Cara Pasang Google Analytics di Wordpress - Dirga

Cara Pasang Google Analytics di WordPress

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Cara Pasang Google Analytics di WordPress – Sebenarnya untuk memasang sebuah plugin seperti ini dirasa seperti buat apa, dan terkesan sia-sia. Karena mungkin sebagian besar dari mas dan mbaknya sudah memasang plugin Jetpack yang selalu ada di WordPress. Lantas, buat apa sih Google Analytics itu dipasang di WordPress?

cara pasang google analytics di wordpress

Artikel cara pasang Google Analytics di WordPress ini dikhususkan untuk mas dan mbaknya yang ingin selalu memantau perkembangan traffic blog atau websitenya. Ya karena nyawa dari sebuah blog atau website adalah traffic. Mau punya blog tetapi tidak ada yang membaca seperti blog saya ini? Traffic itu sendiri adalah orang-orang diluar sana yang masuk ke dalam blog mas dan mbaknya yang ingin membaca atau melihat apa yang ada di dalam blog mas dan mbaknya, entah itu artikel, gambar, atau lainnya.

Baca juga Cara Ganti Alamat Wp-Admin WordPress Tanpa Koding

Kegunaan hanya untuk memantau traffic aja? Sebenarnya tidak. Dari Google Analytics sendiri, mas dan mbaknya juga bisa memantai bounce rate atau lainnya termasuk karakteristik dari pengunjung blog atau website mas dan mbaknya. Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan blog atau website mas dan mbaknya setelah hanya membuka satu halaman saja. Misalnya, pengunjung tersebut membuka halaman utama blog atau website mas dan mbaknya atau halaman tertentu di blog atau website mas dan mbaknya, namun tidak membuka halaman lainnya.

Cara Pasang Google Analytics di WordPress

Langsung saja ya? Berikut cara pasang Google Analytics di WordPress :

#Langkah 1

Langkah cara pasang Google Analytics di WordPress yang pertama adalah silahkan mas dan mbaknya masuk ke dashboard blog atau website mas dan mbaknya, dan kemudian silahkan menuju ke menu Plugins – Add New.

cara pasang google analytics di wordpress

#Langkah 2

Silahkan ketik ‘google analytics dashboard wp‘ di kotak pencarian sebelah kanan. Dan, pilih plugins yang pertama sebelah kiri itu.

cara pasang google analytics di wordpress

#Langkah 3

Langkah tentang cara pasang Google analytics di WordPress yang ketiga adalah silahkan mas dan mbaknya Install dan Activate plugins tersebut. Tinggal klik tombol Install, tunggu, muncul tombol Activate, klik, tunggu, selesai.

#Langkah 4

Langkah selanjutnya, mas dan mbaknya pergi ke menu Google Analytics. Setelah masuk ke menu itu, mas dan mbaknya silahkan buka akun Gmail yang terhubung dengan Google Analytics untuk blog atau website mas dan mbaknya di tab baru. Lalu, kembali ke menu Google Analitycs di WordPress, klik Authorize Plugin.

cara pasang google analytics di wordpress

cara pasang google analytics di wordpress

#Langkah 5

Langkah cara pasang Google Analytics di WordPress yang kelima adalah mas dan mbaknya silahkan klik tulisan Get Access Code dan halaman akan menuju ke akun Gmail mas dan mbaknya. Kalau ada tombol Allow, silahkan klik juga. Dan, di halaman selanjutnya mas dan mbaknya akan mendapatkan kode akses untuk dikopi ke kotak kode akses di Google Analytics.

cara pasang google analytics di wordpress

Klik Get Access Code

 

cara pasang google analytics di wordpress

Klik Allow

 

cara pasang google analytics di wordpress

Kopi Kodenya

#Langkah 6

Silahkan taruh kode akses tersebut di kotak kode akses, dan kemudian klik Save Access Code. Setelah itu, klik Save Changes. Untuk melihat hasilnya, silahkan buka menu Dashboard, dan cari di bawah maka akan muncul Google Analyticsnya.

cara pasang google analytics di wordpress

Itulah 6 cara pasang Google Analytics di WordPress untuk memantau lalu lintas di blog atau website mas dan mbaknya. Mas dan mbaknya bisa melihat banyak sekali data dan ini nantinya akan berguna sekali untuk ke depannya. Disitu mas dan mbaknya bisa melihat pengunjung blog atau website melihat dari komputer atau HP, menggunakan browser  apa, dan masih banyak lagi.

Sekian artikel cara pasang Google Analytics di WordPress. Semoga berguna. Salam sayang.

Share.

4 Comments

  1. Waini nih… Kok di saya ga bisa-bisa ya? Padahal websitenya udah terverifikasi kalo itu punya saya. Tapi pas authorize plugin malah ada tulisan “no property found” katanya. Sampe sekarang bingung mau gimana

Leave A Reply