Bingung Pilih Web Hosting? Tentukan Cepat dan Tepat dengan Cara Ini!

Bagi Anda yang baru mengenal dunia website dan tidak biasa bergelut dibidangnya, mungkin istilah web hosting masih cukup asing ditelinga Anda. Namun, sejatinya hal ini penting untuk dietahui, jika Anda memiliki keinginan untuk membuat website sendiri. Mari sedikit demi sedikit kita pahami bersama.

Banyak yang sering salah kaprah mengenai web hosting. Tak jarang, istilah ini justru digunakan untuk menyebut perusahaan penyedia layanan hosting secara umum. Padahal, web hosting merupakan salah satu bentuk layanan jasa penyewaan space data storage atau tempat penyimpanan data sebuah website/blog dari perorangan maupun organisasi/perusahaan, sehingga website/blog tersebut dapat diakses oleh orang banyak dari seluruh penjuru dunia. Ibarat ‘rumah’, layanan ini akan menjadi ‘tempat tinggal’ bagi website Anda di internet.

Seiring pesatnya perkembangan internet, perusahaan yang menyediakan web hosting semakin menjamur, baik dari dalam maupun luar negeri. Masing-masing perusahaan bersaing untuk menggaet para pelanggannya dengan menawarkan berbagai kelebihan yang mereka miliki.

web hosting

Tapi, ingat! Jangan buru-buru tergoda dengan iming-iming hosting atau domain yang gratis hingga harga yang murah. Anda harus mempertimbangkan dan memperhatikan beberapa hal sebelum mantap menentukan web hosting untuk website Anda. Oleh karenanya, berikut ini akan kami berikan tips dan ulasan singkat mengenai cara memilih web hosting terbaik.

1. Perhatikan Lokasi Server

Lokasi server penting untuk menjadi perhatian utama, karena sangat berpengaruh pada kecepatan loading web. Pemillihannya bergantung pada target audience untuk website/blog Anda.

Jika target audience berasal dari Indonesia atau lebih banyak yang berasal dari Indonesia, maka pilihlah server yang berlokasi di Indonesia. Berikut beberapa pertimbangannya:

  • Jika situs Anda menyimpan banyak gambar atau video yang target audience-nya masyarakat Indonesia. Hal ini berkaitan dengan kecepatan akses gambar dan videonya. Sebab, sudah menjadi rahasia umum, bahwa backbone penyedia internet di Indonesia kebanyakan pada jalur Indonesia ketimbang dari luar.
  • Jika Anda banyak berhubungan melalui email kepada perusahaan Indonesia.
  • Hosting Indonesia cocok untuk berbagai instansi hingga perusahaan, karena pemerintah juga banyak yang memakai gateaway dalam negeri. Sedangkan, jika asal target audience Anda bukanlah sesuatu yang penting, ada baiknya memilih lokasi server dari luar negeri. Berikut beberapa pertimbangannya:
  • Jika Anda pengguna wordpress dan ingin memanfaatkan seluruh fasilitas wordpress.
  • Jika Anda aktif mengirim/menerima email ke/dari Yahoo atau Gmail, terutama jika sering menggunakan attachment besar.
  • Jika Anda mempunyai situs yang di optimasi untuk SEO.

2. Perhatikan Bandwidth

Selain lokasi server, bandwidth juga penting. Sebab, bandwidth ibarat jalan untuk mengakses website Anda. Jika traffic pengunjung web sangat padat, jangan sampai mendapat bandwidth rendah, misal 1 -5 GB saja. Dapat dipastikan web Anda akan down. Pilihlah bandwidth sesuai kapasitas yang dibutuhkan. Bisa dengan memilih bandwidth unlimited atau setidaknya di atas 100 GB.

3. Sesuaikan dengan Kapasitas Hosting

Kapasitas hosting juga menyesuaikan dengan kebutuhan web Anda. Jika website yang Anda kelola terdapat banyak gambar atau video HD, lebih baik cari web hosting dengan kapasitas unlimited. Jika hanya berisi teks dan gambar berukuran kecil, cukup gunakan yang bekapasitas 500 MB-2 GB.

4. Keamanan Terjamin

Meski bukan yang pertama, tapi keamanan juga harus diutamakan. Pertimbangkan, apakah provider yang Anda pilih aman dari attacker dan semacamnya atau tidak. Pilihlah web hosting yang berani menjamin 100% web Anda terbebas dari serangan hacker. Biasanya web hosting profesional selalu memasukkan jaminan keamanan dalam paket yang mereka tawarkan.

5. Cek Uptime

Hosting uptime adalah batas waktu sebuah server hosting memberikan layanan pada pelanggannya. Uptime kerap menjadi patokan kualitas sebuah web hosting, karena hal ini dapat menentukan seberapa lama server bisa berjalan tanpa gangguan. Semakin tinggi tinggi persenan uptime, semakin tinggi pula kualitas hosting. Nilai tertinggi uptime adalah 100%, yang menandakan hosting tidak pernah megalami gangguan.

6. Customer Support (CS) Berkualitas

Pilih perusahaan web hosting yang menyediakan layanan CS 24 jam yang menandakan hosting tersebut berkualitas. Sebab, ini artinya mereka selalu siap sedia jika Anda membutuhkan banuan teknis. Tidak hanya itu, mereka juga harus mampu mengatasi permasalahan Anda dengan tanggap dan tepat.

7. Memeriksa Fitur Tambahan

Selain menyediakan fitur utama, perusahaan web hosting biasanya menawarkan berbagai fitur tambahan. Ada banyak fitur yang biasanya disediakan. Meski begitu, Anda harus mempertimbangkan fitur tambahan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, yang terpenting fitur-fitur proteksi atau spam.

8. Harga Sesuai

Ketika memilih web hosting, pastikan Anda memiliki harga terbaik. Di mana harga yang diberikan sesuai dengan kualitas maupun layanan yang didapatkan. Jangan sampai Anda harus membayar terlampau mahal untuk layanan serupa pada perusahaan lain.

9. Terdapat Garansi

Garansi adalah fasilitas terbaik yang diberikan perusahaan web hosting. Artinya, mereka berani menjamin kepuasan dan kualitas dari produknya.

10. Cek Review Pelanggan Lain

Sebelum akhirnya menetapkan pilihan, ada baiknya cek dulu review dari pelanggan lain. Adakah complain negative atas layanan yang diberikan? Jangan lupa untuk selalu memeriksa link web dari para reviewer agar Anda bisa menilai secara real bagaimana aksesibilitas.

Terdapat banyak perusahaan web hosting di Indonesia. Namun, hanya beberapa yang betul-betul teruji kualitasnya. Sebagai gambaran, kami akan menyertakan 5 perusahaan web hosting dengan kualitas terbaik, yaitu Niagahoster, DomaiNesia, Dewaweb, Jagoan Hosting, dan BEON Intermedia. Adapun artikel-artikel yang membahas soal hosting-hosting di Indonesia, salah satunya artikel tentang review Hostinger Indonesia. Selamat memilih web hosting dan pastikan websitemu aman didalamnya!

2 Comments

    • Banyak harganya kalau yang unlimited kak. Unlimited disini tetap dibatasi dengan inodes, jadi tidak benar-benar unlimited. Harganya sekitar 50 ribuan keatas, tinggal cari provider yang pas aja. Di beon mulai 69 ribu, itupun hanya 1 domain saja.

      Dewaweb tidak hanya wordpress, dia juga melayani pembelian premium domain yang bisa digunakan untuk blogspot.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*