Cara Merawat Kulit yang Berminyak Supaya Terbebas Dari Jerawat

Kulit wajah yang berminyak diakibatkan oleh adanya sebum yang berlebih diwajah. Adanya sebum yang berlebih di wajah ini bisa menjadikan kulit berminyak kemudian berujung pada kulit kumal, pori- pori yang tersumbat, komedo, hingga muncul jerawat. Tetapi, kamu juga harus tau ya kalau sebum ini belum tentu musuh untuk orang yang memiliki kulit berminyak, karena sebum ini juga bisa berguna untuk melembapkan kulit.

Kamu karus memperhatikan cara merawat kulit dengan berbagai metode supaya sebum yang ada di wajah kamu bisa terkendali dan kelembapan kulit kamu pun akan bagus. Hal yang harus diingat bahwa mengatasi kulit berminyak ini tidak bisa kamu lakukan sembarangan. Alasannya jika hal yang kamu coba ini tidak cocok pada kulit kamu nantinya kulit wajah bisa jadi kering, iritasi, dan yang pali parah menimbulkan jerawat.

Nah, untuk tahu apa metode yang bisa kamu gunakan untuk menanggulangi kulit berminyak di wajah dengan benar, ikuti penjelasannya di bawah ini:

cara merawat kulit

Rutin mencuci muka

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan rajin mencuci muka.  Jika muka kamu berminyak kamu bisa mencuci muka kamu dua kali dalam satu hari di pagi dan sore hari, jangan lupa juga gunakan sabun cuci muka ya. Sebaiknya kamu juga menghindari penggunaan sabun cuci muka yang mengandung wewangian yang kuat, karena hal tersebut bisa membuat wajah kamu menjadi kering dan membuat kulit wajah kamu iritasi.

Keringkan wajah dengan benar

Setelah kamu mencuci muka, sebaiknya keringkan wajah kamu dengan cara menepuk-nepuk kulit dengan menggunakan handuk yang lembut. Sebisa mungkin kamu jangan gunakan handuk pada wajah kamu dengan gerakan menarik atau menggunakan kain yang kasar, karena hal tersebut bisa mendorong kulit wajah kamu untuk memproduksi lebih banyak sebum sehingga kulit wajah kamu jadi semakin berminyak.

Gunakan toner

Cara mengatasi kulit berminyak adalah dengan menggunakan toner. Bagi orang yang memiliki kulit berminyak kamu bisa menggunakan toner yang mengandung alkohol untuk membuat kulit wajah kamu menjadi kering atau kamu juga bisa mencoba menggunakan toner dengan astringent yang. Untuk beberapa orang yang menggunakan toner dengan astringent alami bisa membantu mengecilkan pori-pori kulit pada wajah dan bisa juga untuk menghilangkan sisa make up yang dapat menyumbat pori-pori.

Gunakan sunscreen

Hal yang terakhir yang bisa kamu lakukan adalah degan menggunakan tabir surya  atau biasa dikenak dengan sunscreen. Fungsi dari sunscreen ini bisa membantu kamu untuk mencegah kulit keriput dan juga flek hitam yang di akibatkan oleh paparan sinar matahari. Untuk mencegah tumbuhnya jerawat pada wajah kamu, sebaiknya kamu pilih tabir surya atau sunscreen yang mengandung zinc oxide dan juga titanium dioksida.

Kemudian kamu juga harus ingat untuk menghindari menggunakan tabir surya atau sunscreen yang mengandung minyak dan wewangian yang berlebiha. Sebaiknya kamu menggunakan sunscreen atau tabir surya dengan SPF 30 secara rutin setelah kamu menggunakan pelembap setiap sebelum pergi pada siang hari sebelu melakukan aktivitas di luar rumah.

Nah itu dia bagaimana cara merawat kulit berminyak supaya terbebas dari jerawat, semoga informasi ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan kulit mulus tanpa jerawat. Jangan lupa untuk kamu praktekan hal-hal yang sudah di jelaskan di atas supaya wajah kamu tetap sehat dan tentunya bebas dari jerawat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *