Faktor yang Mempengaruhi Analisa Keuangan Finansial - Dirga

Faktor yang Mempengaruhi Analisa Keuangan Finansial

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Proses analisis keuangan finansial dibuat dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan suatu usaha dari aspek keuangan dan manajemen pengelolaan keuangan yang dilakukan, untuk mengetahui laba dan rugi suatu usaha, serta sebagai laporan yang akan diberikan pada pihak terkait dan juga lembaga terkait yang dapat menjamin keberlangsungan suatu usaha tersebut. Berdasarkan analisis pada laporan keuangan yang telah dibuat, maka manajemen pengelola usaha dapat memutuskan berbagai keputusan seperti melanjutkan atau tidak melanjutkan operasional suatu usaha tertentu atau bagian lainnya. contoh keputusan lainnya misalnya pada perusahaan yang bergerak dibidang produksi, apakah akan terus melakukan pembelian atau menyewa mesin – mesin produksi. Sedangkan contoh pada dunia perbankan, melalui laporan yang dibuat dapat mengambil keputusan mengenai penanganan kredit – kredit macet, jika laporan keuangan terkendala dengan masalah tersebut.

finansial

Setelah membuat berbagai macam keputusan yang telah diambil berdasarkan laporan keuangan, manajemen keuangan suatu usaha khususnya orang yang memanaj atau manajer harus mengevaluasi dampak keputusan dan kebijakan yang telah diambil terhadap nilai perusahaan. Di mana dibuatnya anilisis keuangan tersebut dapat memberikan gambaran dan membantu pimpinan untuk lebih menilai dampak keputusan keuangan terhadap profitabilitas di masa mendatang, serta resiko yang akan dialami. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi analisa laporan keuangan di antaranya.

  1. Faktor pertama adalah asset perusahaan setiap pembuatan laporan keuangan pastilah selalu dilakukan update terhadap asset suatu usaha dari kepemilikan totalnya. Update atau anlisa asset tersebut sangat diperlukan untuk mengetahui berkembang atau tidaknya suatu usaha yang dijalankan.
  2. Pengeluaran – pengeluaran perusahaan juga termasuk dalam faktor yang mempengaruhi pembuatan analisa laporan keuangan, di mana pengeluaran tersebut meliputi beban pegawai, beban produksi, sejumlah pembiayaan dan lainnya.
  3. Laporan harian keuangan pada manajemen usaha juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi analisa laporan keuangan secara mendetail, dan berkesinambungan, sehingga pembuatan laporan keuangan harian haruslah dilakukan secara akurat sesuai data dan fakta yang ada di lapangan atau pada manajemen tersebut.

Demikian beberapa faktor yang mempengaruhi pembuatan analisis keuangan finansial, mengingat pentingnya analisa laporan keuangan, termasuk saat adanya audit usaha, maka pembuatan laporan keuangan harus dilakukan oleh sumber daya yang mumpuni dan berkemampuan. Anda bisa baca seputar berita bisnis terbaru hari ini dan keuangan untuk membantu anda menganalisis finansial.

Share.

Leave A Reply