cek kesehatan yang bisa dilakukan melalui Webmaster Google ini adalah cek kesehatan link. Mungkin dari mas dan mbaknya pernah cek website atau blognya dan muncul tulisan ‘Error 404 Not Found’.

fungsi webmaster tools google

Bila menemukan tulisan seperti itu, segera sembuhkan dengan menghapus link tersebut di index Search Engine Goole. Kenapa?

Karena menurut aku, semakin banyak link yang seperti itu, maka kesehatan website atau blog mas dan mbaknya kurang sehat dan Google tidak suka dengan website atau blog yang memiliki banyak link yang rusak. Cara hapusnya mudah.

Masuk ke Webmaster – pilih blog mas dan mbaknya – buka Crawl, terus Crawl Error – cek yang error – buka link yang ada dalam daftar error – kopi link tersebut yang ada tulisan URL – masuk ke Google Index – Remove URLs – klik tombol ‘Temporarily hide’ – pastekan link tersebut di kolom yang disediakan – Continue – pilih ‘Temporarily hide page from search results and remove from cache’ – Submit Request.

Susah? Perlu gambar? Kalau iya silahkan komentar di bawah.

Entah pengaruhnya bakal ada atau tidak, karena aku baca-baca juga ada yang ngaruh ada yang tidak. Tetapi, selama ini itulah cara yang aku lakukan untuk menjaga kesehatan website atau blog aku.

#3. Cek Teknologi yang Digunakan Orang

Dari sini, mas dan mbaknya bisa melihat teknologi yang digunakan oleh orang ketika membuka Google lalu mengetikkan kata kunci, dan akhirnya masuk ke website atau blog mas dan mbaknya. Teknologi bagaimana dan buat apa?

Mas dan mbaknya bisa mengetahui apakah orang lain masuk ke website atau blog mas dan mbaknya dari komputer (desktop), ponsel (mobile), atau tablet (bukan sejenis obat). Dari sini mas dan mbaknya bisa mengambil kesimpulan.

Cek, apakah website atau blog mas dan mbaknya cukup responsif dan mobile friendly atau tidak. Karena, bila analisa mengarah lebih banyak pengguna komputer (desktop) maka mas dan mbaknya bisa mengembangkannya agar lebih mobile friendly agar pengguna ponsel juga tidak akan kesusahan dalam mengakses website atau blog mas dan mbaknya.

Dari data berikut, ternyata blog aku cukup mobile friendly karena data yang masuk banyak yang dari ponsel. Aku gembira.

fungsi webmaster tools google

Data-data tersebut bisa mas dan mbaknya ambil guna mengetahui pergerakan website atau blog mas dan mbaknya di Search Engine. Terus kembangkan agar tidak tenggelam di arena pertempuran Search Engine.

Itulah beberapa fungsi Webmaster Tools yang biasa aku gunakan dalam menganalisa dan menjaga blog aku di Search Engine. Mungkin pengaruhnya berbeda-beda setiap orang.

Perlu diingat, disini aku dan mas mbaknya bertarung di dalam sistem, dimana sistem yang ada tidak bisa diperkirakan. Jadi, terus diulik-ulik dan dipantau.

Salah benarnya aku mohon maaf, bila ada koreksi atau ingin menambahkan silahkan komentar di bawah. Silahkan masuk ke Google Webmaster Tools untuk menganalisa website atau blog mas dan mbaknya.

8 Comments

Leave a Reply