Filter Sakura Beri Solusi Agar Mobil Selalu Sehat - Dirga

Filter Sakura Beri Solusi Agar Mobil Selalu Sehat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Filter Sakura Beri Solusi Agar Mobil Selalu Sehat – Tahun 2016, suatu sore yang cerah dengan tambahan awan di langit kota Pahlawan, saya mengendarai pelan mobil keluaran 1999 diesel milik perusahaan Jepang warisan Alm. Bapak. Keadaan yang tidak memperbolehkan saya untuk lebih dalam menekan pedal gas agar cepat sampai tujuan. Keadaan yang tidak mengijinkan saya untuk segera tiba sebelum matahari lelah menyinari kota ini untuk hari ini saja.

Muadzin pun dengan lantang mempersuarakan panggilan untuk bersembah kepada Yang Maha Kuasa dan beradu dengan riuhnya suara klakson dari belakang. Entah apa mereka tidak melihat bila lampu di depan masih merah. Begitu hijau pun, keadaan juga tidak kunjung berubah. Perlahan dan perlahan.

Semakin kesini semakin ramai. Kehidupan di kota ini semakin berkembang. Sudut kota juga bertambah populasi mengakibatkan titik-titik pusat kemacetan semakin meluas. Dari tengah pulang ke pinggir macet, dari pinggir menuju tengah juga macet. Itulah yang saya rasakan ketika itu di kotaku yang penuh kenangan ini.

Entah sampai kapan ada solusi untuk permasalahan kemacetan ini. Sebuah data dari Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia yang saya ambil dari kompas mencatat bahwa jumlah kendaraan yang masih beroperasi di seluruh Indonesia pada 2013 mencapai 104,211 juta unit, naik 11 persen dari tahun sebelumnya (2012) yang cuma 94,299 juta unit. Dengan jumlah terbesar masih dipegang oleh kendaraan jenis roda 2, dan kedua adalah mobil pribadi.

filter sakura

Menurut sumber tersebut, rata-rata penjualan mobil di Indonesia sekitar 1 juta unit per tahun, jumlah polulasi kendaraan bermotor akan berbanding lurus. Estimasinya, pertumbuhan terjadi sekitar 10 persen setiap tahunnya.

Di sumber lain mengatakan, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan wholesale mobil hingga Oktober tahun 2015 berada di angka 853.292 unit. Perolehan ini turun dibandingkan performa penjualan pada periode yang sama tahun 2014 dengan 1.037.890 unit.

Dan, saat ini bisa Anda lihat untuk penggunaan kendaraan mobil pribadi sudah hampir menyaingi pengguna kendaraan bermotor meski belum seberapa.

Kenapa Bisa Terjadi?

Sifat konsumtif masyarakat Indonesia. Sifat yang selalu ingin memiliki apa yang sudah dimiliki orang dan hasrat untuk membeli sesutu yang baru. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan masyarakat Indonesia semakin konsumtif dan mulai meninggalkan kebiasaan menabung. Hal itu tecermin dari menurunnya Marginal Propensity to Save (MPS) dalam 3 tahun terakhir dan naiknya Marginal Prosperity to Consume (MPC). Selain itu, berdasarkan data Dana Moneter Internasional (IMF), saat ini rasio Gross National Savings per GDP Indonesia berada di level 30,87 persen. Rasio tersebut di bawah Tiongkok yang 48,87 persen, Singapura 46,73 persen, serta Korea yakni 35,11 persen. Namun rasio yang dimiliki Indonesia berada di atas Malaysia yang berada di level 29,83 persen.

Punya mobil berarti kaya. Punya mobil berarti mampu. Itulah yang terjadi memang. Gengsi masih besar, sombong masih kuat. Bukan waktunya untuk membicarakan orang lain, tetapi itulah yang saya pernah dengar dari orang-orang sekitar.

Berkendara jauh sangat fleksibel dan efisien. Sangat setuju. Dengan adanya mobil kita bisa lebih fleksibel untuk menuju tujuan yang tidak bisa dilewati oleh kendaraan bermotor yang katanya lebih fleksibel. Contohnya lewat tol (sudah jelas lah, mas). Dengan lewat tol, tentu Anda akan lebih fleksibel dalam menjangkau daerah tujuan tanpa harus melewati jalan-jalan protokol yang bisa berbelit-belit. Efisien. Tentu saja, tol contohnya juga. Bebas macet dan mengirit waktu.

Tidak terkena panas dan hujan. Dingin dan tidak terkena banyak polusi atau debu.

Tunggu dulu !!!

Siapa bilang mobil tidak terkena debu atau bakteri-bakteri jahat? Mobil juga sama seperti kendaraan lainnya. Debu atau bakteri-bakteri jahat sudah pasti selalu ada di dalam mobil. Khususnya untuk mobil 2005 kebawah dan menggunakan AC. Kenapa? Karena tidak ada pelindungnya.

Pelindung Apa Mas?

Jadi, untuk mobil 2005 keatas itu sudah ada pelindung yang bernama Filter Kabin atau Filter AC. Filter lain selain filter udara yang tiap mobil selalu ada, yang tentu juga sangat penting untuk ada di mobil Anda saat ini. Tidak mau kan bila Anda yang memiliki anak bayi dengan mudah terserang sistem imunnya ketika diajak berliburan? Tidak mau juga kan bila Anda ketika berpergian menderita penyakit yang dapat mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara yang secara langsung juga mempengaruhi keamanan proses mengemudi Anda? Nah, itulah kenapa ada pelindung di AC mobil Anda.

Baca juga Cara Buat Foto 360 Derajat di Facebook dengan Mudah

Apa Lagi itu Mas Filter Kabin atau Filter AC?

Filter Kabin atau Filter AC itu  seperti saringan udara yang tempatnya ada di dalam mobil. Biasanya letak pastinya ada di blower AC yang ada di belakang laci dashboard mobil. Jadi, filter yang di atas terletak di dalam ruang mesin mobil, tetapi filter yang satu ini terletak di dalam mobil.

Fungsinya Apa Mas?

Sama seperti filter udara di ruang mesin mobil, filter kabin atau filter AC ini fungsinya juga sebagai gerbang masuk udara-udara, yang jahat maupun yang baik untuk disaring dan dikeluarkan kembali dimana hasil keluaran tadi membuat kita menghirup udara di dalam mobil secara nyaman dan aman. Sangat penting bukan, belum lagi semakin hari jumlah kendaraan bertambah sehingga menimbulkan keadaan polusi udara yang menjadi semakin tidak bisa dikendalikan. Seperti halnya berita di bawah ini :

filter sakura

Sangat mengerikan. Bisa Anda bayangkan jika Anda memiliki bayi yang masih rentan dengan penyakit, dan sering berpergian, tentu bakteri-bakteri jahat yang berada di mobil akan dengan mudah menyerang sistem kekebalan tubuh sang bayi, dan menjadi sakit.

Oleh karena itu, untuk mobil tahun 2005 keatas, dibuat motivasi baru untuk mengendalikan polusi udara yang berada di sekitar mobil untuk disaring kembali oleh filter kabin atau filter AC agar udara di dalam mobil dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya. Tidak mau juga kan setiap mengendarai mobil, kita menggunakan jas hujan, sarung tangan steril, masker, dan penutup kepala untuk menghindarkan kita dari bakteri-bakteri jahat.

Cara kerja sistem AC seperti gambar di bawah ini dan bagaimana filter kabin atau filter AC bekerja :

filter sakura

Ada Solusi untuk Merek Filter Kabin atau Filter AC yang Bagus?

Karena untuk filter udara saya menggunakan Filter Sakura, maka tidak ada salahnya untuk mencoba filter AC juga dengan merek Filter Sakura. Filter Sakura ini diproduksi oleh perusahaan ADR Groups. Perusahaan ini bergerak di bidang penyediaan solusi suku cadang otomotif dan industri selama lebih dari 40 tahun. Filter Sakura ini dirancang dan diproduksi sesuai dengan SAE, JIS, dan standar DIN dengan kualitas terbaik. Semua produk dari Filter Sakura ini yang diuji dengan ISO / IEC 17025 : 2005 dan terakreditasi laboratorium. Berikut adalah produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan ADR Groups :

filter sakura

Nah, baru-baru ini, perusahaan ini meluncurkan produk baru untuk filter kabin atau filter AC. Namanya adalah The New Cabin Air Filter.

filter sakura

Apa Keunggulan Filter Sakura The New Cabin Air Filter ini Mas?

The New Cabin Air Filter dibuat dengan 3 lapisan khusus yang berfungsi untuk memfilter udara di sekitar, berikut 3 lapisannya :

filter sakura

  • Lapisan Bio-Guard, fungsinya untuk melindungi dan menghilangkan virus, kuman, alergi, bakteri atau jamur yang berada di sekitar kabin kendaraan.
  • Lapisan Karbon, berfungsi untuk menghilangkan bau yang tidak sedap dan mengurangi dampak gas buang  yang berbahaya.
  • Lapisan Pelindung, berguna untuk menghilangkan partikel mikroskopis dan partikel jahat lainnya yang sangat kecil.

The New Cabin Air Filter dibentuk dengan pemotongan yang presisi guna menghancurkan partikel-partikel jahat yang menyebabkan penyakit dan mampu untuk menghilangkan bakteri di udara yang berbahaya yang berpotensi untuk berkembang biak.

Sakura Bio-Guard Cabin Air Filter ini juga dapat menjaga sirkulasi udara yang jelas dan mengurangi adanya alergi yang dapat menyebabkan reaksi hipersensitif termasuk asma. Hal ini karena media filtrasi memberikan sifat dan kapasitas yang luar biasa.

Kelebihan Sakura Bio-Guard Cabin Air Filter yang lain adalah mampu mengendalikan dan menyaring partikel debu hingga 2,5 mikron, atau di S.I. Unit 0,0025 mm. Ditambah lagi dengan lapisan tambahan media karbon yang menghilangkan bau yang tidak enak dan berbahaya, seperti Sulfur Dioksida dan Nitrogen Oksida.

Dan, untuk menjaga kebersihannya, Sakura Bio-Guard Cabin Air Filter harus diganti setiap 15.000 km atau 1 tahun atau dari tanggal pemasangan untuk memastikan Filter Sakura ini dapat berjalan secara maksimal.  Selain itu, kondisi lingkungan sekitar juga harus diperhatikan.

Berikut adalah hasil dari laboratorium soal produk The New Cabin Air Filter ini :

filter sakura

Bisa Digunakan untuk Mobil apa Saja Mas?

Nah, ada juga daftar jenis filter dan mobil yang cocok agar tidak salah membelinya :

filter sakura

filter sakura

Untuk pemasangan, Anda bisa langsung ke situsnya Sakura Filter dan meng-klik How to Install sesuai merek mobil yang Anda punya.

Masnya Sudah Pakai Filter Kabin atau AC ini?

Jujur, belum. Karena mobil yang saya punya juga masih di bawah tahun 2005, dimana masih belum ada fitur kabin AC. Tetapi, saya sudah menggunakan Filter Sakura pada mobil saya meski hanya untuk filter udara di bagian ruang mesin dan hasilnya sangat luar biasa.

Kesimpulan

Maukah bila Anda seperti orang yang ada di video di bawah ini?

Dari video di atas bisa Anda lihat bahwa mobil yang Anda miliki juga menyimpan potensi bakteri-bakteri jahat yang setiap saat menghantui ketika Anda berkendara. Itulah kenapa, Sakura Filter menghadirkan produk baru yang bisa melindungi Anda dari bakteri-bakteri tersebut.

The New Cabin Air Filter sudah tentu layak untuk digunakan di dalam mobil Anda dan sudah menjadi hal yang utama bahwa lingkungan yang sehat terutama di dalam mobil mampu meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Mobil yang sehat dan nyaman adalah impian bagi setiap keluarga, terutama yang memiliki anak balita. Karena mobil menjadi salah satu sarana penting untuk menggerakkan perekonomian keluarga. Mobil rusak, mobil kotor, mobil tidak sehat, apakah sang pengendara juga nyaman menggunakannya? Tentu tidak.

Anda juga bisa memesan filter AC atau filter kabin ini melalu toko online Tokopedia yang alamatnya sudah saya sematkan di kata “Tokopedia”. Dengan harga yang sangat murah hanya sekitar 200 ribuan, manfaat yang dihasilkan mungkin tidak akan sebanding, karena manfaatnya akan berdampak langsung pada kesehatan Anda. Kesehatan itu sangat mahal harganya.

Oleh sebab itu, hasil produksi Filter Sakura, The New Cabin Air Filter datang menghadirkan pelindung yang aman dan membuat nyaman soal kondisi juga sirkulasi udara di dalam mobil. Semoga tulisan di blog saya ini dapat bermanfaat untuk semua orang.



Referensi :
http://sakurafilter.com/
http://www.sakurafilter.com/index.php/page/load/67
http://www.sakurafilter.com/index.php/page/load/7
http://otomotif.liputan6.com/read/2364634/penjualan-mobil-nasional-capai-8532-ribu-per-oktober-2015
http://otomotif.kompas.com/read/2014/04/15/1541211/Populasi.Kendaraan.Bermotor.di.Indonesia.Tembus.104.2.Juta.Unit
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/08/08/110746226/OJK.Orang.Indonesia.Makin.Konsumtif
http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2016/02/160213_majalah_polusi_meninggal
https://www.facebook.com/notes/teguh-riyadi/filter-kabin-atau-filter-ac/10153512062974756/
Share.

Leave A Reply