Kontak Saya Paid Review | Content Placement | Digital Promotion.

Catat! 4 Alasan Mengapa Harus Menggunakan WordPress

Mengapa WordPress – Jika mas dan mbaknya berniat merambah bisnis online, entah itu buka toko online, punya blog, punya YouTube Channel, jadi selegram, alangkah baiknya mas dan mbaknya punya web sendiri. Tidak usah khawatir nanti tidak bisa membuatnya, dan berpikir harus menjadi seorang porgrammer, harus lulusan IT, dll. Lupakan pikiran itu semua karena ada suatu alat yang bisa kita gunakan dengan sangat mudah untuk membangun sebuah web. Alat itu bernama WordPress.

mengapa wordpress

Apa Itu WordPress?

WordPress ada dua macam, ada WordPress.com dan ada WordPress.org. Yang akan menjadi pembahasan kali ini adalah WordPress.org.

WordPress adalah suatu CMS yang bisa kita download dan sangat mudah digunakan untuk membuat website. CMS itu kalo disederhanakan semacam “Software Pembangun Website”. Dulunya WordPress diperuntukan untuk bikin blog, seiring dengan berjalannya waktu WordPress semakin berkembang. Tidak hanya bisa digunakan untuk membuat blog, sekarang ini WordPress bisa digunakan untuk membuat portal berita, toko online, forum, dll.

Mengapa WordPress?

Ada beberapa alasan mengapa seorang pemula, disarankan untuk menggunakan WordPress.

1. Gratis

Orang Indonesia mana yang tidak suka dengan kata gratis? Meskipun gratis, jangan dianggap remeh akan fitur-fitur WordPress. Jika mas dan mbaknya mau mendalami lebih lanjut, fitur-fitur WordPress sangat melimpah. Ada berbagai macam tema (tampilan web), ada berbagai macam perlengkapan (plugin) yang digunakan untuk membuat website kita lebih optimal.

Mas dan mbak hanya perlu ngeluarin modal untuk pembelian domain dan hosting.

2. Temannya Search Engine

WordPress adalah platform yang punya sturktur SEO yang bagus. Ini sangat membantu supaya web yang mas dan mbak bangun bisa dibaca dengan baik oleh mesin pencari, terutama Google. Keuntungannya, tentu akan membuat artikel-artikel yang dipublish terindeks dan ter-rangking dengan baik.

3. Teknologi Terbaru

Kalo mas dan mbak membangun web, toko online misalnya, tentu tidak ingin data pelanggan bocor ke pihak tidak bertanggung jawab. Bocornya data ini umumnya disebabkan oleh struktur keamanan web yang buruk. WordPress selalu memutakhirkan dirinya secara berkala dan berusaha menutup celah-celah keamanan. Bahkan untuk membuat web semakin aman, ada beberapa pengembang plugin yang mengkhususkan diri untuk membuat web lebih aman dan tahan dari serangan-serangan hacker jahat.

4. Gampang Dipelajari

Menurut W3Techs (diakses pada 12 September 2016), dari 100% CMS yang ada di dunia, 59.2% adalah WordPress dan kalo berbicara keseluruhan website yang ada di internet, WordPress digunakan oleh 26.6% seluruh website yang ada.

Artinya apa? Artinya CMS WordPress sangt umum digunakan oleh kebanyakan orang. Akibatnya, untuk mempelajari WordPress sangat mudah, karena banyak tutorial melimpah di internet, di YouTube, di forum-forum dan blog-blog personal yang membahas tentang WordPress, mulai dari beginner sampai advanced, semua ada.

Bagaimana Cara Membuat Web dengan WordPress

Ada beberapa langkah yang perlu mas dan mbaknya lakukan untuk membuat web berbasis WordPress.

1. Beli dan Setting Domain

Domain adalah alamat web mas dan mbaknya, google.com, facebook.com, wikipedia.org, atau domain web ini misalnya dirga.net, itulah yang disebut domain.

Harga domain sangat terjangkau, antara 100rb s.d. 150rb setahun. Mas dan mbak bisa beli domain dari penyedia domain lokal atau pun internasional. Setelah membeli domain, mas dan mbak harus mengarahkan domain itu ke tempat hosting.

2. Beli dan Setting Hosting

Setelah menentukan domain, tentukan juga hosting. Hosting itu kalo diibaratkan seperti sebuah kontrakan, digunakan untuk menyimpan web mas dan mbaknya, tulisan mas dan mbaknya, foto-foto produk toko online mas dan mbaknya semua disimpan di hosting. Jenis nya beragam mulai dari Shared Hosting, VPS Hosting, Dedicated Hosting, dll.

Setting WordPress di Shared Hosting

Shared Hosting adalah hosting untuk pemula, sangat mudah digunakan karena dilengkapi dengan panel bernama cPanel. Bisa dikatakan, tinggal klik-klak-klik saja. Kalau bingung, mas dan mbak bisa mempelajari lebih lanjut mengenai tutorial ini, di YouTube banyak.

Setting WordPress di VPS dan Dedicated Server

Ini untuk tingkat Advanced. Jika web yang mas dan mbak simpan di Shared Hosting sudah terasa berat, sudah sering dapet warning dan bahkan di-suspend oleh penyedia Shared Hosting, mas dan mbaknya perlu beralih ke hosting yang lebih powerful, ada VPS dan lebih atasnya lagi ada Dedicated Server. Salah satu tutorial cara setting WordPress menggunakan VPS ini bisa dipelajari di blog Hardinal.

3. Siapkan dan Terbitkan Blog

Setelah mas dan mbak beli domain dan hosting WordPress, semua sudah siap. Kalau membuat blog pribadi, tentu mas dan mbaknya harus menulis artikel yang unik dan bermanfaat bagi pengunjung. Atau kalau mas dan mbaknya pemilik toko online, tentu saja mem-posting produk yang dijual, upload foto produk, deskripsi yang jelas, tata cara jual beli, dll.

Baca juga Cara Pasang Google Analytics di WordPress

Sangat disarankan mas dan mbak untuk selalu meng-update / mengisi web secara bertahap. Semakin banyak artikel unik dan bermanfaat yang dipublish, semakin baik Search Engine melihat blog mas dan mbaknya.

4. Promosi

Jangan lupakan promosi situs. Promosi bisa dilakuan dengan cara share tulisan / produk toko online di Media Sosial, di forum-forum. Atau kalau punya modal, bisa juga beriklan di beberapa web besar.

Setelah mendapat informasi di atas, saatnya praktek dan mudah-mudahan mas dan mbak punya web yang menguntungkan.

Leave a Reply