Digital Marketing Itu Kejam - Dirga

Digital Marketing Itu Kejam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

digital marketing itu kejam

Digital Marketing Itu Kejam – Perkembangan zaman kini semakin dinikmati. Hal ini terlihat dari adanya beberapa kemajuan dari teknologi. Tak heran jika kini sering disebut sebagai era digital dimana seluruh kebutuhan dapat terpenuhi melalu teknologi digital. Sebagai negara berkembang, Indonesia pun tidak mau ketinggalan dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat ini. Hal ini terbukti dari adanya pertumbuhan internet yang semakin meningkat di Indonesia. Pertumbuhan pengguna internet ini pun sudah terdata dengan baik dan menunjukan angka yang terus meningkat pada setiap tahunnya.

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJIII) telah terdata bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai angka 88,1 juta pengguna. Keadaan ini pun semakin diperkuat dengan adanya catatan dari We Are Social yang telah mendata adanya kenaikan sekitar 15 persen pengguna internet terhitung sejak awal tahun 2015 hingga awal tahun 2016.

pertumbuhan internet di indonesia

Dari angka 88,1 juta pengguna internet di Indonesia, ternyata penyumbang terbanyak merupakan para pengguna media sosial. 79 juta dari 88,1 juta pengguna internet merupakan pengguna social media aktif. Dengan demikian, Indonesia dapat dijuluki sebagai Negara teraktif di media social. Petumbuhan angka pengguna internet termasuk pengguna aktif social media pun semakin meningkat. Hal ini terbukti dari sebuah lembaga riset pasat, e-Marketer yang memprediksi pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 akan menembus hingga 112 juta orang.

Dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia, maka kesempatan atau peluang untuk memasarkan produk lebih terbuka. Mengapa demikian? Karena dengan memanfaatkan media digital, maka produk yang akan dipasarkan dirasa akan semakin dengan mudah dipromosikan tanpa harus mengenakan terlalu banyak biaya untuk instrument pemasaran. Pemasaran jenis ini disebut sebagai digital marketing. Seiring dengan adanya peningkatan pengguna internet, digital marketing ini semakin diminati karena dirasa lebih praktis dan lebih meluas dibandingkan dengan media konvensional.

Pada dasarnya, digital marketing menggabungkan beberapa factor seperti teknologi, antropologi, psikologis, dan humanis. Aktivitas yang digunakan dalam digital marketing pun beragam, diantaranya E-Mail Direct Marketing, Online Advertising, Website Perusahaan, dan juga Sosial Media. Jadi, digital marketing dapat diartikan dimana sebuah produk dipasarkan atau dikenalkan melalui media digital sebagai pemanfaatan teknologi internet.

digital marketing

Sebagai cara marketing, digital marketing memiliki beberapa contoh diantaranya Search Engine Optimization (SEO), Copy Writing, Paid Ads, Optimasi Media Sosial, dan Tanam Backlink.

Istilah di dunia marketing

  • Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau lebih dikenal dengan singkatan SEO, merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan visibalitas dari sebuah website dalam mesin pencari. Pada umumnya, saat kita mengetikan sebuah kata kunci maka akan muncul beberapa website yang menjadi daftar pencarian mas dan mbaknya. Lalu, kemunculan dari setiap website tersebut terurutkan berdasarkan tingginya potensi jumlah pengunjung. Jika sebuah website berada pada posisi ranking teratas pada halamn pencarian, maka website tersebut berpotensi memiliki visitor yang lebih banyak secara terus menerus. Dengan adanya SEO, maka ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan. Mendatangkan trafik (pengunjung) potensial ke website, meningkatkan brand awareness, dan mendapatkan data customer dengan gratis yang bertujuan untuk mempermudah menjangkau customer.

  • Copy Writing

Copy Writing atau juga lebih dikenal sebagai seni menjual lewat tulisan ini juga menjadi bagian dari digital marketing. Copy Writing dapat dikatakan sebagai sebuah teknik menulis iklan yang memiliki tujuan untuk menarik minat publik terhadap sebuah produk yang ditawarkan. Dari teknik copy writing ini maka akan diikuti dengan adanya top of mind yang merupakan sebuah perilaku yang diinginkan dari permberi iklan. Dapat diartikan bahwa top of mind merupakan sebuah goal dari terpasangnya sebuah iklan tersebut.

  • Paid Ads

Paid Ads ini sering dijumpai saat berseluncur ke media social seperti facebook, instagram dan lainnya. Bahkan iklan dari jenis itu pun sering kali ditemui pada YouTube. Ada beberapa istilah lainnya dalam penyebutan paid ads, seperti PPC (Pay Per Click Ads) dan PTC (Paid to Click). Dua diantara paid ads yang paling efektif dalam digital marketing adalah Facebook Ads dan Google Adwords.

  • Optimasi Media Sosial

Optimasi media social sebagai cara marketing dalam memanfaatkan media digital merupakan cara memasarkan produk dengan memasang berbagai macam iklan di berbagai macam media sosial. Dengan menggunakan akun social media, diharapkan customer akan semakin tertarikk untuk mencari tahu lebih dalam tentang produk yang ditawarkan.

  • Tanam Backlink

Backlink atau dikenal juga sebagai inbound link, inlink, link masuk, dan link balik merupakan sebuah link yang masuk ke dalam sebuah halaman web atau situs web. Dengan menggunakan backlink ini juga secara langsung akan menaikan peringkat website dalam halaman pencarian. Namun, dalam menggunakan tanam backlink ini harus diingat bahwa mas dan mbaknya harus memasang komentar yang sesui dengan konten pada website dan tetunya juga harus menghindari spam  karena akan menyebabkan website akan masuk ke dalam sandbox.

pengalaman digital marketing

[wc_box color=”inverse” text_align=”left”]

SEO

[/wc_box]

Kegiatan yang asyik, menantang, bikin lelah, dan tidak bisa dicontek. Kenapa kok tidak bisa dicontek? Berikut pengalaman saya belajar SEO sejak 1,5 tahun yang lalu.

Bermula dari kepenatan dari kegiatan kuliah dan skripsi. Awalnya hanya ingin menuliskan cerita yang tidak jelas di blog atau sekedar berbagi tips dan tutorial yang pernah saya alami. Memang ini bukan menjadi blog pertama karena saya sudah ngeblog sejak saya SMA meski hanya sekedar membuat blog dan mengisi 1 atau 2 konten saja. Karena saya orangnya gampang bosan oleh karenanya blog tidak pernah awet dan tahan lama. Sepertinya perlu sebuah obat kuat.

Setelah awal masuk kuliah juga ada tugas untuk membuat blog dan website. Masih sama, tidak bertahan lama meski ada beberapa blog yang ramai pengunjung gara-gara ada beberapa artikel yang sudah ada di halaman 1 Google. Sampai pada semester sekian sekian, tidak perlu disebutkan kalau itu semester 10 kan nanti dikira angkatan tua, saya sedikit kembali ke dunia blog karena waktu itu berpikir untuk cari uang sendiri.

Mulai coba membuat blog kembali dan mencari nama domain yang cocok. Domain ketika itu masih menggunakan nama lengkap. Oke boleh keren sekali menggunakan .com. Selang setahun, konten blog tetap saja tidak diperbarui lagi karena masih bingung harus mengisi konten yang seperti apa. Dasarnya kurang fokus ya begini, makanya sering ditinggali gebetan gara-gara tidak bisa fokus sama 1 pasangan mwehehehek.

Sampai sini saya tidak sadar kalau selama ini saya belajar SEO. Ketika itu hanya posting saja tanpa memperdulikan SEO.

seo

Sumber : https://pixabay.com/

SEO sendiri ada banyak, tidak hanya SEO on-page maupun off-page, karena memang bisa dibilang pondasi SEO ya kedua hal tersebut. Menurut beberapa mastah SEO sih begitu mwehehehek. Saya masih belajar untuk mendalami SEO, dan saya sendiri kendalanya ada di pemilihan kata kunci.

SEO erat sekali dengan pemilihan kata kunci yang pas. Meski tidak pas juga tidak masalah asal link yang masuk itu kuat. Menurut saya selama ini itu begini, kata kunci yang pas bisa dengan mudah mendobrak ke halaman dan posisi 1 Google meskipun tanpa backlink. Kalau mau ambil kata kunci yang kurang pas atau bisa dibilang banyak saingannya, bisa saja asal backlink dan konten yang ada harus kuat.

Melihat kedua hal tersebut, tentu saya memilih jalan untuk mencari kata kunci yang pas, yang kurang ada saingannya. Gampangnya, pencarian banyak tetapi saingan sedikit. Ada juga pencarian sedikit, saingan juga sedikit.

Nah, untuk yang cukup banyak modal bisa melakukan yang kedua. Kata kunci yang banyak saingan. Dan, biasanya yang saingannya banyak itu pencarian juga lebih banyak, dan tentu hal ini berbanding lurus dengan pemasukan yang didapat.

Saya memilih yang pertama karena ya itu tadi, tidak kuat di modal. Jadi, terus mencari kata kunci yang banyak dicari tetapi saingannya tidak banyak sehingga akan memudahkan jalan menuju posisi 1 Google. Kendalanya adalah terkadang kata kunci yang sudah dirasa pas tetapi ketika sudah dibikin menjadi artikel masih tidak kunjung berada di halaman 1 Google. Kembali lagi, untung-untungan juga.

Selama ini, saya juga sering memperhatikan situs-situs dari mastah SEO yang sengaja dibagikan untuk pembelajaran. Saya berteman banyak mastah SEO dan internet marketing di jejaring sosial sehingga memudahkan untuk mengetahui bagaimana SEO itu.

Pernah ada mastah sengaja memberikan situs yang dikelola yang sudah menghasilkan ribuan atau puluhan ribu traffic untuk pembelajaran. Saya tanya bagaimana SEOnya, ternyata seperti pada umumnya, optimal di kata kunci, perkuat konten, dan siram backlink.

Itulah kenapa SEO itu tidak bisa dicontek. Terus berusaha, try and error, pasti nanti menemukan jalannya. Usaha keras itu takkan mengkhianati.

Black Hat vs White Hat

Hal yang masih sering diperdebatkan di dunia internet marketing dan saya sedang berada di kedua hal ini. Black Hat adalah sebutan untuk cara curang dalam mendapatkan penghasilan dari dunia online, dan White Hat adalah cara ‘putih’ untuk mendapatkan penghasilan dari dunia online. Kenapa saya berada di kedua hal ini? Karena memang saya tidak fokus dan selalu penasaran. Kenapa saya penasaran? Karena orang ganteng bebas.

Black Hat

Black Hat adalah cara curang. Cara curang disini masih diperdebatkan karena memang ya urusan masing-masing, tidak perlu dijabarkan karena bisa menjadi SARA. AGC atau AGK. AGC atau Auto Generate Content dan AGK atau Auto Generate Keyword adalah semacam tools atau alat yang digunakan untuk membangun sebuah situs dengan isi sesuai keinginan pengunjung.

Contohnya bila mas dan mbaknya membuaka Google dan mengetikkan misalnya kata kunci resep lintah bumbu rujak, klik situs yang ada di posisi 1. Disitu mas dan mbaknya akan menemukan informasi resep tersebut yang dimana ini konten diambil dari situs lain, entah darimana. Selain itu, kalau mas dan mbaknya mengetikkan kata kunci lain di kotak pencarian yang disediakan situs tersebut misalnya kata kunci mobil balap terbaru. Mas dan mbaknya pasti akan mengira kalau kata kunci mobil balap terbaru tidak akan muncul karena situs tersebut adalah situs soal resep.

Sayangnya itu tidak benar, dan artikel soal mobil balap terbaru akan muncul. Itulah AGC. Untuk AGK, cara kerjanya juga sama. Jadi, dengan AGC atau AGK, situs yang mas dan mbaknya buat tidak akan kehabisan konten atau bisa dibilang siserba, situs serba ada.

Mudah kan untuk membuat situs AGC atau AGK. Tetapi, untuk membuatnya juga menggunakan tools atau alat khusus, harganya lumayan. Kendala lainnya adalah untuk mas dan mbaknya yang ingin bermain AGC atau AGK harus siap modal untuk membeli domain dan hosting karena situs jenis ini bermain di kuantitas bukan kualitas. Situs AGC dan AGK juga mudah untuk deindex Google atau ditendang dari Google sehingga perlu untuk membuat banyak domain dan hosting. Yang mas dan mbaknya sudah ketahui kalau harga domain itu berapa dan hosting itu cukup mahal. 1 domain bisa mencapai Rp. 100.000-an dan hosting bisa hingga Rp. 20.000/bulan. Yang sudah master di dunia ini bisa membeli 1000 domain dan beberapa hosting untuk menampung domain-domain tersebut.

White Hat

Kalau White Hat itu cara yang bisa dibilang cara putih. Disini benar-benar dibangun dengan sepenuh hati, baik dengan modal ataupun tanpa modal. Dengan modal itu begini.

Dengan modal itu untuk konten mereka beli dari Jasa Penulis Artikel yang sudah dipercaya kualitasnya. Harganya juga beragam tergantung jumlah kata yang dipesan. Untuk yang bagus dan rekomendasi SEO itu minimal 500 kata. Harga 500 kata sekitar Rp. 9.000 hingga Rp. 13.000 untuk artikel Indonesia, kalau Inggris tentu lebih mahal. Tentu, seorang ada modal akan membeli lebih dari 50 artikel untuk diposting di blognya, dan itu untuk 1 blog saja.

Belum lagi untuk membeli backlink sebagai pendorong situs untuk lebih mendongkrak ke posisi 1 Google. Backlink yang berkualitas itu biasanya menggunakan PBN atau situs-situs besar seperti wikipedia, huffinton, dan situs pemerintah atau situs universitas. Modalnya 1 link saja bisa mencapai $20.

Kalau yang tanpa modal juga bisa. Menggunakan blogspot, sudah tanpa beli domain dan hosting. Konten buat sendiri tanpa bantuan penulis, kecuali mantan mas dan mbaknya mau membantu untuk membuat kontennya. Tanpa backlink hanya dibagikan di sosial media masing-masing. Untuk mas dan mbaknya yang selebtweet atau selebgram mungkin akan dengan mudah mendapatkan traffic karena memang sudah banyak pengikutnya dan untuk berkunjung ke blog atau situs itu urusan yang mudah.

Kendalanya sudah pasti tenaga dan waktu. Buat konten yang bagus itu susah, belum lagi harus memikirkan bagaimana agar mudah dibaca. Dan, kalau mas dan mbaknya termasuk #kaumtraffic atau berorientasi pada traffic tentu harus lebih fokus, capek, dan konsisten untuk membuat artikel setiap hari karena kunci untuk blog atau situs yang ingin ramai dikunjungi harus selalu diperbarui. Ada juga yang hanya memperbarui postingan sekitar 30 artikel sudah ramai dikunjungi, ada juga yang tidak. Itulah White Hat.

Karena saya tidak bisa fokus akhirnya pindah ke Paid Traffic. Apa itu?

[wc_box color=”inverse” text_align=”left”]

Paid Traffic

[/wc_box]

Paid traffic adalah salah satu cara untuk menarik minat orang lain lewat media sosial atau Google dengan membayar slot untuk beriklan di media tersebut. Salah satu contohnya adalah FB Ads.

FB Ads merupakan layanan dari Facebook untuk pengguna yang dapat digunakan sebagai media iklan kepada semua pengguna Facebook di dunia, tergantung target masing-masing.

Fb_ads

Sumber : https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/

Saya memiliki toko online di salah satu marketplace Indonesia. Karena sesuatu hal, maka closing atau penjualan toko online sedikit berkurang. Nah, cara yang bisa ditempuh dengan mengiklankan produk yang kita jual lewat Facebook. Memiliki toko online, tentu kita juga memiliki fanspage di Facebook untuk menjaring calon konsumen dari Facebook. Dari fanspage tersebut, kita meletakkan produk kita tadi dan pasangkan sebagai iklan dan tunggu penjualan di produk kita setelah iklan yang akan kita tayangkan sudah disetujui oleh Facebook.

Kendalanya tentu modal dan targeting. Modal jelas sebagai deposit iklan di Facebook, dan targeting sebagai calon konsumen kita. Tetapi, di Facebook ada satu yang menarik. Kalau iklan yang kita iklankan itu viral, atau banyak interaksi atau benar-benar tertarget, maka biaya iklan yang keluar bisa lebih murah dan akibatnya akan semakin banyak jangkauan kepada calon kosumen. Bahkan bisa mencapai Rp. 1 kalau iklannya benar-benar tertarget, banyak interaksi, atau viral, dan tentu calon konsumen yang melirik akan semakin banyak.

Contoh Paid Traffic lain adalah Google Adwords. Sayangnya, saya belum pernah mencoba untuk Google Adwords.

[wc_box color=”inverse” text_align=”left”]

Spam

[/wc_box]

Tidak banyak yang tahu kalau ternyata spam bisa menghasilkan uang secara online. Spam itu belum tentu buruk meski memang dirasa menganggu. Biasanya kalau tidak kuat bayar Paid Traffic, saya melakukan spam. Spam yang wajar seperti membuat artikel positif (bukan hoax) dan menyebarkan ke grup-grup yang saya ikuti, tentu grup yang tertarget juga.

Spam

Sumber : http://blog.etonic.net

Misalnya, saya punya blog tentang kisah inspirasi dan membuat artikel seperti hidayah seorang istri yang sabar. Saya buat akun media sosial dan bergabung ke grup-grup yang tentu berhubungan dengan ibu-ibu, kisah inspiratif, dan sebagainya. Tinggal masukkan link blog ke grup-grup tersebut dan menuliskan caption yang “mengajak” untuk klik link blog kita.

Paid traffic dan spam ini menjadi cara yang banyak ditempuh untuk yang suka sebar-sebar berita hoax. K grup mas dan mbaknya pernah ada akun yang mengajak klik link agar dapat uang, jangan langsung klik. Bisa membahayakan.

[wc_box color=”inverse” text_align=”left”]

Tukar Link

[/wc_box]

Tukar link itu saya jarang, kebanyakan beli link atau backlink. Karena saya lemah soal pemahaman tentang backlink, maka saya putuskan untuk optimasi satu ini saya menggunakan jasa orang saja. Selain itu, saya sering juga beli link di blog orang yang memiliki kualitas tinggi seperti blog universitas atau forum-forum yang sudah mendunia. Variasinya lebih tepatnya, jadi selain beli backlink yang memang capek untuk mengecek satu-persatu, maka saya juga menggunakan backlink berkualitas seperti dari blog universitas atau forum, dan juga PBN. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas kalau harga link PBN itu sangatlah mahal.

Biasanya hal ini juga didukung dengan persaingan dari kata kunci atau keyword yang mas dan mbaknya gunakan. Kalau memang kata kuncinya kompetisinya sedikit tentu tanpa menggunakan backlink juga akan meningkat sendiri, kalau memang agak kuat atau kuat persaingannya, menggunakan backlink menjadi jalan yang terbaik.

tips digital marketing

tips untuk digital marketing

Untuk itu, ada beberapa cara untuk menggunakan digital marketing secara optimal dan efektif. Pertama, mencari tahu konsumen. Dalam hal ini, Mas dan mbaknya harus memmperhatikan dua poin di antaranya audience yang merupakan hanya penikmat marketing digital Mas dan mbaknya dan konsumen yang merupakan peminat dan pembeli dari produk Mas dan mbaknya. Dengan demikian, Mas dan mbaknya harus bisa membidik konsumen terbaik sehingga produk Mas dan mbaknya dapat menarik perhatian. Kedua, bangunlah komunikasi dengan konsumen sehingga Mas dan mbaknya akan mendapatkan pesan terbaik dalam marketing produk. Ketiga, perdalam informasi tentang pembeli sehingga akan memunculkan marketing yang unik dan berbeda.

Selain mas dan mbaknya bisa menerapkan beberapa tips digital marketing diatas, mas dan mbaknya juga bisa menggunakan pihak ketiga yang saya rekomendasikan ini. Namanya adalah ABAH Digital Marketing Specialist. Dilihat dari nama pasti mas dan mbaknya mengerti apa itu ABAH dan fungsinya apa.

ABAH Digital Marketing Specialist merupakan perusahaan yang bergerak dalam dunia digital marketing, khususnya dalam penyediaan jasa kampanye yang berkualitas dan terpercaya hingga kini. Dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki, ABAH adalah partner terbaik perusahaan mas dan mbaknya untuk semua proses pekerjaan rutin dan membutuhkan keahlian spesifik dalam bidang digital marketing secara berkesinambungan.

Layanan yang ABAH tawarkan ada 4, yaitu Blog Post Campaign, Jasa Sosial Media, Offline Marketing Campaign, dan Article Production.

service abah

Blog Post Campaign, salah satu strategi digital marketing yang jitu dan terukur (measurable) untuk diterapkan, apapun bidang usaha mas dan mbaknya. Alasan lainnya adalah :

  • Abah memiliki banyak database blog (3000++).
  • Tema blog yang bervariasi (travel, blog pribadi, kuliner, otomotif, teknologi, dan lainnya).
  • Tersedia blog Inggris.
  • Real blog, bukan blog auto seperti AGC, bukan PBN, dan bukan juga blog berjenis PTR.
  • Bisa sesuai permintaan (berdasarkan DA, tema, atau statistik).
  • Dapat melayani permintaan banyak blogpost.

Jasa Sosial Media, merupakan wadah komunikasi online yang sangat akrab dalam kehidupan masyarakat dewasa ini. Social media juga memberi banyak kemudahan bagi penggunanya. Komunikasi dan interaksi terbuka lebar, membuat proses sharing informasi bisa dilakukan secara viral dan masif. Luasnya ruang komunikasi dan interaksi inilah yang membuat social media menempati posisi penting dalam penerapan strategi online marketing yang tepat untuk produk dan atau jasa perusahaan mas dan mbaknya.  Kelebihan lainnya adalah :

  • Memiliki ratusan influencer dan buzzers sosial media.
  • Memiliki akun sosial media dengan followers minimal 1000 dari berbagai varian tema.
  • Fokus di Facebook, Instagram, Twitter dan Google+.
  • Followers merupakan manusia asli dan hanya akun yang aktif.
  • Melayani layanan sesuai permintaan.

Offline Marketing Campaign, merancang dan mengadakan event offline untuk promosi produk/brand/perusahaan Anda dengan melibatkan blogger dan atau online influencer adalah salah satu cara membangun awareness dan customer loyalty yang jitu. Detailnya :

  • Merancang dan mengatur acara offline dari awal.
  • Dapat melayani sesuai kebutuhan tentang konsultasi perencanaan strategi untuk acara.
  • Dapat dikombinasikan dengan kampanye lain seperti: kompetisi blog, lomba menulis, posting kampanye blog, dan lain-lain.

Article Production,  konten merupakan image brand/produk perusahaan mas dan mbaknya di mata audiens dan pasar. It is CRUCIAL ! Memproduksi konten berkualitas, khususnya artikel, adalah spesialisasi dari ABAH. Kenapa?

  • Memiliki puluhan penulis yang berpengalaman.
  • Mampu melayani banyak permintaan menulis (lebih dari 500 artikel/bulan).
  • Artikel sudah SEO, unik, baru, dan sudah lolos Copyscape Premium.
  • Dapat melayani kebutuhan artikel sesuai permintaan.

Dari 4 layanan yang diberikan, tentu ABAH menjadi rekomendasi yang saya berikan kepada mas dan mbaknya dalam membantu kebutuhan digital marketing, kalau tidak ingin repot atau bingung sendiri. Lebih jelasnya, mas dan mbaknya dapat menghubungi ABAH Digital Marketing Specialist di kontak berikut ini :

Workshop : Griya Depok Asri Blok B7 / 18 – Sukmajaya, Depok – Jawa Barat
Telp. : 021 – 2921 8602

Office : Jl. Manunggal Pratama No. 8, Cipinang Melayu – Jakarta Timur.
Telp. : 021 – 8661 5774
Mobile CP : 0813 8079 2290

[wc_row] [wc_column size=”one-third” position=”first”] [wc_fa icon=”fa-phone” margin_left=”2″ margin_right=”2″ class=””][/wc_fa] (021) 2921-8602

[wc_fa icon=”twitter” margin_left=”2″ margin_right=”2″ class=””][/wc_fa] abah_dms

[/wc_column] [wc_column size=”one-third”] [wc_fa icon=”envelope” margin_left=”2″ margin_right=”2″ class=””][/wc_fa] [email protected]

[wc_fa icon=”instagram” margin_left=”2″ margin_right=”2″ class=””][/wc_fa] abah_dms

[/wc_column] [wc_column size=”one-third” position=”last”] [wc_fa icon=”facebook” margin_left=”2″ margin_right=”2″ class=””][/wc_fa] ABAH Digital Marketing Specialist

[wc_fa icon=”google-plus” margin_left=”2″ margin_right=”2″ class=””][/wc_fa] abah dms

[/wc_column] [/wc_row]

Entah sudah berapa rupiah yang sudah saya keluarkan untuk “belajar” dunia marketing. Rinciannya ada untuk penulis artikel, jasa backlink, domain dan hosting, hingga iklan di Facebook. Sebenarnya saya juga mencoba digital marketing lewat Youtube, tetapi hanya beberapa yang sukses, sisanya kena banned. Semoga menjadi inspirasi dan tidak kapok untuk terjun di dunia online. Sekali tercebur, susah untuk keluar. Penyebab utamanya adalah melihat penghasilan orang lain yang mencapai puluhan juta perbulan.

Blog-Writing-Competition

Share.

6 Comments

  1. semua orang sekarang jualan di internet. internet bukan lagi area blue ocean tapi sudah red ocean. mendapat uang di internet sekarang harus dilakukan dengan berdarah-darah. 🙂

Leave A Reply