Bumil, Hindari Hal Ini Karena Bisa Ganggu Perkembangan Janin

Posted on

Kalau berbicara tentang masa kehamilan, setiap ibu pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Tapi sayangnya, tidak semua ibu hamil memiliki bekal pengetahuan yang memadai mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat hamil. Tak jarang apa yang dilakukan ibu hamil malah bisa membahayakan perkembangan janin yang dikandungnya. Maka dari itu, penting sekali membaca banyak informasi mengenai hal-hal yang yang harus dihindari saat hamil seperti berikut ini:

Berusaha Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang naik drastis selama kehamilan memang menjadi musuh wanita. Meski hal tersebut sebenarnya normal, tapi banyak sekali wanita yang ingin menurunkan berat badannya saat hamil, atau minimal menjaga pola makan supaya berat badan tidak naik. Well, hal ini memang baik untuk Anda tapi tidak untuk perkembangan janin. Di dalam rahim, janin akan menyerap semua makanan yang Anda konsumsi. Jadi jika Anda mengurangi porsi makan atau melakukan diet, dikhawatirkan kebutuhan nutrisi janin tidak tercukupi. Jika demikian, nantinya ada banyak gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh janin. Jadi jangan egois ya, utamakan kesehatan si kecil dalam kandungan daripada sekedar mengurus berat badan yang terus bertambah.

Berolahraga Berlebihan

Saat hamil, Anda memang disarankan untuk berolahraga supaya tubuh tetap fit dan juga metabolisme bisa berjalan dengan baik. Tapi hindari untuk berolahraga berlebihan, apalagi dengan mengangkat sesuatu yang berat. Sebab aktivitas berlebih juga bisa membahayakan perkembangan janin apalagi kalau masih di bulan-bulan awal. Ada beberapa olahraga yang direkomendasikan untuk ibu hamil, misalnya saja senam ringan, jalan kaki, yoga, dan juga berenang. Hindari pula olahraga yang bisa menyebabkan benturan fisik karena akan berbahaya untuk kandungan.

Kurang Istirahat

Banyak ibu hamil yang merasa kondisinya baik-baik saja sehingga memaksakan diri untuk melakukan hal berlebih, misalnya bekerja hingga larut malam atau malah menikmati liburan berlebihan. Kalau pun Anda merasa kondisi fisik cukup oke, bukan berarti hal yang sama dirasakan janin. Aktivitas berlebihan dan tak ada istirahat sama sekali akan mempengaruhi perkembangan janin dan membuatnya merasa stres. Hal semacam ini bisa memicu keguguran ataupun kelahiran prematur. Sebaiknya beristirahatlah setiap beberapa jam sekali untuk menghindari kelelahan dan memastikan janin bisa beristirahat juga dengan maksimal.

Kontrol Emosi dan Mood

Saat hamil umumnya wanita memang mengalami ketidakstabilan emosi karena perubahan hormon. Tapi jangan sampai Anda pasrah saja dengan keadaan ini. Pastikan untuk selalu mengontrol emosi dan mood supaya merasa selalu gembira. Sebab jika emosi tidak stabil, maka akan berpengaruh terhadap denyut jantung dan juga sirkulasi darah. Hal ini tentu akan mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan. Kalau merasa kesal atau sedih, sebaiknya segera ungkapkan kepada suami agar Anda lebih lega dan tidak berlarut-larut dalam peasaan tersebut.

Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Rokok dan minuman beralkohol jelas sangat membahayakan perkembangan janin. Tak hanya harus berhenti merokok, saat hamil Anda juga tidak boleh berdekatan dengan orang yang merokok. Sebab asap yang dihasilkan bisa terhirup dan menimbulkan efek yang kurangĀ  baik untuk perkembangan janin, mulai dari kecacatan, organ tubuh yang tidak berfungsi, hingga kelahiran prematur dan keguguran. Seram sekali, kan? Jadi pastikan Anda memperhatikan dengan baik pergaulan dan lingkungan tempat Anda berada selama hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *