Kontak Saya Paid Review | Content Placement | Digital Promotion.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup Layaknya Seperti Profesor

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup – Seperti yang diketahui, pengertian mikrometer sekrup adalah salah satu alat ukur yang biasa digunakan untuk mengukur besaran panjang pada sebuah benda. Mikrometer sekrup memiliki ketelitian yang sangat tinggi untuk digunakan mengukur benda-benda khusus atau tidak semua bentuk benda, selain itu fungsi daripada mikrometer sekrup ini bisa dikatakan cukup banyak.

Alat ini mampu mengukur dengan tingkat ketelitian mencapai 0,01 mm. Dalam ilmu fisika alat ini biasa digunakan untuk mengetahui ukuran panjang, ketebalan serta diameter luar pada suatu benda.

cara menggunakan mikrometer sekrup

Bagian-bagian mikrometer sekrup dimulai dari memiliki bentuk yang terdiri atas rahang utama untuk skala utama dan juga rahang bentuk putar untuk selubung pengukur (skala nonius). Skala utama pada mikrometer sekrup dibagi dalam satuan millimeter (mm) dan pada setiap 5 mm diberi angka.

Apabila selubung pengukur mikrometer sekrup ini diputar satu kali putara penuh, maka rahang akan bergeser sebesar 0.5 mm. Sementara apabila diputar dua putaran penuh, maka rahang akan bergeser sebesar 1 mm.

Baca juga Cara Unfollow Banyak Akun Twitter dengan Cepat dan Mudah

Selubung pengukur atau bisa mas dan mbaknya sebut dengan skala nonius yang ada pada mikrometer sekrup terbagi menjadi 50 bagian dan pada tiap 5 bagian umumnya diberi sebuah angka, sehingga 1 skala nonius ditetapkan memiliki panjang 1/50 × 0,5 mm = 0,01 mm. Angka tersebut menunjukkan nilai dari skala terkecil nonius yang ada pada mikrometer sekrup.

Tak heran jika tingkat ketelitian dari mikrometer sekrup mencapai 0,01 mm. Untuk info lebih lengkapnya, langsung saja mas dan mbaknya simak cara menggunakan mikrometer sekrup berikut ini.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Ambilah mikrometer sekrup kemudian peganglah mikrometer sekrup dengan menggunakan tangan sebelah kanan mas dan mbaknya lalu usahakan agar tangan mas dan mbaknya tidak menutupi skala pada posisi pengukuran sehingga bisa mendapatkan hasil pengukuran yang dapat terlihat jelas.

Kemudian tahan tepian mikrometer sekrup dengan menggunakan telapak tangan serta jari kelingking tangan kanan mas dan mbaknya lalu gunakan jari tengah untuk menahan tepian pada bagian bawah dari selubung pengukur, untuk telunjuk dan juga jempol tangan gunakan untuk memutar selubung pengukur dan juga gigi geser. Bila tangan kanan mas dan mbaknya digunakan untuk memegang mikrometer sekrupnya, maka tangan sebelah kiri mas dan mbaknya gunakan untuk memegang benda yang yang ingin mas dan mbaknya ukur.

Setelah mengetahui cara memegang mikrometer sekrup dengan benar dan pas, selanjutnya adalah memperhatikan tentang penggunaannya. Ketika melakukan putaran pada selubung, mas dan mbaknya perhatikan pada pengukur kunci, pastikan keadaan pengukuran kunci dalam keadaan tidak tertutup atau terbuka.

Lalu, telunjuk dan jempol tangan kanan memutar selubung pengukur yaitu dengan cara melakukan pemutaran pada gigi geser. Ketika melakukan pemutaran lakukan secara perlahan dan harus dihentikan putarannya ketika mas dan mbaknya terdengar suara “klik”.

Hal tersebut sangat perlu diperhatikan agar mikrometer sekrup tidak terjadi kerusakan.

Cara Membaca Hasil Pengukuran Mikrometer Sekrup

Posisikan mikrometer sekrup searah dengan pandanan sehingga mas dan mbaknya bisa melihat dengan jelas skala hasil pengukuran. Kemudian bacalah skala utama pada mikrometer sekrup.

Pada bagian atas garis itu menunjukan angka bulat dalam milimeter (mm) misalnya 1 milimeter, 7 milimeter dan seterusnya. Sedangan pada garis skala bagian bawah menunjukan bilangan 0,5 milimeter.

Sebagai contoh, garis skala atas menunjukan angka 5 mm dan garis skala bagian bawah menunjukan 0,5 mm, lalu mas dan mbaknya bisa melakukan penjumlahan dari kedua hasil diatas dan akan mendapatkan skala utama pada mikrometer diatas angka 5,5 mm.

Kemudian bacalah skala nonius atau skala putarnya yang letaknya ada pada garis berada tepat segaris dengan garis pembagi pada skala utama. Perlu diingat bahwa setiap satu garis di skala nonius menunjukan 0,01 milimeter (mm).

Contoh soal mikrometer sekrup seperti gambar di atas, skala nonius menunjukan angka 30 dikalikan dengan 0,01 milimeter (mm) sehingga skala noniusnya menunjukan 0,30 mm. Jumlahkan hasil pengukuran dari skala utama dengan hasil pengukuran dari skala nonius.

Oleh karena itu, dari gambar diatas diperoleh hasil pengukuran 5,5 mm + 0,3 mm = 5,8 mm. Begitulah cara menggunakan mikrometer sekrup yang benar dan mendapatkan hasil yang benar juga. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply