Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Habis

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Habis

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Cara Merawat Baterai Laptop – Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara merawat baterai laptop agar awet dan tidak cepat habis. Laptop merupakan salah satu perangkat yang sangat memudahkan kita dalam menjalankan berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan komputer. Jika sebelum adanya perangkat laptop kita harus duduk dalam suatu meja yang hanya bisa stay di satu ruangan untuk mengerjakan setumpuk pekerjaan namun kini kita bisa mengerjakannya dimana saja karena perangkat laptop ini bisa kita bawa kemanapun kita suka. Kita bisa berpindah-pindah tanpa adanya berbagai macam kabel yang membuntuti kesana kemari.

Laptop ini menggunakan baterai yang memungkinkan perangkat tersebut untuk bertahan tanpa adanya listrik. Tidak seperti komputer yang menggunakan listrik sebagai sumber daya utama untuk dapat beroperasi. Baterai tersebut akan menyimpan energi yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan perangkat laptop tersebut. Namun sayangnya banyak orang yang kurang bisa merawat baterai laptop tersebut sehingga baterai laptop menjadi tidak awet dan cepat habis. Lalu bagaimana sebenarnya cara merawat baterai laptop agar awet dan tidak cepat habis?

Cara Merawat Baterai Laptop

cara merawat baterai laptop

Gunakan Laptop Dengan Sewajarnya

Cara agar baterai laptop tidak cepat habis yang pertama yaitu sebaiknya kita gunakan laptop dengan sewajarnya. Karena memang laptop berbeda dengan komputer yang bisa kita gunakan selama yang kita mau. Laptop ini memang didesain untuk mengerjakan hal-hal yang ringan saja dan tidak bisa digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi yang berat. Bahkan untuk melakukan multitasking beberapa aplikasi saja terkadang bisa membuat laptop menjadi lemot. Dan hal tersebut sangat berpengaruh terhadap baterai laptop. Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakan laptop untuk hal yang sewajarnya saja dan jangan terlalu berlebihan atau hingga memaksa laptop untuk menjalankan aplikasi yang berat.

Charge Laptop Sebelum 0%

Cara merawat baterai laptop yang kedua yaitu dengan melakukan pengisian daya atau charging sebelum baterai laptop benar-benar habis. Biasanya akan ada peringatan ketika baterai laptop sudah berada di angka 15% atau 10%. Saat terdapat peringatan tersebut sebaiknya kita langsung melakukan pengisian daya. Jangan biarkan daya laptop habis hingga laptop mati karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap daya tahan baterai laptop itu sendiri. Perawatan baterai laptop ini memang sangat sepele namun tidak bisa disepelekan karena bisa berakibat fatal bagi baterai laptop kita.

Baca juga CARA SCREENSHOT LAPTOP MUDAH DENGAN 1 TOMBOL

Lepas Charger Saat Sudah Full

Dan cara merawat baterai laptop yang terakhir yaitu dengan melepas charger saat laptop sudah terisi hingga penuh. Saat indikator baterai telah menandakan bahwa laptop telah terisi hingga 100% maka sebaiknya kita langsung melepas charger karena jika kita membiarkan laptop terus terisi hingga jangka waktu yang lama maka akan membuat baterai kelebihan daya dan hal tersebut justru akan mengurangi umur baterai yang akibatnya baterai laptop akan drop sehingga hanya bisa digunakan dalam waktu sebentar saja.

Tiga cara merawat baterai laptop agar awet adalah cara yang paling mudah kita lakukan, tetapi terkadang kita juga lupa ataupun malas untuk melakukannya. Belum lagi bila ada deadline yang harus dikerjakan, tentu akan menjadi lupa semuanya, salah satunya cara merawat baterai laptop tadi. Terima kasih.

Share.

2 Comments

  1. Mohamad Arif Manan on

    admin, kalau misalnya baterai laptop punya saya sudah terlanjur bocor, solusinya gimana yah admin ?? terima kasih

    • kalau sudah bocor ya susah untuk dikembalikan gan, punya saya juga sudah bocor, solusinya ya hancurin saja sekalian dan saya juga beli baru lagi meski KW

Leave A Reply