Kontak Saya Paid Review | Content Placement | Digital Promotion.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Paling Mudah

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Paling Mudah – Sebuah hal yang pertama harus kita lakukan ketika akan membeli sebuah laptop atau ingin menginstal aplikasi ke dalam laptop kita adalah melihat spesifikasi. Melihat spesifikasi laptop merupakan hal yang penting untuk orang yang ingin mengerti seluk beluk laptop yang dimiliki atau yang ingin dipinangnya. Tentu bukan untuk orang yang ingin terima jadi dan yang penting bisa untuk edit foto dan internetan saja. Sekedar cek spesifikasi laptop bisa mempengaruhi keawetan laptop kita.

Baca juga CARA MENGAKTIFKAN WIFI DI LAPTOP TERBARU

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Paling Mudah

Berikut artikel saya tulis untuk sekedar berbagi informasi kepada semua orang yang membaca blog saya dan agar ilmu saya tidak hilang oleh waktu.

#1. Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Directx Diagnostic Tools (DXDIAG)

Cara pertama ini adalah yang sering dilakukan oleh banyak orang. Caranya kita tidak perlu memasang aplikasi khusus untuk melihat isi laptop kita. Caranya adalah :

  • Tekat tombol “Windows + R dan ketikkan dxdiag pada jendela Run lalu enter” atau Klik Start – Ketikkan dxdiag di kotak pencarian lalu enter.
cara melihat spesifikasi laptop

Windows + R

cara melihat spesifikasi laptop

Start – Ketikkan dxdiag

  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog baru yang isinya berisi informasi-informasi tentang laptop kita. Ada 4 tab yang akan memberikan penjelasan masing-masing.

#Tab System : Menampilkan berbagai informasi umum soal laptop kita. Mulai dari Windows yang dipakai, bahasa yang digunakan, BIOS, processor, memory yang dipasang, dan lain-lain.

cara melihat spesifikasi laptop

#Tab Display : Isinya mengenai informasi yang berhubungan dengan VGA yang kita gunakan di laptop kita, seperti spesifikasinya, mereknya, total memory, dan lainnya.

cara melihat spesifikasi laptop

#Tab Sounds : Tentu ini yang berisi informasi yang berhubungan dengan input suara di laptop kita, seperti kartu suara (sound card) beserta drivernya.

cara melihat spesifikasi laptop

#Tab Input : Berisi informasi tentang perangkat input (input device) yang digunakan pada komputer kita, misalkan mouse dan keyboard.

cara melihat spesifikasi laptop

Nah, itu adalah salah satu cara untuk melihat spesifikasi laptop paling mudah. Tentu, dengan informasi yang diberikan kita bisa tahu tentang isi dari laptop kita, sehingga kita bisa memperkirakan ketika membeli sebuah laptop apakah laptop tersebut cocok dengan kebutuhan kita, dan apakah laptop tersebut cocok dengan aplikasi yang akan kita instal.

#2. Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Aplikasi Speecy atau Hwinfo

Sebenarnya, ada 1 lagi cara melihat spesifikasi laptop tetapi menggunakan aplikasi, dan informasi yang diberikan lebih detail dan ruwet. Untuk orang yang sekedar ingin tahu, cara diatas sudah cukup, namun bila ingin lebih mengenal lebih dalam sampai ke akar-akarnya, saya hanya merekomendasikan menggunakan aplikasi SPECCY (pilih yang free) atau HWINFO (silahkan pilih sesuai windows yang digunakan). Silahkan pilih salah satu. Aplikasinya sangatlah ringan jadi cocok untuk koleksi.

C:\Users\lenovo\Pictures\Blog\cara melihat spesifikasi laptop

Tampilan Aplikasi Speccy

cara melihat spesifikasi laptop

Tampilan Aplikasi HWINFO

 

2 Comments

Leave a Reply