Cara Agar Laptop Tidak Lemot Terbaru

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Agar Tidak Lemot

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Cara Agar Laptop Tidak Lemot – Laptop adalah salah satu barang elektronik yang paling dibutuhkan saat ini selain ponsel. Hampir setiap orang membutuhkan laptop mulai dari anak-anak, pelajar, mahasiswa, pekerja, bos, pebisnis, dan lain-lain. Jadi, kita bisa dikatakan harus memiliki laptop dalam membantu pekerjaan kita. Tetapi, memiliki laptop tidak selalu menyenangkan, bahkan kadang menjengkelkan. Ketika ada masalah seperti kinerja laptop yang lemot, tentu kita akan sangat jengkel. Oleh karenanya, sangat penting untuk kita mengetahui cara agar laptop tidak lemot. Bila laptop tidak lemot, maka kita bisa menggunakannya sesuka hati sesuai dengan kebutuhan.

cara agar laptop tidak lemot

Penyebab Laptop Menjadi Lemot

Sebelum kita mengetahu cara mempercepat kinerja kaptop, pertama kita harus mengetahui penyebab laptop menjadi lemot. Ada beberapa penyebab laptop menjadi lemot, salah satunya adalah karena virus. Virus bisa datang dari mana saja. Misalnya, virus bisa dibawa melalui flashdisk ataupun datang dari internet. Virus tidak hanya membuat laptop menjadi lemot, tetapi juga bisa merusak komponen laptop, itu akibat paling parah. Selain karena virus, penyebab laptop menjadi lemot selanjutnya adalah karena adanya kerusakan pada salah satu komponen laptop, seperti hardisk. Hardisk merupakan salah satu komponen terpenting dalam perangkat komputer atau laptop.

Kemudian, terkadang kita menggunakan laptop dengan memaksakan kegunaannya tanpa mempertimbangkan spesifikasinya. Jadi, bila spesifikasi laptop kita lebih rendah dari spesifikasi minimal yang dibutuhkan, kinerja laptop jelas akan menjadi lemot. Aplikasi dan game yang terinstal terlalu banyak, kita harus siap jika laptop akan menjadi semakin lemot. Aplikasi dan game yang terinstal akan memakan banyak RAM, padahal RAM adalah komponen yang berpengaruh pada performa laptop atau komputer. Setelah mengetahui penyebab-penyebab di atas, kita akan lebih mudah mengetahui cara agar laptop tidak lemot.

Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Dengan mempertimbangkan faktor penyebab laptop menjadi lemot di atas, kita akan membahasa bagaimana cara agar laptop tidak lemot. Jika masalahnya adalah laptop kita terkena virus, kita harus segera melenyapkan virus tersebut. Caranya, kita bisa menggunakan antivirus yang terinstal di laptop kita. Pastikan untuk selalu memperbarui antivirus di laptop. Antivirus yang saya rekomendasikan adalah Avast, AVG, Kaspersky, dan paling ringan adalah Malwarebytes.

Jika masalahnya ada kerusakan pada komponen laptop seperti hardisk, maka kita harus segera menggantinya dengan yang baru karena cara mempercepat kinerja laptop ini menjadi pilihan satu-satunya.

Baca juga PENGERTIAN DAN PENGARUH AGED DOMAIN ATAU WEBSITE DI MATA SEARCH ENGINE

Kemudian, jika spesifikasi laptop kita lebih rendah dari kebutuhan yang kita gunakan, kita perlu meng-upgradenya sehingga spesifikasi yang dibutuhkan bisa cocok dengan penggunaannya. Biasanya masalahnya di RAM laptop kita. Tambahkan atau ganti RAM untuk mendapatkan performa maksimal. Sebelumnya, yakinkan dulu bahwa laptop kita memiliki spesifikasi yang cocok dengan penggunaannya.

Terakhir, jika laptop kita terlalu banyak aplikasi atau game yang terinstal, kita bisa menghapusnya atau menguninstal aplikasi-aplikasi dan game tersebut yang tidak perlu penting sehingga kapasitas yang ada bisa lebih lega dan tidak terlalu memakan kapasitas RAM laptop kita. Caranya bisa memanfaatkan aplikasi Recuva atau Your Uninstaller.

Itulah beberapa cara agar laptop kita tidak lemot yang bisa kita coba dan bagaimana cara mempercepat kinerja laptop dalam memenuhi segala kebutuhan yang kita inginkan.

Share.

2 Comments

  1. Makasih tipsnya. Kayaknya virus itu yang paling nyebelin. Udah pakai antivirus, tetap aja kena. Apa karena cuma pakai antivirus yang gratisan ya?
    Kalau laptop mudah mati sendiri kenapa ya? Apa virus juga? Bukan karena baterai habis loh. Tapi pas dipakai/digerakin tiba-tiba layar menghitam dan tombol power jadi off sendiri.

    • Gak ngaruh sih mbak mau gratis apa nggak, mungkin karena kalau gratis untuk update databasenya kurang optimal. Kalau yg mati sendiri biasanya ada registry yg hilang, sebelumnya kenapa ya mbak? tp bisa jadi ada virus, coba nyalain tp pakai safe mode. Caranya ada di Google hehe

Leave A Reply