Cara Yang Benar Dan Tepat Menyusui Bayi

Posted on

Setelah buah hati Anda yang sudah dinanti-nanti sudah lahir, maka saatnya tahap menyusui harus Anda lakukan. Akan tetapi, untuk beberapa ibu yang masih baru atua muda, tahap tersebut bisa saja menjadi tahapan yang terasa menakutkan. Bagi Anda para ibu, mungkin merasa cara yang dilakukan takut salah, dan cemas jika bayi tak dapat menyusui dengan benar dan lancar. Kekhawatiran bisa juga muncul jika ASI tidak keluar dengan lancar. Apalagi banyak orang-orang lain yang memberikan banyak saran atau masukan mengenai bagaimana cara dan posisi menyusui yang benar. Saran tersebut bisa saja sangat bervariasi dan malah Anda kebingungan dalam menyaring berbagai informasi tersebut.

Cara Yang Benar Menyusui Bayi

Sebenarnya, memberi ASI pada bayi itu sederhana. Begitu sudah lahir, maka bayi sudah mempunyai kemampuan menghisap susu serta mampu makan secara sendiri atau mandiri. Agar Anda tak terlalu khawatir mengenai cara menyusui yang benar, perhatikanlah panduan-panduan berikut ini mengenai cara yang tepat dalam menyusi bayi.

Pemberian ASI tentunya bisa Anda mulai langsung sesudah proses melahirkan bayi selesai. Pertama kalinya seorang bayi menyusui kepada ibunya, hal tersebut disebut inisiasi menyusui bayi dini ( IMD ). Berikut langkah-langkahnya supaya Anda bisa menyusui bayi Anda dengan benar dan tepat.

  1. Untuk cara tepat dalam menyusi bayi yang pertama yaitu mengenai faktor posisi dan kerileksan. Bagi Anda sebagai seorang ibu menyusui, maka Anda harus memposisikan diri Anda senyaman mungkin serta usahakan membuat diri Anda rileks. Untuk cara tepat dalam menyusui bayi agar merasa nyaman yaitu misalnya dengan mengganjal badan dengan bantal atau guling atau bersandar pada dinding.
  2. Lalu setelah posisi badan nyaman, cara tepat dalam menyusui bayi selanjutnya yaitu gendong serta pegang bagian kepala bayi menggunakan satu tangan. Pada tahapan cara tepat dalam menyusui bayi ini, pertahankanlah posisi dari payudara ibu memakai tangan yang lainnya. Lalu setelah itu dekatkanlah muka bayi menuju payudara ibu secara perlahan. Pastikanlah tubuh bayi dapat menempel dengan benar pada tubuh ibu.
  3. Untuk cara tepat dalam menyusui bayi selanjutnya yaitu dengan memberi rangsangan di daerah bibir bagian bawah bayi, beri rangsangan dengan memakai puting susu. Tujuan cara tepat dalam menyusui bayi satu ini yaitu supaya mulut bayi bisa terbuka dengan benar dan lebar. Selanjutnya biarkanlah bayi Anda memasukkan areola atau bagian gelap yang terdapat di sekitar bagian puting payudara ke mulut si bayi.
  4. Selanjutnya si bayi nantinya akan mulai memakai lidah untuk menghisap ASI. Untuk cara tepat dalam menyusui bayi selanjutnya, Anda hanya tinggal ikuti irama menyedot serta menelan ASI dari si bayi.
  5. Saat ibu ingin berpindah kepada payudara yang lainnya atau menyudahi, maka cara tepat dalam menyusui bayi selanjutnya yaitu dengan meletakkan satu jari kepada sudut bibir si bayi. Nantinya di sini si bayi akan melepas isapannya. Anda jangan sampai tiba-tiba melepas bagian mulut bayi ataupun menggeser payudara Anda. Hal tersebut biasanya bisa membuat si bayi rewel serta akan sulit juga untuk menyusui si bayi lagi nantinya.
  6. Lalu cara tepat dalam menyusui bayi selanjutnya adalah membiarkan si bayi sendiri mengatur seberapa cepat dia makan. Hal yang perlu diingat untuk cara tepat dalam menyusui bayi ini yaitu tak ada batas waktu yang pasti ketika menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *